Sponsors Link

Ciri-Ciri Gigi Mati yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Kondisi gigi sehat, putih dan bersih selalu menjadi dambaan setiap orang tidak terkecuali anda yang sedang membaca artikel ini bukan ?. Memang benar kenyataannya seperti itu yang dapat anda lihat. Mulai dari perawatan tradisional dan dokter pun pasti sebagian dari mereka pasti mencobanya. Sebenarnya boleh saja anda melakukan berbagai macam perawatan gigi sampai tidak memberikan dampak negatif pada gigi anda. Pada sebagian orang ada saja yang enggan merawat gigi faktor seperti malas, ketidaktahuan dan biaya yang tinggi bisa saja menjadi alasan mereka.

ads

Bagi mereka yang demikian maka mereka perlu bersiap diri dalam menghadapi kondisi gigi mati. Perlu anda ketahui istilah ini sering dipakai apabila kondisi gigi benar-benar sudah tidak bisa diselamatkan. Bagaikan mati segan hidup tak mau untuk perumpamaan yang cocok. Untuk menghindari hal ini, halogigi akan menyampaikan sedikit informasi penting untuk anda mengani ciri-ciri gigi mati. Berikut ini penjelasan halogigi mengenai ciri-ciri gigi mati yang perlu anda ketahui.

1. Warna Gigi Hitam

Ciri pertama yang bisa anda lihat dari gigi mati adalah ada perubahan warna gigi menjadi hitam. Perubahan warna gigi hitam bisa disebabkan karena masalah karies gigi, pulp necrosis, merokok, konsumsi obat dan minuman yang berwarna. Karies gigi merupakan masalah awal yang bisa menyebabkan warna gigi anda hitam. Sering kali masalah karies gigi dipengaruhi oleh aktivitas membersihkan gigi yang tidak bersih dan tuntas sehingga sisa makanan menumpuh dan menghasilkan asam yang menyebabkan bakteri mudah berkembang. Selanjutnya bakteri akan melakukan infeksi. Kerap kali masalah infeksi gigi geraham bawah terjadi sehingga  membuat struktur gigi menjadi lemah dan terjadi perubahan warna pada gigi menjadi hitam.

Pulp necrosis pada bisa menjadi penyebab warna gigi hitam dan menjadi ciri lain dari kondisi gigi anda mati. Pulp necrosis adalah kondisi kerusakan pulpa gigi yang mengakibatkan gigi berubah warna menjadi hitam. Selanjutnya masalah seperti merokok, konsumsi obat dan minuman yang berwarna bisa menjadi penyebab warna gigi anda hitam karena sisa abu dari merokok sedangkan pada obat, bisa menyebabkan warna gigi hitam karena ada zat yang dapat merubah warna gigi apabila sisa obat tertinggal pada gigi dan tidak segera dibersihkan maka membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui cara menghilangkan noda hitam secara alami di gigi anda. Pada akhirnya gigi anda akan berubah warna menjadi hitam.

2. Gigi Mudah Rapuh

Tanda gigi anda mati adalah kondisi gigi mudah rapuh. Gigi mudah rapuh dapat merugikan bagi diri anda sendiri selain gigi tidak berfungsi dengan baik. Gigi mudah rapuh dapat menyebabkan usia gigi akan lebih singkat sehingga gigi mati akan lebih mudah untuk ditanggalkan. Kondisi gigi yang tanggal karena gigi mati akan sulit dilakukan pembuatan gigi palsu disebabkan perlu beberapa perawatan lain agar gigi palsu yang bagus cocok digunakan untuk anda.

3. Fungsi Gigi Hilang

Pada kondisi gigi mati, fungsi gigi akan hilang. Hal ini karena masalah sebelumnya gigi mudah rapuh, sehingga kelanjutan dari masalah ini berdampak pada fungsi gigi itu sendiri. Gigi mati sebenarnya bisa terjadi pada bagian gigi mana saja. Misalnya gigi anda mati pada bagian gigi seri, apabila gigi mati maka fungsi gigi seri untuk memotong makanan hilang. Adapun kondisi gigi mati pada gigi taring dan gigi geraham anda maka kemampuan gigi taring dan gigi geraham seperti merobek dan menghaluskan makanan akan hilang.

4. Aliran Pembuluh Darah Gigi Hilang

Selain kondisi gigi mati menyebabkan bagian gigi tidak berfungsi tentunya bagian lain pun ikut tidak berfungsi. Pada setiap gigi ada yang namanya aliran pembuluh darah. Fungsi dari aliran darah pada gigi dapat membantu mengalirkan darah dan membantu memberi nutrisi pada gigi. Oleh karena darah yang ada pada manusia sebenarnya tidak hanya berisi darah saja melainkan nutrisi, oksigen dan zat lain yang bermanfaat bagi tubuh. Keadaan gigi mati bisa menyebabkan aliran pembuluh darah gigi hilang akibat kerusakan gigi mati menjalar sampai ke bagian dalam gigi sehingga aliran pembuluh darah gigi terhambat.

Sponsors Link

5. Saraf Gigi Mati

Tidak hanya aliran pembuluh saja yang ada pada permukaan dalam gigi anda, melainkan ada organ lain seperti saraf gigi. Fungsi saraf pada gigi adalah mengatur impuls yang diberikan dari otak ke fungsi gigi sehingga gigi dapat merespon aktivitas seperti makan dan minum, berbicara dan aktivitas lain. Ketika seseorang mengalami gigi mati maka rangsangan dari otak tidak bisa merespon aktivitas dari luar tubuh sehingga fungsi saraf gigi sebagaimana mestinya akan mati. Oleh karena itu beberapa perawatan saraf gigi bisa menjadi salah satu cara mengobati masalah gigi mati apabila saraf gigi anda pun ikut bermasalah. Salah satu perawatan saraf gigi adalah dengan mematikan saraf gigi. Namun sebelum anda melakukan perawatan tersebut perlu mengetahui biaya mematikan saraf gigi.

Setelah anda mengetahui ciri-ciri gigi mati dari halogigi tentunya anda jadi ingin tahu bagaimana merawat gigi dengan baik dan benar sesuai dengan kondisi kesehatan gigi anda bukan ?. Anda bisa melakukannya dengan cara yang mudah yaitu dengan cara membaca beberapa artikel menarik seputar kesehatan gigi. Bersama halogigi tentunya anda akan dihadirkan dengan beragam tips dan perawatan alternatif gigi. Sekian informasi dari kami semoga dapat memberikan manfaat bagi anda semua. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini