Sponsors Link

Ciri-Ciri Gigi Rusak yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Masalah gigi rusak tidak akan mengenal usia dan waktu baik muda maupun tua pasti pernah merasakan masalah gigi rusak. Perlu diketahui bersama keadaan gigi rusak bisa dilihat dari sejauh mana tingkat keparahan gigi tersebut dapat dikatakan gigi rusak. Kalau dilihat dari pengertiannya secara umum gigi rusak adalah berkurangnya kemampuan gigi yang dapat dilihat dari segi struktur dan fungsinya. Sangat penting bagi anda semua yang belum mengetahui apa saja ciri-ciri gigi rusak. Ini dia ada lima ciri-ciri gigi rusak yang perlu anda ketahui dan berikut ini penjelasan selengkapnya untuk anda.

ads

1. Kebiasaan Merawat Gigi Tidak Rutin

Ciri-ciri gigi rusak bisa ditandai dengan kebiasaan merawat gigi tidak rutin. Dengan meningkatkan kebiasaan merawat gigi dengan rutin tentunya anda dapat mengurangi masalah gigi anda. Selain itu anda tidak perlu melakukan perawatan gigi tambahan yang biayanya anda tahu sendiri tentunya tidak murah dan salah-salah perawatan gigi tambahan apabila tidak ditangani dengan orang yang tepat justru dapat memberikan bahaya kepada anda sendiri.

Kebiasaan merawat gigi sering disampaikan beberapa pakar kesehatan gigi dengan cara mengetahui pentingnya menggosok gigi dan cara menyikat gigi dengan benar. Pengetahuan tersebut sangat penting karena anda dapat mengetahui prosedur yang tepat dari ahlinya. Selain itu menggosok gigi 2 kali sehari bisa membantu merawat gigi untuk tetap bersih dan memperpanjang usia gigi anda.

Sikat gigi saja tidak cukup, anda pun perlu berkumur menggunakan obat kumur supaya sisa kotoran yang masih menempel dan tersisa pada bagian dalam mulut bisa ikut terlepas. Penggunaan obat kumur harus sesuai dengan aturan pemakaiannya karena terdapat bahaya penggunaan obat kumur berlebihan sehingga dapat mempengaruhi kondisi gigi anda. Pembersihan menggunakan benang gigi untuk sela-sela gigi diperlukan agar gigi anda tetap bersih dan kuman disela-sela gigi anda pun hilang. Bagi anda yang takut untuk ke dokter gigi sebaiknya anda perlu menghilangkan perasaan tersebut karena dengan memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali membantu anda melakukan perawatan tambahan dan mengetahui kondisi kesehatan gigi anda baik atau tidak.

2. Perubahan Warna Gigi

Perubahan warna gigi bisa terjadi terutama pada saat anda mengalami gigi rusak. Kondisi gigi warna gigi yang baik adalah berwarna putih gading. Jika warna gigi anda tidak demikian maka bisa menjadi kemungkinan gigi anda rusak. Faktor lain yang menyebabkan warna gigi berubah adalah usia, kebiasan makan dan minuman berwarna, gaya hidup dan masalah gigi.

Perubahan warna gigi yang rusak sering dapat ditemukan warna gigi bening, gigi hitam maupun keabu-abuan. Oleh karena itu upaya yang bisa anda lakukan dengan mengetahui cara mengatasi noda pada gigi agar gigi anda kembali menjadi kondisi semula. Baca : manfaat permen karet dengan kandungan xylitol bagi gigi.

Sponsors Link

3. Punya Masalah Gigi

Anda mungkin tak akan heran jika ciri-ciri gigi rusak lainnya karena ada masalah gigi. Problematika ini sering menjadi musuh dalam selimut yang sebenarnya sudah anda ketahui bersama. Permasalah gigi rusak dimulai dari permasalah gigi yang umum terjadi pada setiap orang misalnya gigi berlubang, gigi rapuh, abses gigi, impaksi gigi dan karies gigi.

Setiap masalah gigi yang hadir tentunya akan memiliki resiko dan efek samping yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya seperti penyebab gigi berlubang, penyebab gigi rapuh, penyebab abses gigi, penyebab gigi impaksi dan penyebab karies gigi perlu anda ketahui supaya anda dapat mengetahui beragam cara alternatif mulai dari perawatan sendiri dirumah maupun menggunakan tenaga medis ahli seperti dokter gigi terpercaya anda. Dengan demikian anda dapat terhindarkan dan mengatasi masalah kesehatan gigi anda.

4. Punya Masalah Gusi

Kali ini masalah gigi rusak tidak hanya dapat menyebabkan kondisi gigi anda saja yang mengalami kerusakan. Namun anda bisa mengalami masalah gusi. Beberapa masalah gusi yang sering terjadi adalah gusi bengkak seperti daging tumbuh dan gusi berdarah dan bau mulut akibat inflamsi. Gangguan pada gusi sebenarnya tidak boleh anda anggap remeh apalagi kondisi gigi anda yang sudah copot. Anda perlu melakukan beberapa perawatan tradisional seperti manfaat garam untuk gigi dan gusi. Selain itu treatment dari dokter gigi bisa anda coba apabila anda ingin menggunakan tenaga ahli yang terpercaya.

Sponsors Link

5. Berkurangnya Fungsi Gigi

Hal yang paling menonjol yang bisa anda rasakan adalah dengan berkurangnya fungsi gigi apabila anda mengalami rusak. Gigi tidak hanya berfungsi sendirian karena mereka akan bergerak bersama. Fungsi gigi akan berjalanapabila semua gigi dapat menjalankan perannya masing-masing. Perlu diketahui bahwa anatomi gigi manusia sendiri memiliki fungsi dan perannya. Pada saat seseorang mengalami gigi rusak. Fungsi gigi bisa berkurang ataupun hilang apabila tingkat kerusakan gigi parah. Kalaupun kerusakan gigi berkurang anda sebenarnya jangan menganggap remeh karena rusaknya satu atau lebih gigi saja bisa menganggu keseluruhan fungsi gigi bagi pencernaan terutama saat makan dan minum. Aktivitas makan dan minum anda pastinya dapat terganggu apabila anda mempunyai masalah gigi rusak.

Dengan mengetahui kelima ciri-ciri gigi rusak diharapkan pemirsa halogigi dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi bagi anda. Demikian penyampaian halogigi mengenai ciri-ciri gigi rusak semoga dapat memberikan manfaat dan menambah ilmu pengetahuan anda. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini