Sponsors Link

Ciri-Ciri Gigi Sensitif yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Gigi sensitif bisa menyerang gigi bagian mana saja tidak terkecuali gigi geraham, gigi seri dan gigi taring pada anda. Sering kali gigi sensitif diakibatkan karena kebiasan buruk yang tidak kita sadari sama sekali misalnya makan dan minum yang terlalu panas dan dingin, menggigit benda-benda yang terlalu keras dan menggeretakkan gigi karena kebiasaan. Beberapa aktivitas tersebut yang akhirnya dapat berdampak pada kondisi gigi sensitif sehingga gigi terasa sakit dan ngilu.

ads

Perlu anda sekalian pahami bahwa ciri-ciri gigi sensitif seringkali disepelekan karena merupakan hal yang bisa dan mungkin tidak dapat berakibat fatal. Namun kali ini kami akan memberikan penjelasannya kepada anda sehingga anda dapat dengan mudah memahami ciri-ciri gigi sensitif. Mari disimak tulisan halogigi mengenai ciri-ciri gigi sensitif berikut ini.

1. Lapisan Email dan Dentin Tipis

Pada produk kesehatan gigi anda semua sering mendengar istilah email dan dentin. Email bisa disebut sebagai enamel. Berdasarkan letaknya email (enamel) gigi berada di lapisan terluar dan terkuat. Lapisan ini mengandung air, zat inorganik hidroksi apalit dan zat organik.  Lapisan ini membantu gigi dapat bertahan dari gangguan masalah gigi dan mulut seperti penumpukan kotoran karena sisa makanan yang tertinggal dan kegiatan membersihkan gigi yang tidak bersih dan tuntas sehingga kotoran masih ada pada gigi.

Sedangkan dentin adalah lapisan zat diantara email gigi dan ruang pulpa. Dentin ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda pada lapisan email gigi. Ketika seseorang mengidap gigi sensitif, salah satu ciri yang dapat ditemukan adalah lapisan email dan dentin tipis. Tipisnya kedua lapisan ini akan membuat jaringan lapisan email dan dentin gigi terbuka. Apabila penyebab gigi sensitif datang dan menimbulkan gejala gigi sensitif maka lapisan email dan dentin yang tipis akan mudah rusak.

2. Gigi Terasa Ngilu

Ciri kedua pada gigi sensitif adalah gigi terasa ngilu. Rasa ngilu yang anda rasakan akan muncul terutama saat mengigit dan mengunyah makanan dan benda tajam, makan – makanan yang terlalu asam, mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin serta aktivitas seperti menggeretakkan gigi.

Sering kali rasa ngilu ini hampir sama dengan rasa seperti sakit gigi. Jadi anda yang merasakan gigi ngilu terutama karena hal-hal tertentu tidak perlu dianggap remeh. Bisa jadi rasa ngilu yang anda rasakan bukan disebabkan oleh sakit gigi karena gigi berlubang parah busuk atau sakit gigi karena gigi ompong melainkan gigi sensitif.

3. Gigi Lebih Peka (Hipersensitif)

Sama halnya dengan gigi terasa ngilu. Gigi sensitif memiliki kecendrungan lebih peka daripada gigi yang lain. Istilah lain dapat menyebutkan gigi sensitif bisa disebut sebagai gigi hipersensitif. Aktivitas yang bisa membuat gigi lebih peka sama dengan ciri-ciri gigi ngilu lainnya yaitu aktivitas makan dan minum, menggosok gigi, menggerak-gerakan gigi dan penyebab gigi sensitif pada setiap orang berbeda-beda.

Oleh karena itu perawatan gigi hipersensitif perlu dilakukan agar tidak lebih peka dan anda bisa mencegah aktivitas yang dapat menyebabkan gigi sensitif. Pemilihan sikat gigi dengan sikat gigi yang tidak berbulu tajam dapat mengurangi perusakan email dan dentin gigi sebagai ciri dari gigi sensitif.

Sponsors Link

4. Pemukaan Gusi Turun

Hal yang bisa menjadi ciri-ciri gigi sensitif lain adalah permukaan gusi turun. Permukaan gusi turun bisa terjadi pada bagian gigi atas dan gigi bawah. Tanda gusi anda turun adalah bentuk gigi anda hampir menyerupai segitiga. Kondisi gusi yang tidak turun adalah gigi berbentuk kotak. Turunnya permukaan gusi bisa disebabkan karena masalah gigi seperti penumpukan plak sehingga menyebabkan gusi kotor dan dihinggapi oleh plak yang membandel.

Permukaan gusi yang turun dapat menjadi tanda bawah kondisi akar gigi terbuka. Dengan terbukanya akar gigi maka anda perlu melalulan perawatan syaraf gigi apabila masalah gigi sensitif sudah mengenai kondisi akar gigi anda. Selain itu langkah lain yang bisa anda lakukan dengan cara melakukan cuci gigi sehingga anda dapat mengetahui manfaat cuci gigi yaitu dapat membersihkan gigi anda dan mencegah gigi sensitif.

Sponsors Link

5. Saluran Akar Gigi Rusak

Saluran akar gigi rusak pada gigi sensitif dapat dilihat karena keberlanjutan dari masalah permukaan gusi turun. Saluran akar gigi rusak bisa menjadi ciri yang bisa anda lihat dengan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Masalah saluran akar gigi rusak bisa menyebabkan masalah gigi selain gigi sensitif misalnya gigi berlubang. Padahal gigi berlubang bisa menyebabkan permasalahan lain seperti gigi berlubang berdarah dan bau dan gigi berlubang tumbuh daging dan berdarah serta penyebab gigi keropos dan hitam yang akhirnya mengharuskan gigi anda tanggal.

Wah, ciri-ciri gigi sensitif yang telah disebutkan oleh halogigi ternyata memang benar diawali dari hal yang tidak anda sadari. Tentunya jika anda sudah mengetahui dan memahaminya anda akan dengan mudah bukan untuk membedakan bagian gigi anda yang mungkin termasuk ke dalam ciri-ciri gigi sensitif. Dengan mengetahui ciri-ciri gigi sensitif anda perlu mengetahui cara mengatasi gigi sensitif sehingga dapat mengurangi penyebab gigi sensitif pada anda. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini