Sponsors Link

Ciri Ciri Gigi Tonggos : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gigi merupakan salah satu organ dari sistem pencernaan atas yang turut serta memberikan kesan penampilan pada seseorang. Gigi yang bersih dan rapi akan memberikan kesan yang baik pada penampilan seseorang. Sebaliknya, jika gigi tidak terlihat rapi, maka hal ini bisa jadi menimbulkan rasa minder. Salah satu alasan mengapa seseorang merasa minder adalah jika giginya tidak rapi, atau bahkan tonggos.

ads

Gigi tonggos merupakan salah satu bentuk pada gigi yang bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Sebenarnya gigi tonggos ini sendiri merupakan sebuah keadaan dimana posisi gigi atas lebih keluar atau lebih maju daripada gigi bagian bawah. Bahkan jarak pada gigi tonggos dengan gigi bagian bawah ini bisa lebih dari 2 mm. Istilah gigi tonggos dalam ilmu medis adalah dikenal sebagai maloklusi.

Ciri Ciri Gigi Tonggos

Seperti apa gigi tonggos dan bagaimana cirinya? Berikut ini akan dijelaskan mengenai ciri ciri gigi tonggos yang perlu diketahui, di antaranya:

  • Memiliki ukuran rahang atas yang jauh lebih besar daripada ukuran normal, tetapi rahang bawahnya berukuran normal
  • Memiliki ukuran rahang atas yang normal, tetapi ukuran rahang bawah tidak normal (jauh lebih kecil dari ukuran normal)
  • Memiliki rahang atas yang ukurannya jauh di atas normal
  • Mmeiliki rahang bawah yang ukurannya jauh di bawah normal

Penyebab

Lalu apa saja Penyebab Gigi Rusak dan mengapa gigi tonggos ini bisa terjadi? Rupanya gigi tonggos bisa terjadi karena beberapa hal. Dan semua ini perlu diwaspadai ketika anak tersebut masih bayi. Berikut beberapa penyebab dari gigi tonggos itu sendiri.

  • Anak usia lebih dari 4 tahun yang memiliki kebiasaan mengisap jempol. Apalagi jika kebiasaan ini tidak dicegah oleh orang tua. Maka gerakan maju mundur dari isapan jempol itu akan mempengaruhi bentuk rahang. Selain itu kerusakan gigi pada anak juga bisa disebabkan oleh Makanan yang Dapat Merusak Gigi Anak.
  • Penggunaan dot saat menyusu ketika bayi atau balita juga bisa menjadi salah satu penyebab dari kelainan gigi tonggos ini. Hal ini dikarenakan penggunaan dot yang notabene lebih keras daripada ASi membuat rahang atas dan bawah beradaptasi dengan bentuk dot itu sendiri. Jika dilakukan secara sering dan terus menerus, maka rahang akan berubah ukuran dan arahnya.
  • Faktor genetika juga menjadi salah satu penyebab dari gigi tonggos yang ada, yaitu jika memang terdapat gen ukuran rahang yang tidak normal.

Setelah mengetahui ciri ciri gigi tonggos dan penyebabnya di atas, tentunya perlu diketahui Cara Merawat Gigi Bayi untuk mencegahnya agar tidak menjadi tonggos di kemudian hari. Orang tua memang perlu memperhatikan kebiasaan anaknya dan segera menegurnya jika si anak melakukan kebiasaan seperti di atas. Karena kebiasaan kecil yang dilakukan terus menerus bisa mempengaruhi bentuk dari gigi.

Cara Memperbaiki

Gigi tonggos secara fisik akan membuat seseorang lebih sulit untuk menutup mulutnya dengan rapat. Hal ini bisa menyebabkan pernafasan menjadi tidak normal juga. Selain itu, proses mengunyah makanan juga tidak bisa maksimal, sehingga sistem pencernaan juga tidak akan maksimal. Maka dari itu diperlukan beberapa cara memperbaiki gigi tonggos.

Sponsors Link

Cara memperbaiki gigi tonggos itu sendiri perlu dilakukan sejak dini, terutama jika seseorang masih muda. Cara yang bisa dilakukan dan cukup terkenal adalah penggunaan kawat gigi atau behel. Manfaat Gigi Behel adalah untuk membantu memindah dan merapikan posisi gigi agar lebih normal. Namun tentunya pemasangan ini harus dilakukan oleh orang yang ahli, yaitu dokter gigi. Cari tahu juga Cara Menyikat Gigi dengan Benar untuk gigi behel agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal dan menyebabkan masalah lainnya pada gigi.

Selain itu ada juga cara lain, yaitu dengan menggunakan invisalign. Invisalign merupakan salah satu alat terobosan baru yang berfungsi untuk membantu merapikan gigi yang tonggos atau tidak rapi. Bahannya seperti plastik yang bening. Pemasangan akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Namun cara ini lebih mahal. Cara selanjutnya adalah pembedahan, jika kasus gigi tonggos lebih serius.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai ciri ciri gigi tonggos, penyebab, dan cara memperbaikinya yang perlu diketahui. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan yang bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi