Sponsors Link

10 Ciri Ciri Tumor Pada Gusi yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Bila kita mendengar kata tumor pasti langsung parno apalagi kangker. Tumor yaitu sel-sel tubuh yang abnormal pertumbuhannya. Tumor bisa menyerang bagian tubuh mana saja. Bagian tubuh yang sangat beresiko terkena tumor diantaranya rahim, leher, payudara, tenggorokan, dan otak.

ads

Tumor dibagi menjadi 2 bagian yaitu tumor ganas (malignan) dan tumor jinak (benign)tergantung pertumbuhannya. Tumor ganas sering disebut kanker, sifatnya menyerang, merusak jaringan dan menciptakan benih. Sedangkan tumor jinak tidak menyerang dan tidak merusak jaringan tapi tumor jinak bisa tumbuh membesar. Tapi kali ini kita aka membahas mengenai tumor gusi. Mungkin tumor gusi tidak begitu familiar karena tumor biasanya menyerang rahin, payudara dan lainnya.

Gusi adalah jaringan mukosa yang menutupi tulang rahang di dalam mulut. Gusi sebenarnya berwarna transparan tapi karena mengandung banyak pembuluh darah di dalamnya maka terlihat berwana merah. Gusi sangat berperan penting untuk tempat menopang gigi agar gigi bisa berdisi tegak dan kuat. Selain itu gusi juga merupakan pelindung bagi syaraf yang berada didalam gusi.

Tumor pada gusi disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel yang tidak bisa dikontrol, sehingga muncul menjadi penyebab timbulnya masalah. Sel itulah yang menyebabkan tumor dan akan mengganggu jaringan disekitarnya. Berikut ini adalah ciri – ciri tumor pada gusi yang akan kita bahas pada kesempatan hari ini. Berikut ciri-cirinya :

1. Terjadi Pendarahan Pada Gusi

Ciri – ciri tumor pada gusi yang pertama ialah adanya pendarahan pada gusi. penyebab gusi berdarah tiba tiba bisa terjadi  diakibatkan karena kebiasaan menyikat gigi yang terlalu keras, kebersihan gigi yang tidak dijaga, atau sering mencongkel gigi yang berlubang dengan benda tajam. Jika sudah terjadi pendarahan anda harus berhati-hati karena gusi akan menjadi lebih rentan dan mudah terinfeksi.

2. Adanya Luka Pada Gusi

Ciri – ciri tumor pada gusi yang kedua ialah adanya luka pada gusi. Keluarnya darah dari gusi diakibatkan adanya luka pada gusi baik itu luka goresanringan ataupun goresan berat. Luka yang dibiarkan berlarut-larut akan mengakibatkan luka semakin parah dan bisa menyebabkan masalah yang serius. Sebaiknya segera obati gusi yang terluka sebelum menjadi lebih parah. ciri gigi sehat ditandai dengan kondisi gusi yang baik ya sobat.

3. Peradangan Pada Gusi

Ciri – ciri tumor pada gusi selanjutnya ialah peradangan pada gusi. Peradangan dalam bahasa kedokteran sering disebut gingivitis, peradangan jenis ini dikarenakan menumpuknya plak pada gigi dan gusi. Banyak faktor yang dapat menyebabkan peradangan pada gusi. Untuk itu anda bisa mempelajari cara menghilangkan plak pada gigi agar bisa mengurangi resiko terjadinya tumor. Jika anda mengalami peradangan pada gusi, anda patut waspada karena tumor ganas akan menyerang sel-sel gusi yang masih sehat dan tubuh akan mendeteksi keberadaan sel tumor dengan membuat gusi mengalami peradangan.

Sponsors Link

4. Gusi Bengkak

penyebab gusi sering bengkak terjadi karena adanya peradangan pada gusi yang diakibatkan oleh beberapa kebiasaan buruk. Seperti sering mencongkel gigi yang bolong dengan benda tajam, sehingga menusuk kebagian gusi paling dalam dan mengakibatkan gusi terluka, radang dan bengkak.

ads

5. Sakit yang Susah Untuk Disembuhkan

Setelah mencoba beberapa cara untuk menyembuhkan gusi yang terluka tapi hasilnya tidak ada dan gusi masih saja luka dan terasa sakit, patut anda curigai juga mungkin ini adalah ciri tumor ganas. Apabila ada luka yang terbuka pada gusi maka penyembuhannya akan lama supaya menutup luka yang ada. Indikasi ini dapat dilihat pula di tumor ganas lainnya. bahaya menggunakan tusuk gigi yang tidak diketahui seringkali menimbulkan rasa sakit yang sulit untuk disembuhkan.

6. Rasa Sakit Pada Gusi

Ketika gusi mengalami sakit, gusi tidak akan menjalankan fungsinya secara maksimal yaitu malindungi syaraf dan menopang gigi. Rasa sakit pada gusi dikarenakan adanya gangguan pada saraf akibat sel tumor yang menyerang jaringan gusi. penyebab gusi bengkak pada gigi berlubang wajib anda perhatikan agar tidak timbul rasa sakit yang menjalar ke bagian gusi.

7. Susah Berbicara

Saat gusi mengalami keadaan luka, bengkak, radang dan pendarahan pasti berbicara pun akan susah. sakit gusi pertanda awal kanker atau pun tumor yang rasanya akan menyiksa sekali karena penyebab banyaknya kerusakan gusi yang dialami. Tidak menutup kemungkinan juga si penderita akan mengalami susah untuk berbicara karena sistem pita suara yang bermasalah yang diakibatkan oleh tumor gusi yang diderita.

8. Susah Untuk Makan

Selain susah untuk berbicara, ciri lainnya yang merupakan ciri dari tumor gusi yaitu penderita akan mengalami kesusahan dalam mengunyah makanan dan tidak nafsu untuk makan. Jangankan untuk mengunyah, untuk sekedar membuka mulut saja susah karena rasa sakit yang diderita bagi penderita yang telah menginjak tumor ganas stadium-stadium lanjut.

9. Adanya Benjolan Pada Gusi

Ciri berikutnya yaitu adanya benjolan pada gusi yang merupakan ciri akibat perkembangan sel tumor yang berkembang cepat pada sel-sel jaringan gusi dan merusak jaringan gusi. Adanya rangsangan asing yang dapat merusak jaringan gusi sehingga menimbulkan benjolan di gusi. Benjolan pada gusi merupakan pertahanan tubuh yang berusaha menghindari kerusakan jaringan yang lebih parah.

10. Bau Mulut

Adanya infeksi, luka, peradangan dan pendarahan pada gusi akan menyebabkan bau pada mulut dan tidak nyaman saat berbicara karena bakteri yang tinggal didalam mulut. Hal ini mungkin merupakan salah satu ciri dari gejala tumor ganas stadium satu. gusi sering berdarah dan bau mulut ini bisa dikatakan salah satu pertanda adanya tumor, jadi anda wajib waspada dengan memeriksakan ke dokter sedini mungkin ya sobat.

Namun tidak semua bau mulut dikarenakan adanya indikasi tumor gusi, bisa juga karena anda belum sikat gigi atau pengaruh gigi bolong sehingga menyebabkan makanan menempel di gigi bolong dan mengakibatkan pembusukan dan menimbulkan bau di mulut.

Sebelum suatu penyakit menyerang tubuh kita alangkah lebih baik bila kita selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Bukan hanya kesehatan gigi dan gusi saja yang perlu diperhatikan tapi kesehatan seluruh tubuh kita, kita yang bertanggung jawab menjaganya dari serangan penyakit.

Sponsors Link

Saat kita sudah menjaga kesehatan pun ada saja penyakit yang menyerang tubuh. Jika tubuh sudah mengalami penurunan fungsi, lebih baik segera obati dan jika penyakit terlalu gawat segera periksakan kedokter. Jangan biarkan penyakit berlarut-larut bersarang di tubuh tanpa adanya upaya untuk mengobati. Mentang-mentang tidak begitu terasa sakit lantas mengabaikannya.

Baiklah sampai disini ulasan kali ini mengenai ciri – ciri tumor pada gusi yang dapat kita bahas dalam kesempatan hari ini. Semoga teman semua mendapat manfaat dari artikel ini, dan apabila ada kesalahan dalam penulisan tolong dimaafkan.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi