Sponsors Link

Ciri Gigi Bayi Tonggos – Penyebab dan Ini Solusinya

Sponsors Link

Gigi tonggos merupakan keadaan dimana gigi pada rahang atas lebih menonjol atau maju daripada yang seharusnya. Gigi tonggos bisa juga terjadi pada usia dini, seperti bayi dan anak-anak. Namun mungkin pada usia dini ini belum diketahui ciri gigi bayi tonggos sehingga orang tua tidak bisa memberikan pencegahan atau penanganan dini agar ketika dewasa kondisi ini tidak bertambah parah.

ads

Gigi tonggos memang perlu dicegah sejak usia dini. Karena jika gigi tonggos terjadi ketika bayi dewasa nanti, akan ada beberapa masalah. Masalah yang paling terlihat adalah masalah kepercayaan diri karena penampilan. Selain itu, ada juga beberapa masalah kesehatan, seperti sering sakit kepala, bernafas tidak benar, hingga masalah karena tidak maksimalnya makanan terkunyah secara sempurna sehingga pencernaan tidak maksimal. Maka dari itu, sangat penting untuk mencegahnya. Selain mengetahui Perawatan Gigi Untuk Ibu Hamil, tentunya ibu hamil juga perlu mempelajari kesehatan gigi buah hatinya yang akan dilahirkan.

Ciri Gigi Tonggos pada Bayi

Adapun ciri-ciri gigi tonggos pada bayi memang perlu diketahui agar lebih mudah bagi orang tua untuk mengetahuinya. Berikut beberapa ciri gigi bayi tonggos yang perlu diketahui.

  1. Ciri gigi tonggos yang pertama adalah jika jarak antara gigi atas dan gigi bawah melebihi 3 mm. Maka hal ini bisa mengindikasikan gigi tonggos pada bayi dan anak-anak.
  2. Ciri berikutnya adalah jjka ukuran rahang bagian atas bayi lebih besar dari ukuran normal, namun ukuran rahang bawah bayi dalam kondisi normal.
  3. Ukuran rahang atas yang normal pada bayi juga bisa mengindikasikan ciri gigi tonggos apabila ukuran rahang bawahnya lebih kecil dari yang seharusnya.
  4. Jika ukuran rahang atas lebih besar dari kondisi normal, maka ini bisa menjadi ciri khusus gigi tonggos.
  5. Sebaliknya, ciri gigi tonggos juga bisa dilihat dari rahang bawah yang memiliki ukuran lebih kecil dari kondisi normal.

Penyebab Gigi Bayi Tonggos

Gigi tonggos pada bayi bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor kesehatan hingga dari faktor eksternal. Untuk lebih memahaminya, berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan gigi bayi tonggos.

  • Faktor genetis
  • Pertumbuhan tulang
  • Faktor lingkungan / kebiasaan buruk bayi
  • Komponen tulang rawan
  • Jaringan pada rahang
  • Jumlah gigi yang tumbuh secara abnormal
  • Erupsi ektopik
  • Kehilangan dini gigi
  • Jaringan tulang lunak
  • Gangguan atau ketidaktepatan pada waktu erupsi

Agar Gigi Bayi Tidak Tonggos

Gigi tonggos pada orang dewasa memang bisa diatasi dengan Manfaat Gigi Behel. Namun setelah melihat beberapa penyebab gigi tonggos pada bayi di atas, maka tentunya beberapa cara berikut bisa dilakukan untuk mencegah gigi tonggos pada bayi, di antaranya.

Sponsors Link

  1. Jangan biarkan bayi memiliki kebiasaan untuk menghisapi jarinya. Sebaiknya biasakan bayi untuk tidak selalu melakukan kebiasaan buruk tersebut. Selain itu, hindarkan juga bayi dan anak-anak dari Makanan yang Dapat Merusak Gigi Anak agar kesehatan gigi bayi dan anak bisa terjaga.
  2. Lebih baik susui bayi langsung dari puting ibu dan sebisa mungkin hindari botol dot.Walau botol dot berisi ASI dan bukan susu formula, botol dot bisa juga memicu gigi tonggos pada bayi.
  3. Jaga bayi dan anak dari kehilangan gigi sulung dan gigi tetapnya. Caranya adalah dengan menjaga kesehatan dan juga kebersihan gigi. Cara ini perlu dilakukan agar gigi sulung dan tetap tidak mudah tanggal sebelum waktunya sehingga gigi tonggos bisa dicegah. Untuk itu ketahui juga beberapa Cara Merawat Gigi Bayi yang benar dan tepat untuk mendukung kesehatan gigi dan mulut bayi.
  4. Mengunjungi dokter gigi jika terjadi masalah pada rongga mulut bayi sehingga bisa mengetahui apa saja yang perlu dan tidak perlu dilakukab untuk gigi anak dan bayi.
  5. Ajarkan anak untuk menggosok gigi secara tepat dan benar agar kesehatan dan kebersihannya terjaga. Oleh karena itu perlu diketahui Cara Menyikat Gigi dengan Benar.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai ciri gigi bayi tonggos, penyebab, dan cara mencegahnya yang bisa dilakukan. Semoga bisa memberikan wawasan baru yang bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi