Sponsors Link

Ciri Gigi Bungsu Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gigi bungsu, pernahkan Anda mendengar istilah tersebut. Gigi bungsu adalah jenis gigi geraham yang tumbuh di usia dewasa, antara usia remaja hingga usia dewasa muda. Gigi bungsu atau yang juga dikenal dengan gigi geraham bungsu adalah jenis gigi yang paling akhir tumbuhnya. Sehingga disebut gigi bungsu. Gigi ini tumbuh di bagian paling belakang dan tumbuhnya biasa menunjukkan gejala yang cukup menyakitkan pada beberapa orang.

ads

Permasalahan gigi bungsu ada banyak sekali. Apalagi jika di rahang Anda sudah tidak ada ruang lagi bagi gigi bungsu untuk tumbuh. Sehingga akan seringkali menyebabkan permasalahan. Namun tidak banyak orang yang tanggap terhadap permasalahan gigi bungsunya sehingga tidak tahu apa bahayanya. Untuk itu, berikut beberapa ciri gigi bungsu bermasalah yang perlu diketahui oleh Anda.

  1. Gigi tumbuh miring

Salah satu permasalahan gigi bungsu adalah pertumbuhan gigi bungsu yang miring. Entah itu miring ke depan atau ke belakang. Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Miring tentu akan menyebabkan berbagai permasalahan. Gigi bisa saja mengganggu gigi di sebelahnya dan menyebabkan gigi di sebelahnya menjadi tegerus. Jika sudah demikian, maka akan muncul berbagai keluhan lainnya.

  1. Gigi tumbuh tidur

Selain tumbuh miring, salah satu ciri gigi bungsu bermasalah adalah Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Tidur. Maksudnya, gigi tumbuh berbaring di dalam tulang rahang, setelah itu akan membesar dan menyentuh akar gigi geraham di sebelahnya. Inilah yang dinamakan impaksi gigi.

  1. Gigi terperangkap di tulang rahang

Ciri lainnya dari gigi bungsu yang bermasalah adalah jika gigi bungsu posisinya tidak miring atau tidak tidur, namun terperangkap di dalam tulang rahang. Sehingga gigi bungsu menyebabkan permasalahan bahkan sebelum giginya terlihat naik ke permukaan.

  1. Pembengkakan di mulut

Salah satu Tanda-Tanda Gigi Geraham Bungsu Tumbuh memang adalah pembengkakan di area yang akan ditumbuhi gigi bungsu. Namun pembengkakan itu akan hilang dengan sendirinya setelah gigi bungsiu tersebut naik ke permukaan. Jika giginya tumbuh normal, maka pembengkakan akan hilang dengan sendirinya. Namun waspadalah jika pembengkakan itu tidak terlihat normal. Apalagi jika sudah sekian lama gigi bungsu juga tidak kunjung naik ke permukaan, atau bahkan malah tumbuh miring. Bisa jadi itu adalah salah satu ciri gigi bungsu bermasalah.

  1. Gusi berdarah dan nyeri

Ciri lain dari Gigi Bungsu yang bermasalah adalah munculnya darah dari bagian gusi tempat akan tumbuhnya gigi bungsu. Gusi berdarah ini bisa disertai dengan rasa nyeri. Walau gusi berdarah juga bisa menjadi tanda normal dari gigi bungsu yang akan tumbuh, namun perhatikan gejalanya. Jika gejalanya tidak wajar, disertai rasa nyeri yang tidak wajar juga, ada baiknya segera menghubungi dokter.

  1. Rasa sakit saat membuka mulut

Ciri gigi bungsu bermasalah berikutnya adalah munculnya rasa sakit ketika membuka mulut. Rasa sakit ini bisa terasa cukup parah, hingga mungkin Anda tidak bisa membuka mulut lebar-lebar, atau mengalami kesulitan saat membuka mulut. Beberapa orang mengalami hal ini juga saat gigi bungsunya akan tumbuh. Namun waspadalah jika gejala ini berlanjut dan rasa sakit semakin parah terjadi.

Sponsors Link

  1. Rasa sakit parah dan berulang

Gigi bungsu yang tumbuh bermasalah akan menciptakan rasa sakit parah dan rasa sakit itu berulang atau sering terjadi. Bahkan hingga membuat Anda mungkin sulit tidur dan sulit makan. Jika gejala tersebut terjadi kepada Anda, harap segera menghubungi dokter gigi untuk mengetahui penyebabnya, sehingga bisa ditangani dengan baik setelahnya.

Cara Mengatasi

Itulah beberapa ciri dari gigi bungsu yang bermasalah. Jika terdapat ciri-ciri seperti di atas, ada baiknya segera berobat ke dokter dan melakukan perawatan gigi bungsu. Karena jika tidak, akan muncul berbagai gangguan kesehatan seperti:

  • Gigi lain menjadi rusak
  • Gigi menjadi berlubang karena sulit dibersihkan
  • Muncul kantung berisi cairan di tulag rahang yang disebut kista
  • Kerusakan pada gigi dan saraf gigi
  • Peradangan pada gusi
  • Dan lain-lain
Sponsors Link

Mengingat ada begitu banyak masalah pada gigi bungsu yang tumbuhnya bermasalah, penanganan bisa dilakukan oleh dokter gigi. Penanganan yang paling umum adalah dengan operasi gigi bungsu. Tahapannya adalah:

  • Anestesi yang dilakukan untuk membuat bagian mulut mati rasa sehingga bisa menghilangkan rasa sakit saat operasi.
  • Operasi pencabutan gigi akan dilakukan dengan membuat sayatan di gusi. Setelah gigi berhasil dicabut, proses jahitan akan dilakukan untuk menutup kembali gusi yang tadi disayat.

Perlu diketahui bahwa operasi gigi bungsu ini terbilang cukup singkat. Bahkan tidak diperlukan opname atau semacamnya. Jadi Anda bisa pulang hari itu juga. Akan tetapi tetap ada efek samping operasi yang membuat rasa sakit serta pendarhaan hingga beberapa hari setelahnya. Sehingga ketahui juga beberapa Pantangan Setelah Operasi Gigi Bungsu. Jika efek samping operasi gigi bungsu tidak kunjung hilang dalam hitungan minggu, atau rasa sakitnya terasa sangat parah, segera hubungi dokter.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai ciri gigi bungsu bermasalah yang perlu diketahui. Lakukan pemeriksaan jika muncul gejala yang mencurigakan dan tidak wajar dari pertumbuhan gigi bungsu Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi