10 Ciri Gigi Sehat yang Perlu Diketahui

Gigi dan rongga mulut tentu perlu dijaga kesehatan dan kebersihannya agar tidak menjadi penyebab berbagai keluhan kesehatan. Namun mungkin beberapa orang kurang bisa menjaga kesehatan gigi karena tidak mengetahui ciri dari gigi sehat. Padahal kesehatan gigi yang terjaga tentunya bisa dilihat secara langsung. Karena permasalahan gigi dan mulut seringkali juga mudah dikenali secara langsung. Lalu apa saja ciri gigi sehat? Berikut beberapa penjelasannya.

  1. Warna gigi putih sedikit kekuningan

Salah satu ciri dari gigi yang sehat bisa dilihat dari warnanya. Warna gigi sehat adalah putih sedikit kekuningan. Sedangkan warna gigi tidak sehat adalah gig kuning. Penyebab dari gigi kuning ini sendiri ada bermacam-macam. Namun kebanyakan adalah dari gaya hidup yang kurang tepat, seperti konsumsi minuman dan Makanan yang Membuat Gigi Kuning, serta cara pembersihan gigi yang kurang tepat.

  1. Tidak patah

Ciri gigi sehat selanjutnya adalah utuh dan tidak ada yang patah. Gigi yang patah bisa disebabkan oleh cedera atau kebiasaan makan makanan yang keras. Gigi patah tentu tidak sehat karena berpotensi untuk menyebabkan gigi ngilu dan bahkan bisa melukai gusi yang ada di sekitar patahan gigi itu sendiri.

  1. Mulut basah dan tidak kering

Ciri gigi yang sehat tidak bisa lepas dari kondisi rongga mulut itu sendiri, dimana rongga mulut akan selalu lembab dan tidak kering. Karena jika Mulut Kering, risiko gangguan terhadap gigi juga akan meningkat. Dimana mulut yang kering akan meningkatkan risiko gigi berlubang dan pengeroposan gigi. Maka dari itu jika mulut kering coba ketahui penyebabnya agar bisa diatasi dengan baik dan tidak mengganggu kesehatan gigi itu sendiri.

  1. Tidak ada keluhan gigi berlubang

Gigi yang sehat tentu tidak berlubang. Ciri gigi sehat yang satu ini memang perlu untuk didapatkan karena gigi berlubang, apalagi Gigi Berlubang Besar bisa menyebabkan berbagai keluhan pada gigi, termasuk rasa sakit yang bisa kambuh kapan saja, serta risiko lebih parah untuk terjadi peradangan. Gigi yang berlubang ini bisa dicegah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi secara teratur dan menjaga pola makan dengan makanan dan minuman yang tidak merusak gigi.

  1. Tidak ada plak dan karang gigi

Karang gigi dan plak adalah salah satu indikator bahwa gigi tidak sehat. Sebaliknya, gigi yang sehat tentu tidak memiliki plak dan karang gigi. Karang gigi itu sendiri terbentuk karena sisa makanan yang tidak dibersihkan secara sempurna. Karang gigi juga lebih rentan terjadi pada orang-orang yang mengalami malokusi gigi atau gigi yang tidak rata. Karena gigi yang tidak rata akan lebih sulit untuk dibersihkan.

  1. Bisa makan dengan baik

Jika Anda bisa makan dengan baik, tanpa rasa sakit dan keluhan lainnya, itu menandakan bahwa gigi Anda termasuk ke dalam salah satu ciri gigi sehat. Karena gigi yang tidak sehat tentunya akan menjadikan seseorang tidak bisa makan dengan baik. Misalnya jika ada rasa sakit, atau rasa tidak nyaman di rongga mulut.

  1. Tidak goyang

Gigi yang sehat adalah gigi yang kuat. Sehingga salah satu cirinya adalah tidak goyang. Gigi yang goyang bisa terjadi karena beberapa hal. Penyebab Gigi Goyang Pada Anak mungkin memang wajar karena memang sudah waktunya gigi susu tanggal. Namun gigi goyang pada orang dewasa bisa disebabkan karena berbagai gangguan. Misalnya infeksi, karang gigi, atau abses pada gigi. Selain itu diabetes juga bisa meningkatkan risiko gigi goyang.

  1. Tidak ngilu

Ciri gigi sehat berikutnya adalah gigi yang tidak terasa ngilu. Rasa ngilu pada gigi seringkali disebabkan oleh gigi sensitif. Dimana gigi sensitif ini disebabkan oleh terkikisnya permukaan gigi, sehingga menyebabkan lapisan gigi yang berisi syaraf gigi menjadi lebih terekspose. Jika mengonsumsi makanan tertentu, maka gigi bisa menjadi ngilu. Pada kasus gigi sensitif atau Gigi Hipersensitif, rasa ngilunya bahkan tidak tertahankan.

  1. Mahkota gigi utuh

Gigi yang sehat tentunya memiliki struktur yang utuh. Salah satunya adalah mahkota gigi yang masih utuh. Baik itu karena permukaannya yang tidak terkikis, dan juga bentuknya yang tidak patah. Mahkota gigi ini sendiri adalah bagian gigi yang menonjol dari gusi. Di bawah mahkota gigi adalah akar gigi yang terpendam di dalam gusi. Mahkota gigi yang utuh akan bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

  1. Leher gigi tidak terlihat

Jika mahkota gigi terlihat utuh di atas gusi, maka leher gigi seharusnya tidak terlihat. Leher dan akar gigi adalah bagian yang berada di bawah gusi dan terpendam di sana. Namun ada beberapa kasus yang menjadikan leher gigi menjadi terlihat. Salah satunya adalah akibat karang gigi yang membuat gusi lebih turun dari posisi normalnya. Sehingga leher gigi akan terlihat. Leher gigi yang terlihat ini akan meningkatkan risiko gigi goyang bahkan gigi sensitif.

Demikianlah beberapa ciri gigi sehat yang perlu diketahui. Jaga selalu kesehatan gigi Anda agar tidak menjadi penyebab berbagai keluhan pada gigi dan rongga mulut. Ada baiknya jika memeriksakan ke dokter gigi jika ada keluhan gigi berlubang atau gigi yang terasa sakit. Semoga bermanfaat untuk Anda.