Sponsors Link

8 Ciri Gigi Sensitif dan Cara Mengatasinya yang Bisa Dilakukan

Sponsors Link

Gigi sensitif merupakan jenis gangguan atau masalah gigi yang cukup sering terjadi. Gigi sensitif ini bisa disebabkan oleh banyak kemungkinan. Akan tetapi, gaya hidup yang tidak tepat sering kali menjadi penyebabnya. Entah itu karena kesalahan dalam menyikat gigi, faktor makanan yang tidak tepat sehingga menyebabkan korosi pada permukaan gigi, dan sebagainya. Karena pada dasarnya gigi sensitif terjadi jika enamel gigi terkikis sehingga reseptor saraf lebih terbuka dan menyebabkan berbagai keluhan. Berikut ini ada beberapa ciri gigi sensitif yang perlu diketahui beserta cara mengatasinya.

ads

Ciri Gigi yang Sensitif

Gigi sensitif atau Gigi Hipersensitif biasanya menunjukkan beberapa gejala atau tanda, seperti berikut ini.

  1. Rasa ngilu saat terpapar makanan dan minuman panas

Salah satu ciri dari gigi sensitif adalah munculnya rasa ngilu atau rasa tidak nyaman ketika gigi terpapar makanan panas atau minuman panas. Misalnya ketika mengonsumsi kopi panas di pagi hari, atau saat makan makanan berkuah yang panas. Akan muncul rasa tidak nyaman bahkan rasa sakit dari kegiatan tersebut. Sehingga mungkin Anda perlu menunggu makanan atau minuman suhunya turun dan makanan menjadi lebih dingin. Dan makanan panas adalah salah satu Pantangan Gigi Sensitif yang perlu dihindari.

  1. Rasa ngilu saat terpapar makanan dan minuman dingin

Ciri gigi sensitif yang satu ini mungkin sudah umum diketahui oleh masyarakat, dimana gigi akan terasa ngilu atau sakit jika seseorang sedang minum minuman dingin atau makan makanan dingin seperti es krim. Makanan dingin memang akan mempengaruhi gigi yang lapisan enamelnya sudah terkikis sehingga muncul rasa yang ngilu saat makanan mengenai gigi. Bahkan pada beberapa orang, rasa ngilunya tidak tertahankan.

  1. Rasa ngilu saat terpapar makanan dan minuman asam

Tidak hanya berkaitan dengan suhu saja, gigi sensitif bisa saja menunjukkan reaksi saat digunakan untuk makan atau minum yang mengandung asam. Makanan dan minuman asam juga bisa membuat syaraf gigi terganggu sehingga muncul reaksi gigi yang terasa ngilu.

  1. Rasa ngilu saat terpapar makanan dan minuman manis

Ciri gigi sensitif lainnya adalah rasa ngilu atau rasa nyeri juga bisa terjadi saat mengonsumsi makanan yang memiliki rasa terlalu manis. Karena bukan hanya makanan asam saja yang bisa mempengaruhi syaraf gigi, namun makanan manis juga mengambil peranan yang cukup penting.

  1. Rasa ngilu saat menghirup udara dari mulut

Mungkin ada beberapa kondisi dimana seseorang akan mengambil nafas dari bagian mulut. Misalnya saat hidung tersumbat karena flu atau pilek. Kondisi tersebut pasti memaksa Anda untuk bernafas melalui mulut. Pada beberapa penderita gigi sensitif, kondisi tersebut juga bisa menyebabkan rasa ngilu atau rasa tidak nyaman. Apalagi ketika udara yang terhirup memiliki suhu yang dingin. Seperti saat di gunung atau di tempat yang dingin lainnya.

  1. Rasa ngilu saat menyikat gigi

Tidak hanya karena makanan atau udara yang dihirup saja, rasa ngilu pada penderita gigi sensitif bisa juga dikarenakan sentuhan atau tekanan. Beberapa penderita gigi ngilu bahkan bisa merasakan sakit saat menyikat gigi. Sehingga setiap kali menyikat gigi, akan muncul rasa tidak nyaman dan bahkan ngilu.

Sponsors Link

  1. Rasa ngilu saat menggunakan benang gigi

Benang gigi biasa digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Orang dengan gigi sensitif juga bisa merasakan ngilu saat menggunakan benang gigi untuk membersihkan giginya. Penyebabnya adalah karena adanya sentuhan dan tekanan yang mengganggu syaraf gigi.

  1. Gusi yang menurun

Ciri gigi sensitif lainnya adalah gusi yang menurun. Walau tidak semua penderita gigi sensitif mengalaminya, namun ada beberapa gigi sensitif yang disertai dengan penurunan pada gusi. Penurunan gusi tentu saja meningkatkan risiko rasa ngilu datang kembali dan rasa ngilu yang lebih besar karena dengan demikian, leher gigi akan lebih terekspose dan mudah tersentuh makanan dan minuman.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Beberapa ciri dari gigi sensitif di atas akan sangat mengganggu dalam kehidupan sehari-hari sehingga para penderita gigi sensitif memang perlu melakukan sejumlah penanganan agar bisa menjalani aktivitas dengan nyaman. Beberapa yang bisa dilakukan antara lain:

  • Salah satu Cara Mengatasi Gigi Sensitif adalah dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang halus agar meminimalisir rasa ngilu saat menggosok gigi.
  • Selain itu bisa juga dengan memilih menggunakan pasta gigi yang cocok untuk gigi sensitif untuk mencegah rasa ngilu datang lagi.
  • Memilih jenis makanan yang tepat agar tidak menciptakan rasa ngilu dan nyeri.
  • Tidak memilih makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin.
  • Menggunakan obat kumur dengan fluoride juga bisa membantu mengurangi masalah gigi sensitif.
  • Hindari kebiasaan menggertakkan gigi atau menggesekkan gigi, karena ini juga salah satu Penyebab Gigi Sensitif yang jarang diketahui.
  • Berkonsultasi dengan dokter gigi secara rutin sebanyak 2 kali dalam setahun.

Demikianlah beberapa ciri gigi sensitif dan cara mengatasinya yang bisa dilakukan. Ada baiknya Anda menghubungi dokter jika terdapat keluhan seperti di atas. Ketahui juga beberapa Cara Mencegah Gigi Sensitif yang bisa dilakukan agar gigi terbebas dari masalah gigi sensitif. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi