Sponsors Link

Dampak Buruk Mencongkel Gigi Menggunakan Jarum Pentul

Sponsors Link

Pada zaman yang serba modern ini, ternyata masih banyak masyarakat yang kurang memperhatikan kesehatan rongga mulut. Usai mengkonsumsi makanan, terutama daging, kebanyakan orang masih memilih mencongkel sela sela gigi mereka dengan tusuk gigi bahkan jarum pentul

ads

guna meraih sisa sisa makanan yang tertinggal disela sela gigi padahal ada tips mengeluarkan selilit gigi tanpa tusuk gigi. Menurut spesialis penyakit dalam dunia kesehatan gigi dan mulut, mencongkel sisa makanan pada sela sela gigi dengan tusuk gigi dapat membahaykan kesehatan rongga mulut, terutama pada gigi dan gusi yaitu.

1. Infeksi

Infeksi bisa terjadi dan menjadi pencetus penyakit tidak menular atau penyakit kronis akibat infeksi gigi, seperti jantung, diabetes, stroke, bahkan kanker. Ketika ada sisa sisa makanan yang tertinggal atau menyangkut disela sela gigi kita pasti merasa tidak nyaman atau risih.

Mencongkel sisa sisa makanan tersebut menggunakan tusuk gigi, bahkan menggunakan jarum pentul pada gigi yang bolong hal atau cara ini dapat menyebabkan infeksi hingga impaksi gigi. Kalau sudah terinfeksi, biasanya kena pembuluh darah, terjadi pembengkakan pada gusi. Kemudian gusi akan menjadi bernanah.

2. Tetanus Gigi

Jika sudah seperti itu, bukan tidak mungkin pasien ini juga bisa terkena tetanus pada gigi dan menyebabkan penyakit berbahaya lainnya sehingga harus dilakukan persiapan penting sebelum operasi gigi. Tetanus gigi disebabkan bakteri berbahaya bernama strptoccus dan hemolyticus. Akibatnya, rahang dan gigi pasien tidak dapat membuka dan menutup, seperti layaknya orang yang tidak memiliki penyakit seperti ini (normal).

Tetanus gigi ini diderita setiap orang yang kurang menjaga kesehatan gigi, hanya dalam jangka waktu dua minggu setelah terjadinya infeksi. Salah satu pasien pernah datang ke dokter dengan kondisi gigi yang sudah terinfeksi. Penyebabnya hanya karena ia mencongkel giginya menggunakan jarum pentul. Kelihatannya sepele, tapi itu menyebabkan ia masuk ke ruang ICU terlebih jika melakukan dampak buruk operasi gigi sembarangan.

Cara Menghindari

Berangkat dari pengalaman tersebut, ahli kesehatan gigi menghimbau agar masyarakat tak melakukannya. Jika kerap mengalami gangguan saat makan, terutama ketika makanan menyangkut di gigi, sebaiknya gunakan cara yang benar untuk membersihkannya atau anda juga bisa pergi ke dokter gigi.

Karena, kata dokter gangguan sekecil apapun sebenarnya bisa menjadi pertanda adanya masalah pada rongga mulut dan gigi. Mulai dari gigi berlubang, karies gigi, hingga masalah lainnya yang dapat menyebabkan pasien kurang nyaman dan kesakitan.

Penting untuk anda menjaga kesehatan agar tidak terjadi penyakit gigi, dan penting juga agar tidak mengabaikan apabila terjadi gigi berlubang. Gigi yang berlubang sebaiknya ditambal dan apabila sudah parah dan tidak bisa diakali lagi dengan cara ditambal maka anda harus mencabutnya.

Sponsors Link

Sebelumnya, lebih baik lagi jika anda mencegahnya dengan cara mencaga kesehatan gigi dengan cara rajin menggosok gigi, kurangi mengkonsumsi minuman dan makanan yang terlalu banyak mengandung gula, dan rutin berkonsultasi kepada dokter setidaknya dalam jangka waktu enam bulan sekali.

Jika harus terpaksa mencongkel gigi, haruslah dibersihkan dengan benang gigi (dental floss) dan bukan dengan menggunakan jarum pentul atau benda tajam lainnya yang dapat melukai gusi anda. Selain berbahaya, jarum pentul tak banyak membantu membersihkan sela sela gigi dengan bersih,

selain itu jarum pentul tidak higenis karena pada saat habis digunakan maka jarum tersebut akan diletakkan di sembarang tempat dan terkontaminasi dengan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Kalau ada sesuatau yang menyelip atau tersangkut disela sela gigi pada saat akan, sudah pasti ada masalah pada gigi anda.

ads

Ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, maka anda harus segera memeriksakannya ke dokter gigi langganan anda, supaya diketahui penyakitnya dan agar kuman atau bakteri tidak dapat berkembang biak di gigi. Selain itu, gejala gejala penyakit lain yang bersarang di dalam tubuh juga dapat terdeteksi lewat mulut.

Kebiasaan mencongkel gigi, termasuk kebiasaan buruk masyarakat. Selain menyebabkan berbagai macam masalah lain, dalam segi sikap dan juga dianggap merupakan sebagai salah satu kebiasaan buruk. Oleh karena itu, para dokter gigi menghimbau agar masyarakat membiasakan rajin menjaga kesehatan gigi dan mulut serta rajin membersihkan gigi dan rongga mulut.

Tanamkan sikap seperti ini sejak anak anda sedini mungkin, karena mengajarkan anak tentang kesehatan gigi dan mulut sejak usia dini dapat membawa kebiasaan hingga anak tersebut menginjak usia dewasa. Dan ketahuilah bahwa gigi yang sehat juga mencerminkan kondisi tubuh yang sehat. Dan saya akan mencoba memberi saran cara membersihkan atau menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan benar.

  • Menyikat gigi secara rutin dan benar

Kunci utama dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan rutin menggosok gigi dengan cara yang benar. Menggosok gigi merupakan salahs atu cara yang paling mudah untuk dilakukan dan diajarkan kepada anak sedini mungkin.  Selin itu, anda perlu mengajarkan pula cara yang benar menggosok gigi,

yakni dengan menempatkan sikat gigi pada 45 derajat terhadap gusi, kemudian lakukan gerakan menyikat ringan dari kanan kekiri atau sebaliknya dan lakukan selama kurang lebih 3 menit. Dengan menggosok gigi maka sisa makanan yang tertinggal disela gigi akan ikut terangkat.

  • Gunakan dental floss

Dental floss merupakan salah satu alat yang cukup ideal dalam menjangkau sisa kotoran didalam rongga mulut dan kotoran yang menyelip disela gigi. Namun pada penggunaanya, benang gigi lebih dianjurkan untuk pemakaian pada sela gigi yang masih rapat dan gusi yang sehat. Pemakaian dental floss bisa digunakan setiap hari dengan anjuran digunakan setiap hari sebelum tidur dimalam hari.

  • Gunakan sikat gigi yang benar

Gigi geraham merupakan bagian gigi yang banyak terpapar gigi keropos atau bolong, hal ini paling sering terjadi sebab kondisi dan posisi gigi geraham berada paling dalam dan belakang mulut yang sering kali silut tercapai dan luput oleh tipe sikat gigi yang banyak dijual dipasaran. Dengan demikian, kini sudah saatnya anda mengganti sikat gigi anda dengan jenis sikat gigi yang sesuai dengan hasil kebersihan gigi yang lebih optimal.

Demikian artilek yang dapat saya ulas mengenai dampak buruk mencongkel gigi menggunakan jarum pentul, dan cara diatas dapat anda gunakan dan apabila anda memiliki penyakit gigi yang serius maka anda sebaiknya memeriksakannya ke dokter. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi