Sponsors Link

7 Dampak Gangguan Penyerapan Nutrisi Terhadap Gigi Paling Mencolok

Sponsors Link

Dampak gangguan penyerapan nutrisi pada umumnya yang kita ketahui dampaknya adalah pada tubuh kita. Namun di samping itu sobat, ternyata dampak yang diakibatkan oleh penyerapan nutrisi ini juga berpengaruh terhadap gigi.

ads

Iya, karena bagian atau komponen dari mulut yang berfungsi sebagai pengolah makanan ini ternyata juga sangat membutuhkan penyerapan nutrisi yang sempurna agar kesehatan gigi tersebut bisa terjaga. Jika berbicara mengenai gigi, tentunya sobat semua sudah paham akan fungsi vital dari bagian mulut yang satu ini ya sobat, karena memang fungsinya sebagai pengolah makanan sangatlah tubuh kita perlukan agar bisa dikelola lebih lanjut oleh sistem pencernaan yang lainnya.

Oke sobat semua, pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan ualsan kepada sobat semua mengenai dampak gangguan penyerapan nutrisi pada gigi. Nah buat sobat semua yang memang sering mengalami masalah pada gigi atau sekitar gigi, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini agar anda mengetahui penyebab gigi anda terganggu, sehingga anda juga tentuya dapat melakukan tindakan sejak dini ya sobat agar kerusakan pada gigi anda tidak terlalu parah nantinya. Berikut ulasannya untuk anda.

Pada umumnya perilaku makan memakan bergizi atau tidaknya tergantung kepada kebiasaan seseorang, selain itu faktor pengetahuan akan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut juga salah satu hal penting yang harus anda ketahui.

Adapun pola konsumsi pangan yang baik adalah susunan jenis dan jumlah pangan yang dikonsumsi seseorang atau kelompok apda waktu tertetu haruslah sesuai dengan kebutuhan yang di butuhkan oleh tubuhnya, sebaiknya tidak kurang dan tidak lebih.

Karena seperti yang sudah penulis jelaskan di atas, apabila tubuh anda kurang menyerap nutrisi yang baik maka akan berpengaruh terhadap kesehatan gigi anda nantinya. Zat gizi atau unsur – unsur senyawa kimia yang ada dalam makanan tentunya diperlukan oleh tubuh kita untuk melakukan proses metabolisme.

Selain itu, nutrisi atau zat gigi tersebut sangat berperan penting terhadap kesehatan gigi beserta rongga mulut anda, jadi apabila asupan nutrisi kurang, sudah bisa dipastikan mulut anda akan mengalami masalah ya sobat. Adapun beberapa dampak gangguan penyerapan nutrisi terhadap gigi adalah sebagai berikut :

1. Dampak Karena Gangguan Penyerapan Kalsium

Dampak gangguan penyerapan nutrisi terhadap gigi yang pertama adalah susunan, struktur gigi dan fungsinya akan bermasalah. Biasanya pembentukan dan struktur tulang gigi tidak akan sempurna dan akar giginya tidak akan sekuat seperti yang seharusnya.

Sponsors Link

2. Dampak Karena Gangguan Penyerapan Fosfor

Dampak gangguan penyerapan nutrisi terhadap gigi yang kedua ialah gangguan penyerapan fosfor. Penyerapan fosfor ini adalah pembentukan tulang gigi akan mengalmai masalah. Pembentukan tulang gigi ini erat kaitannya dengan kekuatan atau kekokohan gigi anda tersebut kedepannya.

Jika sudah berbicara mengenai kekuatan gigi sudah pasti tercakup di dalamnya mengenai perawatan yang harus anda lakukan kedepannya. Intinya jika kekurangan fosfor, maka akan menjadi penyebab gigi cepat keropos karena kondisi fisiknya akan sangat rapuh.

3. Dampak Karena Gangguan Penyerapan Magnesium

Dampak yang diakibatkan oleh dampak dari gangguan penyerapan magnesium ini adalah akan berpengaruh terhadap terjadinya hipoplasia enamel dan membantu dalam proses mineralisasi gigi dan tulang gigi anda ya sobat, untuk itu asupan penyerapan magnesium dalam tubuh anda harus anda perhatikan.

4. Dampak Karena Gangguan Penyerapan Zat Besi

Adapun zat besi ini berperan penting dalam pembentukan dan pemeliharaan kesehatan gigi dan gusi serat lidah juga serat jaringan mukosa dalam mulut anda. Nah sobat  semua tentunya anda sudah bisa menyimpulkan sendiri ya apabila terjadi gangguan penyerapan terhadap zat besi ini, bisa dipastikan fungsinya sebagai pemelihara kesehatan gusi dan mulut akan terbengakalai dan mengakibatkan kesehatan gusi serta serat mukosa dalam mulut anda akan bermasalah yakni mulut kering. Hal ini sangat penting untuk anda perhatikan ya sobat.

ads

5. Dampak Karena Gangguan Penyerapan Flour

Flour merupakan zat atau unsur kimia yang berfungsi untuk mempertahankan tulang dan gigi yang kuat sehingga, mencegah terjadinya karies gigi selain itu, flour juga berfungsi sebagai pengatur pH asam abasa daam rongga mulut anda.

Apabila terjadi gangguan penyerapan nutrisi yang satu ini bisa dipastikan dampaknya pada gigi anda sangatlah besar ya sobat, bisa anda bayangkan kalau gigi anda mengalami karies gigi, lama kelamaan tetapi pasti gigi anda akan rapuh dan kemudian potensi ompong pun semakin terbuka lebar. Perlu anda ketahui bahwa efek samping gigi ompong sangatlah kompleks, terutama pada perubahan penampilan.

Selain itu, karies gigi ini tidak memandang usia, jadi apabila sobat tidak mau kena karies gigi ini apalagi masih dalam umur muda, sebaiknya perhatikan kandungan atau peyerapan zat flour ini dalam makanan yang anda konsumsi ya sobat.

6. Dampak Karena Gangguan Penyerapan Seng

Seng disini bukan seng yang digunakan sebagai atap ya sobat. Namun seng yang dimaksud disini adalah zat yang berfungsi untuk dan berperan penting dalam penyembuhan luka ada mukosa mulut. Jadi apabila anda sering mengalami luka pada mulut seperti panas dalam atau sariawan.

Bisa disimpulkan anda kekurangan zat seng atau penyerapan zat seng tersebut dalam tubuh anda tidak diserap semaksimal mungkin. Adapun luka seperti sariawan di lidah atau panas dalam tersebut adalah sebagai bentuk atau gejala yang ditimbulkan oleh kekurangan zat seng tersebut.

7. Dampak Karena Gangguan Penyerapan Vitamin A

Dampak gangguan penyerapan nutrisi terhadap gigi yang terakhir ialah gangguan penyerapan vitamin A. Pada umumnya Vitamin A memang lebih berperan penting untuk mata, namun selain berperan penting untuk mata, ternyata Vitamin A ini juga berperan penting untuk kesehatan gigi seperti halnya manfaat vitamin c untuk gigi dan berperan penting untuk menjaga selaput lendir mulut dan mukosa pada  mulut.

Selain itu vitamin A ini juga berperan penting dalam membantu perkembangan gigi serta pertahanan terhadap infeksi. Jika dalam mulut anda sering terdapat masalah serta daya tahan terhadap infeksi sangat rendah sehingga mulut atau bagian gigi anda sering mengalami masalah bisa saja hal tersebut diakibatkan oleh adanya gangguan penyerapan vitamin A dalam tubuh anda yang tentunya akan berpenagruh terhadap kesehatan gigi anda juga tentunya.

Oke sobat semua, sekian informasi yang penulis bagikan pada kesempatan kali ini mengenai dampak gangguan penyerapan nutrisi terhadap gigi. Terima kasih bagi sobat semua yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, penulis juga berharap artikel ini bisa menambah wawasan dan informasi anda. Salam hangat, salam gigi sehat selalu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi