Sponsors Link

Dampak Gigi Taring Rusak Terhadap Keseluruhan Fungsi Gigi

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, bahwasanya gigi merupakan piranti yang sangat penting fungsi dan keberadaanya dalam mulut kita terutama fungsinya dalam hal sistem pencernaan. Tidak usah ditanyakan lagi ya sobat, gigi ini merupakan komponen yang berfungsi untuk mengolah makanan saat kita makan sesuatu sebab itu wajib dipahami bahaya pemasangan behel gigi untuk ibu hamil dan janin agar tetap nyaman ketika makan.

ads

Dengan adanya gigi tersebut, maka kita dapat  menggigit, memotong, mengunyah, menyobek, dan menghaluskan makanan sebelum nanti akan diteruskan ke sistem pencernaan selanjutnya tanpa diganggu gummy smile. Apabila makanan tersebut sudah halus,

maka nantinya sistem pencernaan selanjutnya akan mengolah makanan tersebut sehingga tubuh akan menyerap nutrisi dari makanan tersebut untuk kebutuhan nutrisi tubuh kkita untuk tumbuh dan berkembang. Berbicara mengenai gigi sobat, seperti yang sudah kita ketahui bersama terdapat beberapa gigi yang ada di dalam mulut kita yang tentunya memiliki fungsi dan peranan yang berbeda – beda satu dengan yang lainnya.

Adapun jenis gigi dan fungsinya tersebut yang terlihat rapi jika dilakukan gum contouring, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Gigi Seri

Yakni gigi yang terdiri atas satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda yang lainnya yang masuk kedalam tubuh.

  • Gigi Taring

Yakni gigi yang terdiri atas satu akar dan berfungsi untuk mengoyak makanan atau benda yang lainnya, pada umumnya gigi taring ini berbentuk runcing.

  • Gigi Geraham Depan

Yakni gigi yang terdiri atas dua akar, yang berfungsi untuk menggilas atau mengunyah makanan atau benda lainnya yang masuk kedalam mulut anda.

  • Gigi Geraham Belakang

Yakni gigi yang terdiri atas tiga akar, yang berfungsi untuk melumat, menghancurkan, menghaluskan dan mengunyah makanan atau benda –  benda yang lainnya.

Nah sobat semua, setelah mengetahui fungsi dan peranan dari masing –  masing gigi tersebut tentunya gigi tersebut satu dengan yang lainnya memiliki keterkaitan yang cukup erat dan terkadang membutuhkan tipe prosedur kosmetik dalam kedokteran gigi. Oleh karena hal tersebut sobat, apabila terjadi kerusakan pada gigi anda tentunya akan mempengaruhi peranan gigi tersebut secara keseluruhan.

Oke sobat semua, adapun materi atau pembahasan yang akan kita kaji pada ulasan kali ini yakni mengenai Dampak Gigi Taring Rusak Terhadap Fungsi Gigi Secara Keseluruhan. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan ini secara seksama.

1. Pengolahan Makanan Akan Lebih Lambat

Sponsors Link

Dampak yang pertama adalah pengolahan makanan dalam mulut anda akan lebih lambat. Hal ini sudah pasti terjadi ya sobat, karena seperti yang sudah kita bahas diatas sobat, bahwasanya gigi taring ini berfungsi untuk mengoyak  makanan yang masuk kedalam mulut anda sehingga mungkin perlu dilakukan tindakan incognito braces.

Oleh karena gigi taring tersebut rusak dan tentunta tidak akan bisa bekerja secara maksimal seperti yang seharusnya. Pada saat kondisi seperti ini, maka otomatis proses pengolahan makanan pada mulut anda pun akan lebih lama oleh karena berkurangnya fungsi dari gigi taring dalam pengolahan makanan tersebut.

2. Beban Gigi Yang Lain Akan Bertambah

Dampak yang kedua adalah  beban gigi anda yang lain akan menjadi bertambah. Maksudnya adalah oleh karena gigi taring tersebut mengalmai kerusakan, maka sudah pasti fungsi atau peranannya juga akan berkurang dalam mengolah makanan.

ads

Nah sobat pada saat kondisi seperti ini bisa dipastikan beban gigi anda yang lain akan bertambah karena harus menggantikan peranan atau fungsi dari gigi taring tersebut. Nah sobat semua, untuk itu gigi taring anda sebisa mungin harus anda jaga sebaik mungkin ya sobat agar tidak terjadi kendala pada gigi anda nantinya secara keseluruhan.

3. Tekstur Makanan Mungkin Lebih Kasar

Dampak yang ketiga adalah kemungkinan tekstur makanan yang anda telan ada kemungkinan akan lebih keras atau kasar dari yang biasanya. Hal ini tentu saja terjadi ya sobat, karena seyoginya gigi taring tersebut berperan untuk menyobek –  nyobek makanan yang anda masukkan kedalam mulut anda.

Nah apabila gigi tering tersebut bermasalah maka nantinya akan berdampak pada tekstur makanan yang ada kunyah akan lebih kasar dari pada yang seharunsya karena fungsi dari gigi tersebut sudah berkurang dalam proses pengolahan makanan tersebut.

4. Menimbulkan Sakit Gigi

Dampak yang keempat adalah dapat menimbulakan sakit gigi. Tidak asing lagi jika hal ini terjadi,  karena jika gigi mengalami kerusakan tentunya tidak akan menutup kemungkinan menimbulkan rasa sakit pada gigi atau mulut kita secara keseluruhan. Dan yang plaing penting lagi, gigi taring yang rusak sehingga menimbulkan rasa sakit tersebut bisa saja menghalangi aktivitas anda sehingga berbagai aktivitas atau rutinitas anda bisa saja terbengkalai.

5. Mengurangi Rasa Percaya Diri

Dampak yang kelima adalah dapat mengurangi rasa percaya diri. Rasa percaya diri tentunya sangatlah penting bagi kita semua ya sobat. Setuju dong. Rasa percaya diri tersebut bukan hanya di dapat dari dalam diri seseorang, namun juga bersumber dari penampilan atau yang biasa di sebut “ appereance “ seseorang tersebut.

Bayangkan saja apabila gigi taring anda mengalami kerusakan seperti hitam atau patah, maka hal tersebut tentunya akan mengurangi rasa percaya diri anda. Baik itu pada saat berbicara dengan orang, atau bisa juga pada saat anda tertawa sehingga orang lain melihat kondisi gigi anda tersebut.

Nah sobat semua, itulah beberapa dampak yang bisa saja anda alami apabila gigi taring anda mengalami kerusakan. Untuk menanggulangi hal tersebut, berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Rajin Menggosok Gigi

Dengan rajin menggosok gigi tentunya akan membuat gigi anda lebih bersih. Selain itu, hal ini juga tentunya berpengaruh terhadap kesehatan gigi tersebut sehingga akan terhindar dari kerusakan.

  • Perhatikan Makanan Dan Minuman Anda

Makanan dan minuman juga tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam kesehatan gigi anda. oleh karena itu, perhatikan apa saja yang anda makan dan minum yang seyogianya akan berpengaruh terhadap kesehatan gigi anda.

Oke sobat semua, sekianlah ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semau pada postingan kali ini. Terima kasih buat anda yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan berkunjung ke artikel ini. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi