Sponsors Link

Dampak Infeksi Gigi terhadap Janin pada Wanita Hamil

Sponsors Link

Kehamilan adalah salah satu bentuk keajaiban dan anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada setiap pasangan suami istri. Kehamilan tersebut merupakan salah satu wujud kebahagiaan nyang tidak bisa diukur nilainya oleh siapapun. Dan setiap pasangan tentunya akan merasakan kebahagiaan tersendiri pada masa kehamilan tersebut. Setuju ya sobat.

ads

Oleh karena kehamilan tersebut adalah anugerah sobat, maka sudah selayaknya anda harus menjaga kesehatan baik secara jasmani maupun rohani agar tidak terjadi kendala atau masalah misalnya melakukan pencegahan gusi bengkak dan bernanah saat hamil yang nantinya akan berpengaruh pada kesehatan dan juga tumbuh kembang janin dalam perut anda.

Salah satu kesehatan yang perlu anda jaga selain menjaga asupan gizi atau nutrisi adalah kesehatan dan kebersihan gigi dan juga mulut anda secara keseluruhan. Karena faktanya sobat, kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut sangat erat kaitannya terhadap kesehatan janin dalam kandungan anda sebab terdapat pengaruh gigi pada kehamilan. Jika terdapat masalah pada gigi anda sobat, sebut saja infeksi, maka selain menghambat aktivitas anda sehari –  harinya akan berpengaruh secara langsung terhadap janin anda.

Pada umumnya sobat, jika seorang wanita sedang hamil, memang tentunya mengalami perubahan hormon yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada giginya, misalnya masalah gusi bengkak saat hamil 9 bulan. Oleh karena itu, selain rutin memeriksa kesehatan dan perkembangan kandungam, penting juga bagi anda untuk memeriksa kesehtan gigi anda ke dokter gigi agar tidak terjadi masalah nantinya terhadap kandungan anda.

Oke sobat semua, untuk ulasan selengkapnya mengenai Dampak Infeksi Gigi terhadap Janin pada Wanita Hamil tersebut, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, karena pada artikel kali ini penulis akan menjelaskannya secara detail untuk anda. Berikut ulasannya untuk anda, langsung saja kita simak dengan seksama.

1. Menyebabkan Keguguran

Dampak yang pertama adalah bisa menyebabkan keguguran. Mendengar kata “ keguguran “ saja kita sudah  merinding ya sobat. Sebab itu jika ada maslaah harus segera diatasi, seperti cara meredakan gusi bengkak saat hamil. Untuk itu sobat, kesehatan dan kebersihan gigi sangatlah penting untuk anda jaga. Adanya masalah atau keluhan pada gigi dapat menimbukan resiko paling buruk untuk kehodupan seorang wanita, yakni bisa menimbulakn keguguran pada janin yang sedang dikandungnya bahka berakibat tidak baik juga bagi si ibu.

Keguguran tersebut bisa menjadi salah satu  pengaruh akibat masalah pada gigi yang dibiarkan berlarut begitu saja. Sebut saja pada saat gigi anda mengalami abses gigi yang menyebabkan gigi anda terinfeksi, maka hal tersebut sangat berbahaya pada kondisi kesehatan janin anda terlebih jika ada kelainan gigi dan rongga mulut saat hamil. Oleh karena itu penting bagi anda untuk menjaga kesehatan gigi tersebut.

2. Perkembangan Janin Tidak Optimal

Dampak yang kedua adalah perkembangan janin pada kandungan tidak optimal. Saat anda hamil sobat, bukan hanya asupan gizi dan nutrisi buat janin dan ibu yang harus anda perhatikan, namun yang tidak kalah penting dari hal tersebut adalah kesehatan gigi anda. Jangan sampai gigi anda mengalami atau terjangkit infeksi ya sobat, karena hal tersebut bisa berdampak buruk terhadap kesehatan gigi anda,

Sponsors Link

yakni bisa menimbulakn perkembangan janin anda tidak akan optimal. Hal ini dipengaruhi oleh sejumlah bakteri pada gigi anda yang terkena infeksi tersebut bisa mempengaruhi atau menyebar ke janin anda, jika hal ini terjadi bukan tidak mungkin janin anda akan mengalami gangguan yang berujung pada perkembangan janin tersebut tidak normal atau mengalami hambatan.

3. Kelahiran Bayi Tidak Normal

Dampak yang ketiga adalah kelahiran bayi anda bisa saja tidak normal. Perkembangan bakteri yang ada dalam gigi sobat, selan menimbulkan resiko keguguran ternayta gigi yang terinfeksi tersebut juga bisa mengakibatkan resiko bayi lahir secara tidak normal seperti yang seharunsya terjadi.

ads

Pada umumnya, penyebaran bakteri yang berasal dari dalam gigi akan memperngaruhi perkembangan janin sehingga terjadi kemungkinan adanya kelahiran bayi secara tidak normal atau secara permatur. Selain itu, bisa juga menimbulkan kelahiran pada bayi dengan ukuran yang sangat kecil atau memiliki berat badan di bawah bayi normal pada umumnya.

4. Bayi Lahir Dengan Cacat Fisik

Dampak yang keempat adalah bayi anda bisa lahir dengan keadaan atau kondisi cacat fisik. Bahaya lain yang cukup mengerikan dati dampak yang ditimbulkan oleh gig infeksi tersebut adalah bisa mengakibatkan bayi lahir dengan cacata fisik. Karena selama dalam kandungan janin tersebut dihambat atau diganggu pertumbuhannya oleh bakteri dari gigi yang terinfeksi tersebut, maka tidak menutup kemungkinan nantinya pada saat bayi tersebut lahir, maka akan bisa menimbulkan kondisi tidak normal alias cacat fisik.

Cacat fisik yang dimaksud bisa seperti penglihatan yang tidak sempurna, adanya organ tubuh yang tidak berfungsi dengan baik, dan berbagai masalah atau kondisi fisik yang tidak normal yang lainnya. Oleh karena itu, jangan anggap sepele terhadap masalah gigi tersebut ya sobat, karena sangat berpengaruh terhadap kondisi kandungan anda.

Nah sobat semua, hendaknya anda memperhatikan hal –  hal yang sudah penulis utarakan pada postingan diatas agar tidak terjadi masalah pada janin dalam kandungan anda nantinya. Berikut ini tips untuk merawat gigi pada saat anda menjalani masa kehamilan agar kondisi gigi anda tetap sehat dan juga janin dalam kandungan anda. Berikut ulasannya untuk anda.

  • Gosoklah gigi anda minimal 2 kali dalam sehari dengan menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu yang lembut. Hindari menggosok gigi dengan kerasa, karena pada saat hamil kondisi gusi akan lebih sensitif sehingga rentan akan peradangan yang tidak jarang membuat gusi berdarah.
  • Gunakan benag gigi dan juga berkumurlah dengan menggunakan obat kumur antibakteri , namun pastikan obat kumur tersebut tidak mengandung alkohol.
  • Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah dan sayur segar, agar kondisi gigi dan dan mulut anda tetap terjaga.
  • Konsumsi pula makanan yang mengandung vitamin B12 yang bisa memperkuat gusi sehingga akan mengurangi terjadinya peradangan pada gigi anda.
  • Rajin periksa kedokter gigi agar dokter bisa memantau kesehatan gigi anda dengan baik

Demikianlah ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda. Hendaknya setelah membaca ulasan diatas anda bisa mengerti akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut bagi kesehatan anda. Salam hangat

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi