Sponsors Link

Dampak Buruk Kebiasaan Menggigit Kuku terhadap Kesehatan Gigi

Sponsors Link

Setiap orang pasti memiliki sebuah kebiasaan. Enath itu kebiasaan baik atau  buruk. Meski tahu akan berakibat buruk, nyatanya banyak orang yang merasa sangat sulit untuk menghentikannya. Menunda pekerjaan, kurang minum air mineral, menghabiskan waktu di media sosial, dan bangun siang menjadi kebiasaan paling umum yang banyak dilakukan.

ads

Tapi, tahukah kamu bahwa 20-30% orang bahkan memiliki kebiasaan menggigit kuku setiap saat? Padahal terdapat Beberapa bahaya yang bisa timbul akibat terlalu sering menggigit kuku diantaranya ialah :

1. Infeksi Ragi

Anda mungkin  rajin mencuci tangan sehingga anda merasa tangan anda sudah bersih. Tapi apakah anda yakin bahwa tangan anda sudah  bebas dari bakteri? Bagian bawah kuku yang tidak dibersihkan dapat disinggahi oleh kuman, 2 kali lebih banyak dari telapak tangan. Nah, bakteri bisa masuk dan menyebar dari kuku ke dalam mulut anda. Belum lagi dengan jari yang basah oleh air liur, hal itu dapat mengakibatkan infeksi ragi di kuku dan herpes mulut yang dapat anda ketahui dengan cara mengetahui tanda gigi infeksi tanpa ke dokter gigi.

2. Paronychia

Mungkin anda menganggap aktivitas menggigit kuku biasa saja. kenyataannya, kebiasaan ini dapat mengakibatkan infeksi yang disebut paronychia. Penyebab paronychia adalah pecahnya jaringan pelindung yang membatasi kuku dan lipatan kuku. Nah, kuman dan organisme lain bisa masuk ke dalamnya, dan terjadilah infeksi. Paronychia ditandai dengan nyeri, rasa sakit, dan jari bengkak dan infeksi tersebut juga dapat menular ke gigi seperti menyebabkan peradangan pada gigi dan gusi.

3. Kerusakan Gigi dan Gusi

Kesehatan gigi dan mulut sangat memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kenapa? Karena gigi dan mulut merupakan sistem pencernaan pertama, sebelum gizi makanan dicerna dan diserap oleh tubuh. Jadi, jangan pernah sepelekan kesehatan mulut anda! Kebiasaan menggigiti kuku, dapat berisiko terkena gingtivitis kronis dan rusaknya gigi.

Aktivitas buruk ini dapat berakibat gigi depan mudah retak, aus, bahkan pecah! Onychophagia bisa menyebabkan resorpsi akar (akar gigi memendek). Jika dibiarkan, dapat berlanjut dan mengakibatkan gigi rontok. Gusi pun tidak lepas dari risiko terluka dan timbul tanda gusi tidak sehat, sehingga berakibat bengkak dan infeksi.

4. Diare

Saat anda menggigit kuku yang kotor, sangat mungkin bakteri E-Coli yang bersarang di dalamnya tertelan. Akibatnya anda bisa saja terserang  mual – mual dan diare. Sedangkan diare dapat menyebabkan mulut kering (xerostomia) yang juga berbahaya untuk gigi.

5. Turunnya Daya Tahan Tubuh

Riset ilmiah menemukan bahwa sekitar 20 hingga 30 persen dari pelaku Onychophagia, kekebalan tubuhnya lebih rendah daripada orang sehat. Hal ini mungkin juga terkait dengan kondisi psikis seseorang, seperti stres ataupun depresi. Seperti anda tahu, stres menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan menyebabkan dampak stres terhadap kesehatan gigi.

6. Influenza

Kebiasaan menggigit kuku bisa mengakibatkan kita menjadi rentan terkena penyakit flu, jika tangan kita dalam kondisi kotor. Virus influenza mudah menyebar, terutama di cuaca yang tidak menentu sehingga flu tersebut dapat menyebabkan perubahan pada air liur dan penyakit gigi.

Sponsors Link

7. Merusak Penampilan Gigi

Bentuk kuku akibat Onychophagia, dapat berubah menjadi buruk. Bentuk ini dapat bersifat sementara maupun permanen serta menyebabkan bentuk gigi menjadi rusak dan karena kebiasaan buruk tersebut yakni gigi menjadi terkikis karena sering tertekan oleh kuku.

8. Merusak Bantalan Kuku

Selain membuat kamu lebih rentan terhadap infeksi kuku, menggigit kuku juga bisa menyebabkan kerusakan parah pada bantalan kuku, kutikula serta kulit di sekitarnya. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Plastic Surgery melaporkan bahwa kelainan kuku dapat disebabkan oleh kebiasaan bawah sadar seperti menggigit kuku dan juga mencungkil benda dengan menggunakan kuku sehingga beresiko mencungkil gigi dengan kuku seperti saat sedang selilitan yang kuku tidak selalu dalam kondisi bersih.

ads

Kebiasaan ini menyebabkan elevasi kuku pada bagian distal dan menghancurkan perlindungan yang ditawarkan oleh hyponychium pada ujung distal. Menggigit kuku yang kronis juga bisa menyebabkan pemendekan kuku yang tak terhindarkan dan menyebabkan kebiasan buruk penyebab gigi berubah posisi.

Tapi, anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu anda untuk menghilangkan kebiasaan tersebut secara perlahan. Mungkin hasilnya tidak akan langsung terlihat, tetapi paling tidak bisa berkurang sedikit demi sedikit. Adapun tips untuk mematahkan kebiasaan menggigit kuku tersebut, antara lain:

  • Memotong Kuku Sependek Mungkin

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah tidak membiarkan kuku anda tumbuh terlalu panjang. Anda harus memotongnya pendek agar pada saat ingin menggigitnya, gigi anda kesulitan untuk meraih kuku tersebut, karena terlalu pendek. Dengan begitu anda akan malas untuk menggigitnya lagi karena kepuasaan yang didapat tidak seperti yang biasanya.

  • Lindungi Kuku Dengan Cat Kuku

Langkah kedua adalah dengan mengecat kuku menggunakan cat kuku. Biasanya cat kuku memiliki rasa yang pahit. Rasa yang mengerikan dan tidak enak. Hal  tersebut akan membuat anda berpikir dua kali sebelum akhirnya menggigit kuku tersebut.

  • Melakukan Perawatan di Salon

Sekali-sekali tidak ada salahnya juga anda melakukan perawatan kuku di salon.  Menghabiskan uang dan waktu di salon kuku akan pastinya akan memberikan anda tampilan kuku yang bagus dan indah. Kalau sudah begitu, maka akan ada alasan untuk mempertahankannya agar tetap cantik dan menawan seperti itu. Anda tidak akan tega merusaknya. Jika sudah begitu, maka anda bisa menghentikan keinginan anda untuk menggigit kuku.

  • Memakai Sarung Tangan

Mungkin cara ini agak terdengar konyol, tapi jika anda tidak bisa menjangkau kuku anda, maka anda tidak akan bisa menggigitnya. Jika sarung tangan tidak sesuai dengan aktivitas harian anda, maka anda bisa mencari stiker yang memang  dibuat untuk menutupi kuku, karena cara ini bisa memberikan efek yang sama.

  • Jaga Agar tangan atau Mulut Anda Tidak Bertemu

Yang dimaksud dengan menjaga agar tangan dan mulut anda tidak bertemu adalah menghindari agar gigi anda tidak jelalatan menggigiti kuku anda.

Meskiupun menggigit kuku dianggap sebuah kebiasaan yang sepele, tapi nyatanya banyak sekali yah dampak buruknya. Nah mulai sekarang pelan pelan ubah lah kebiasaan tersebut. Demikian yang dapat penulis sampaikan. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi