Sponsors Link

3 Dampak Osteoporosis pada Kesehatan Gigi

Sponsors Link

Masih membahas seputar kesehatan gigi dan mulut ya sobat. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, gigi ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi kesehatan. Salah satu fungsi yang cukup vital dari fungsi gigi tersebut adalah sebagai komponen  yang berperan penting dalam pengolahan makanan yang anda masukkan dalam mulut anda.

ads

Tanpa adanya komponen yang satu ini, tentunya anda tidak akan bisa mengolah makanan sehingga bertekstur halus sebelum nantinya akan di proses ke sistem pencernaan yang selanjutnya sebab itu disarankan melakukan manfaat mengunyah makanan lebih lama pada gigi. Namun dengan adanya piranti yang satu ini maka tidak akan tejadi kendala pada sistem pencernaan itu nantinya.

Berbicara mengenai kesehatan gigi, tentunya hal ini akan menjadi sorotan utama pada kita ya sobat, tentunya karena adanya funsgi –  fungsi yang penting tersebut, maka sebaiknya jangan sampai terdapat masalah pada gigi tersebut.

Namun ada hal yang harus anda perhatikan sobat, yakni masalah yang terdapat pada gigi tenyata tidak hanya diakibatkan oleh penyakit atau masalah gigi tersebut saja, namun fakta lain adalah bahwasanya osteoporosis seperti pengeroposan tulang rahang juga bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan anda. Untuk ulasan selengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, osteoporosis merupakan salah satu kondisi kesehatan yang langsung berhubungan langsung dengan kondisi atau kesehatan tulang, dimana apabila terjadi masalah seperti ini pada tulang maka akan menyebabkan kerapuhan pada tukang itu sendiri, sehingga berpotensi tinggi untuk terjadinya patah tulang.

Nah sobat, sebagai informasi buat anda bahwasanya gigi ini merupakan salah satu bagian dari tulang yang langsung menempel pada gusi anda, oleh karena itu osteoporosis ini tentunya akan berberngaruh secara langsung terhadap gigi seseorang terlebih pada penderita penyakit abses gigi. Namun untuk ulasan selanjutnya, berikut  ini penulis akan menyajikan ulasan kepada anda mengenai Dampak Osteoporosis pada Kesehatan Gigi. Berikut ulasannnya untuk anda.

1. Osteoporosis Dapat Mengakibatkan Gigi Tanggal

Dampak yang pertama adalah bahwasanya osteoporosis bisa menyebabkan gigi tanggal dari gusinya. Hal ini tentu saja bisa terjadi ya sobat, karena seperti yang sudah penulis sajikan pada ulasan diatas , bahwasanya gigi tersebut juga merupakan salah satu jenis tulang yang memang langsung menempel pada gusi anda sebab itu jika ada masalah dapat segera diatasi dengan produk perekat gigi tiruan.

Oleh karena hal tersebutlah apabla terjadi osteoporosis pada tulang anda, tentunya hal tersebut juga akan berpotensi membuat gigi anda tanggal dari gusinya. Hal ini sama seperti tulang yang akan bisa berpotensi patah apabila memang terjadi masalah tulang tersebut, yakni osteoporosis. Untuk itu sobat, perhatikan kesehatan tulang anda ya, agar tidak terjadi masalah nantinya.

Sponsors Link

2. Osteoporosis Berpengaruh Pada Rongaa Mulut

Dampak yang kedua adalah bahwasanya osteoporosis ini bisa menyebabkan rongga mulut anda menjadi longgar. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, rongga mulut ini merupakan bagian yang tidak terlepas dari gigi, oleh karena itu sobat, osteoporosis ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi anda. Seseorang yang mengalami

osteoporosis akan memiliki kecenderungan akan memiliki gigi yang mudah goyang yang dikarenakan rongga mulut tersebut longgar. Tingkat kepadatan tulang yang rendah pada tulang rahang yang diakibatkan oleh osteoporosis tersebut sangat mempengaruhi kesehatan gigi anda juga tentunya dimana memang itulah sebab susunan gigi mempengaruhi bentuk wajah.

ads

3. Osteoporosis Membuat Gigi Keropos

Dampak yang ketiga adalah bahwasanya osteoporosis ini bisa mengakibatkan gigi anda keropos. Karena gigi merupakan sejenis tulang yang menempel pada gusi anda. Apabila terdapat masalah pada tulang ini, tentunya hal tersebut juga akan berpengaruh pada kesejhatan gigi anda. Salah satunya adalah bisa membuat gigi anda menjadi keropos.

Hal ini diakibtkan oleh gigi atau yang disebut tulang tersebut, kekurangan kalsium sehingga akan mengalami penurunan fungsi yang dikaibatkan oleh pengikisan pada tulang rahang gigi anda dan akan berlanjut kepada gigi anda nantinya.Jika dibiarkan terlalu lama sobat, maka hal ini akan mengakibatkan periodontal atau infeksi bakteri kronis pada gusi dan tulang pendukung lainnya. Hal inilah yang mempengaruhi gigi tersebut menjadi lebih mudah keropos.

Oleh karena pengaruh kesehatan tulang tersebut sangat berpengaruh terhadap gigi, nah sobat sebaiknya anda juga harus memperhatiakn kesehatan tulang anda sejak dini. Berikut ini tips buat anda mengenai cara merawat tulang agar tetap kuat.

  • Penuhi Kecukupan Kalsium Anda

Yang pertama adalah dengan mencukupi kebutuhan kalsium anda. Adapun kalsium dan mineral merupakan salah satu hal yang penting untuk mendukung kesehatan dan kekuatan tulang anda. Pada umumnya, orang dewasa usia 19 sampai dengan 50 tahun

disarankan untuk mengonsumsi 1000 mg kalsium per harinya. Sedangkan pada wanita yang sudah menopause dna pria diatas usia 70 tahun memerlukan 1200 mg kalsium setiap  harinya. Hal ini perlu anda lakukan ya sobat, mengingat keseahatan tulang ini sangat penting bagi anda.

  • Penuhi Kadar Vitamin D Anda

Yang kedua adalah anda harus memperhatikan kecukpan kadar vitamin D pada tubuh anda. Tubuh dapat menyerap kalsium dengan bantuan vitamin D. Bersamaan dengan kalsium, vitamin ini juga berfungsi menyusun struktur tulang dan menjaganya tetap sehat serta kuat. Vitamin ini juga dapat dibuat secara alami oleh tubuh saat kulit terpapar sinar matahari.

Oleh karena itu sobat, cobalah untuk memperbanyak waktu terpapar matahari dari sekarang. Pasalnya penuaan menjadikan tubuh kurnag efektif memproduksi vitamin tulang ini. Namun hindari paparan matahari secara langsung dari jam 10 pagi hingga jam 2 siang. Sumber makanan yang mengandung vitamin D adalah pada ikan tuna, sarden, kuning telur. Perbanyaklah konsumsi makanan ini ya sobat.

  • Mengurangi Asupan Garam

Yang ketiga adalah anda harus mengurangi asupan garam pada makanan yang anda konsumsi. Mengonsumsi makanan yang mengandung makanan yang mengandung vitamin D, maka secara langsung anda sudah menjaga kesehatan tulang anda.

Sponsors Link

Karena pada dasarnya, mengonsumsi makanan yang mengandung sodium terlalu banyak akan mengakibatkan berkurangnya kalsium pada tulang anda. Demikianlah ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Terima kasih buat anda yang sudah membaca dan berkunjung ke artikel ini. Sampai jumpa, salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi