Sponsors Link

Dampak Melakukan Pembersihan Karang Gigi Secara Mandiri

Sponsors Link

Cara menghilangkan karang gigi secara mandiri merupakan salah satu solusi bagi anda yang enggan atau bahkan merasa takut untuk pergi ke dokter gigi karena takut dengan alat dokter gigi. Akan tetapi bagaimana cara menghilangkan karang gigi secara mandiri tanpa harus pergi ke dokter?

ads

Apakah aman untuk dilakukan secara mandiri di rumah? Sebelum anda mengetahui bagaimana cara menghilangkan karang gigi secara mandiri tanpa harus pergi ke spesialisasi dokter gigi, ada baiknya anda mengetahui apa itu yang dimaksud dengan karang gigi.

Karang gigi atau yang sering disebut dengan kalkulus gigi, merupakan plak yang mengeras pada gigi. Karang gigi juga bisa terbentuk dari bawah gusi dan bisa iritasi pada gusi. Karang gigi memberikan plak area yang luas untuk berkembang dan menyebabkan penyakit yang lebih serius lagi seperti radang gusi dan impaksi gigi.

Tidak hanya mengancam kesehatan anda, karang gigi juga akan membuat anda tidak percaya diri atau pede. Karang gigi juga akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan juga akan membuat gigi terlihat kuning. Akan menjadi masalah serius jika anda berbicara dengan orang lain, anda harus menutup mulut atau bau mulut akan membuat lawan bicara kita merasa tidak nyaman saat berbicara dengan anda karena bau mulut yang tidak sedap.

Bolehkan Membersihkan Karang Gigi Secara Mandiri?

Cara menangani karang gigi harus melalui perawatan oleh dokter gigi dengan tipe prosedur kosmetik dalam kedokteran gigi, karena tidak bisa dilakukan sendiri secara sembarangan oleh pasien. Pembersihan karang gigi harus mengikuti anatominya gigi, gerakan alat untuk membersihkan karang gigi pun tidak boleh sembarangan. Jika dilakukan tidak sesuai dengan prosedur atau membersihkannya secara mandiri akan

Dokter gigi akan meggunakan alat khusus untuk membersihkan karang gigi, yaitu scaler. Ada 3 macam scaler, yaitu menual, supersonik, dan ultrasonik, karena lebih cepat, mudah, dan meminimalisasi rasa nyeri saat pembersihan karang gigi.

Banyak orang awam berpendapat bahwa karang gigi dapat dihilangkan sendiri melalui penggunaan cengkeh, biji asam kawak, dan sebagainya. Semua cara ini kurang tepat, karena bahan tersebut bukan untuk menghilangkan karang gigi namun hanya untuk sebagai antiseptik dalam rongga mulut.

Cara Mengurangi Dampak

Cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan mengubah atau memperbaiki pola hidup. Berikut adalah beberapa cara agar karang gigi anda tidak semakin parah :

  • Rajin menggosok gigi

Anda pasti sudah tahu bahwa memang dianjurkan untuk menyikat gigi 2 kali dalam sehari. Namun tidak hanya 2 kali sehari saja, anda dianjurkan pula untuk menyikat gigi selama 2 menit. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua gigi anda telah tersikat dengan rata.

  • Menggunakan pasta gigi dengan flouride

Agar gigi anda bersih dari sisa-sisa makanan secara sempurna, anda dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Flouride mampu mencegah plak untuk berkembang. Tidak hanya flouride, anda dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan dari bahan tersebut akan menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.

Sponsors Link

  • Flossing

Flossing adalah membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Tidak sembara benang tentu saja benang dengan jenis khusus yang diperuntukan untuk membersihkan gigi. Dengan menggunakan benang, maka plak yang berada di sela-sela gigi dapat terjangkau dengan mudah.

  • Menggunakan mouthwash

Cara membersihkan gigi selanjutnya agar lebih efektif adalah dengan menggunakan mouthwash. Hal ini dapat dilakukan untuk proteksi tambahan dan cara menghilangkan ekstra setelah menyikat gigi dengan pasta gigi flouride dan flossing.

  • Tidak makan sembarangan

Hal lainnya yang dapat dilakukan agar tidak memperparah karang gigi atau untuk mencegah timbulnya karang gigi. Bakteri yang dimulut tentu saja berasal dari makanan yang masuk kedalam mulut kita. Terutama ketika kita mengkonsumsi makanan manis dan betepung, kita justru memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak. Ketika bakteri bertemu makanan manis dan bertepung, mereka akan mengeluarkan zat asam.

ads
  • Hindari atau kurangi aktivitas merokok

Anda pasti sudah paham bahaya merokok. Salin dapat memicu penyakit mamatikan, zat-zat yang berbahaya yang berada dalam rokok dapat menimbulkan karang gigi yang sangat sulit untuk dibersihkan jika dibandingkan dengan karang gigi yang dihasilkan leh sisa-sisa makanan yang kita makan.

Kini anda sudah mengetahui cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan mengubah atau memperbaiki pola hidup. Apakah anda merasa cukup puas? Belum? Saya akan menyajikan pula bagaiaman cara menhilangkan karang gigi secara alami.

Cara Menghilangkan tanpa Resiko

Ada beberapa bahan yang bisa ditemukan disekitar anda yang bisa anda gunkan sebagai pembersih karang gigi secara alami. Berikut cara menghilangkan karang gigi yang alami. Berikut cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan bahan-bahan alami :

  • Baking soda

Cara menghilangkan karang gigi kuning dengan baking soda adalah dengan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking soda dapat menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras. Anda cukup mengambil 1 sendok makan baking soda lalu tambahkan sejumput garam dan aduk hingga rata. Kemudian anda tinggal mencelupkan sikat gigi yang sebelumnya telah dibasahi dengan campuran ini. Sikat gigi sperti biasa selama 2 menit lalu kumur. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

  • Menggunakan kulit jeruk

Cara sedrhana ini dapat menghilangkan karang gigi secara tradisional, lamai, dan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Jeruk merupakan buah yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi.

Sebelum anda menggunakan kulit jeruk, bersihkan terlebih dahulu kulit jeruknya. Lalu gosokan langsung pada gigi. Gosok sampai rata. Jangan langsung berkumur, biarkan semalaman. Esok harinya baru berkumur. Lakukan setiap hari menjelang tidur untuk hasil yang maksimal.

  • Mengkonsumsi buah dan sayuran

Semua orang pastisudah mengetahui bahwa buah dan sayuran memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, demikian pula untuk mulut. Dengan mengunyah buah dan sayur secara rutin, anda dapat menghilangkan karang gigi, apalagi apel, melon, wortel, dan seledri. Selain untuk menghilangkan karang gigi, bau mulut yang tidak sedap  juga dapat teratasi.

Cukup sudah informasi dari saya tentang campak pembersihan karang gigi secara mandiri, smoga dapat bermanfaat dan berguna bagi semua. Dan ajarkan menjaga kesehatan gigi sejak dini. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi