Sponsors Link

Dampak Sisa Makanan Bersarang di Gigi yang Tidak Diketahui

Sponsors Link

Hello sobat semua yang terkasih, kemnbali lagi bertemu nih sobat dengan penulis yang selalu memberikan ulasan yang menarik buat sobat semua mengenai berbagai hal yang tentunya bisa memberikan tambahan informasi dan wawasan buat anda.

ads

Tidak jauh berbeda dari ulasan yang sebelumnya sobat, pada postigan kali ini kita masih akan membahas mengenai gigi. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, gigi ini sangat penting dan memiliki peranan khusus bagi sistem pencernaan dalam tubuh kita.

Oleh karena pentingnya fungsi dan peranan gigi tersebut sobat, maka  kita sebagai pemiliknya harus menjaga dan merawat kebersihan gigi tersebut secara teratur dengan cara memanfaatkan pengaruh positif sinar matahari pagi bagi gigi. Selain sebagai alat atau piranti yang berkaitan erat dengan sistem pencernaan, gigi ini juga memiliki peran penting untuk membuat senyum yang akan terukir di wajah anda,

lebih menarik dan juga tentunya menawan. Nah sobat sebaiknya mulai sekarang jagalah kesehatan dan kebersihan gigi anda secara rutin ya. Oke sobat semua yang terkasih, adapun materi atau pembahasan yang akan kita ulas pada postingan kali ini yakni mengenai Dampak Sisa Makanan Bersarang di Gigi yang Tidak Diketahui.

Biar anda tau dan mengerti akan hal tersebut sobat, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini agar anda bisa merawat kesehatan gigi tersebut sejak dini dan menjauhi gangguan makan yang dapat merusak gigi. Oke sobat, untuk informasi selengkapnya langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out!

Sisa makanan yang terdapat apda sela gigi atau pada bagian mulut secara umum tentunya akan memiliki beberapa dampak buruk yang selama ini tidak kita jetahui sobat. Oleh karena dampak buruk tersebutlah maka kita diwajibkan untuk menyikat gigi minjmal 2 kali dalam sehari dan bagi pengguna behel dapat menggunakan sikat gigi interdental untuk pemakai behel gigi. Nah berikut ini dampak buruk yang diakibatkan oleh sisa makanan yang bersarang tersebut.

1. Menyebabkan Bau Mulut

Dampak yang pertama adalah menyebabkan bau mulut. Dampak yang satu ini sudah tidak usah ditanya ya sobat, karena kita semua tentunya pernah merasakan atau mengalami hal yang satu ini, namun bisa diatasi dengan cara benar membersihkan lidah agar bebas bau mulut. Bau mulut tersebut bersumber dari bau makanan yang membusuk atau bersarang di gigi anda yang tidak bisa terjangkau oleh sikat gigi pada umumnya.

Sisa makanan tersebut tentunya akan dihampiri oleh berbagai bakteri dalam mulut anda, sehingga sisa makanan tersebut berubah menjadi busuk. Nah dari sisa makanan busuk tersebutlah akan bersumber dari nafas yang tidak sedap tersebut. Apalagi anda sedang berbicara dengan lawan bicara anda, tentunya akan menimbulkan ketidak nyamana bagi lawn bicara anda begitupun untuk anda.

2. Menyebabkan Gusi Infeksi

Dampak yang kedua adalah dapat menyebabakan gusi anda menjadi infeksi. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, tentunya gigi dan gusi merupakan dua hal yang tidak terpisahakan dan jika ada masalah harus diatasi dengan embrace. Oleh karena itu, pada saat terjadi masalah pada gigi tentunya juga akan berpengaruh terhadap gusi anda. Begitupun pada saat terdapat sisa makanan pada gigi anda,

Sponsors Link

maka tentunya sisa makanan tersebut akna berubah menjadi busuka yang disebabkan oleh bakteri yang menghampirinya. Pada saat seperti ini, maka gusi anda juga akan kena imbasnya sobat, yang mana dampak dari sisa makanan busuk tersbebut akan menempel pada gusi anda sehingga menyebabkan gusi anda bermasalah. Pada umumnya gejala yang timbul adalah seperti gusi membengkak, gusi berdarah bahkan gusi akan mengalami peradangan.

3. Menyebabkan Karang Gigi

Dampak yang ketiga adalah bisa menyebabkan timbulnya karang gigi. Karang gigi tersebut pada umumnya muncul pada saat terdapat abnyak kotoran atau sisa makanan pada gigi anda dalam waktu yang cukup lama dan tak kunjung dibersihkan.

Sisa makanan tersebut lama –   kelamaan akan menempel secara erat di gigi anda. Apabila hal ini terus menerus dibiarkan sobat, maka hal ini akan berdampak pada perumbuhan dan perkembangan karang gigi tersebut semakin banuak lagi. Jika hal ini terjadi, maka gigi anda akan berpotensi mengalami gigi keropos atau patah karena seyogianya karang tersebut adalah bagian dari kotoran gigi yang bisa merusak gigi anda secara permanen.

ads

4. Membuat Gigi Berlubang

Dampak yang keemapt adalah bisa membuat gigi anda berlubang. Kasus yang satu ini tentunya tidak usah dipertanyakan lag ya sobat, karena seperti yang kita ketahui bersama,  gangguan atau masalah pada gigi anda berawal dari anda yang sering mengabaikan sikat gigi.

Nah sobat, apabila hal tersbeut terjadi dalam waktu yang lama, maka bakteri akan menggerogoti bagian gigi anda sehingga lama –  kelamaan akan berpotensi pada gigi berlubang. Memang awalnya sobat, lubang tersebut adalah lubang yang kecil bahkan tidak kasat mata.

Namun meski demikian, lubang tersebut akan berubah menjadi lubang yang besar yang bisa membuat gigi anda bolong secara permanen. Jiak sudah dalam kondisi seperti ini, maka gigi tersebut tidak akan bisa dikembalikan ke posisi yang semula. Namun apabila anda ingin melakuakn penambalan haruslah dengan bantuan medis. Untuk itu sobat rajinlah sikat gigi ya.

5. Menimbulkan Kista Gusi

Dampak yang kelima adalah dampak yang sangat berbahaya yakni bisa menimbulkan tumnuahnya kista pada gusi anda. Sering kali sisa makanan yang ada di dalam gigi kita kita biarkan begitu saja membusuk pada gigi tersebut, namun hal penting yang harus anda ketahui sobat yakni hal tersebut bisa mengakibatkan tumbuhnya kista gigi pada bagian gusi gigi anda.

Pada umumnya, kista tersebut akan tumbuh pada bagian ujung  gigi yang saraf nya sudah tidak berfungsi. Adapun jenis kita yang sering dijumpai adalah kista periaprikal.  Jiak sudah terjadi seperti ini  maka anda harus melakukan proses X- ray agar bisa diangkat kista tersebut.

Tips buat anda nih sobat untuk menghilangkan sisa  makaan gigi anda khususnya di sela –   sela, anda bisa menggunakan flossing gigi atau benang gigi untuk membersihkan kotoran yang tidak terjangkau sikat gigi tersebut. Selain efektif cara ini juga tidak akan melukai gusi anda.

Demikianlah ulasan  yang bisa penulis share buat sobat semua pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bermanfaat buat anda. Salam hangat selalu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini