Sponsors Link

5 Dampak Stres Terhadap Kesehatan Gigi Paling Lengkap

Sponsors Link

Hello sobat semua, masih setia dengan penulis ya sobat untuk selalu membaca ulasan – ulasan menarik yang sudah penulis siapkan dalam artikel yang tentunya lebih menarik dan juga bisa menambah infomasi serta wawasan buat sobat semua.

ads

Tidak jauh berbeda dengan artikel sebelumnya mengenai kesehatan gigi seperti manfaat minum air putih cukup bagi kesehatan gigi, pada kesempatan kali ini, penulis masih akan memberikan ulasan dalam artikel yang berhubungan dengan kesehatan gigi anda. Gigi merupakan komponen yang sangat penting peranannya bagi sistem pencernaan kita, tanpa adanya gigi ini tetunya sobat semua akan mengalami banyak kendala dalam hal sistem pencernaan anda. Setuju ya sobat.

Oleh karena pentingnya peranan gigi tersebut, maka pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan ulasan pada sobat semua mengenai dampak stress terhadap kesehatan gigi anda. Mungkin sebelumnya anda belum terlalu paham akan dampak stres tersebut serta pengaruhya pada gigi anda ya sobat.

Untuk itu bagi sobat semua yang memang sering mengalami stress ada baiknya menyimak ulasan berikut ini agar anda tahu akibat atau dampaknya terhadap kesehatan gigi anda. Yuk sobat, mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Jika berbicara mengenai stres kemungikan sobat semua sudah pernah mengalaminya ya sobat, namun ada hal yang perlu anda ketahui dibalik stres tersebut sobat. Hal yang perlu anda ketahui adalah bahwasanya stres tersebut berpengaruh terhadap kesehatan gigi anda.

Mungkin sobat semua selama ini tidak terlalu tahu akan dampak dari stress tersebut bagi kesehatn gigi anda. Untuk itu sobat, mari kita simak ulasan berikut ini agar anda bisa mengurangi  stres ya sobat. Berikut ulasannya untuk anda.

1. Merusak Ujung – Ujung Gigi

Dampak stres terhadap kesehatan gigi yang pertama adalah merusak ujung – ujung gigi. Mungkin selama ini anda tidak terlalu memperhatikan bahwasanya pada saat anda mengalami stres, anda cenderung akan mengerat atau menggiling gigi anda. Nah sobat semua, pada saat anda mengerat gigi anda tersebut sebenarnya anda dengan sengaja menekan ujung gigi anda dengan kuat sehingga akan berpotensi membuat ujung gigi anda akan bergerigi atau rusak.

Selain itu, akibat anda mengerat gigi anda tersebut juga akan berperngaruh pada kondisi enamel gigi anda tersebut, salah satunya adalah akan menimbulkan gigi retak dan ngilu secara kasat mata dilapisan enamel gigi anda. Nah apabila anda terus menerus melakukan pengeratan terhadap gigi tersebut, akan menungkinkan gigi anda akan patah atau rapuh. Nah sobat semua, untuk itu sebaiknya anda menghindari stres dalam hidup anda ya agar tidak bermasalah pada gigi anda nanitnya.

Sponsors Link

2. Membuat Gusi Bermasalah

Dampak stres terhadap kesehatan gigi yang kedua adalah membuat gusi anda bermasalah seperti halnya gusi sering berdarah dan bau mulut.  Seperti keadaan orang stres pada umumnya, biasanya mereka akan cenderung menyiksa diri mereka secara tidak langsung namun mereka sadar sebetulnya akan hal tersebut memberikan dampak yang negatif bagi kesehatan mereka.

Salah satu hal yang sering dilakukan oleh orang yang stres adalah tidak makan atau tidak konsumsi apapun sehingga membuat mulut terutama bagian gusi mereka akan bermasalah. Salah satu masalah yang timbul bisanya gusi anda akan mengalami peradangan.

Jika gusi mengalami peradangan, tentunya hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan gigi anda nantinya karena gigi dan gusi itu seyogianya adalah satu kesatuan yang memang saling berhubungan. Jadi apabila gusi anda mengalami masalah seperti peradangan, tentunya akan bermasalah pada gigi anda juga tentunya.

ads

3. Meningkatkan Pertumbuhan Plak Pada Gigi Anda

Dampak yang ketiga yang diakibatkan oleh stres terhadap kesehatan gigi adalah akan meningkatkan pertumbuhan plak pada gigi anda. Seperti yang sudah penulis jelaskan pada artikel sebelumnya, bahwasanya gigi atau mulut kita memiliki cairan yang disebut dengan air liur yang senantiasa melindungi gigi dan mulut anda dari kekeringan.

Pada umumnya orang stres akan cenderung lebih rentan dengan berbagai penyakit, terutama pada penyakit mulut. Apabila mulut anda mengalami gangguan maka produksi air liur pun akan berkurang. Apabila air liur tersebut berkurang maka hal ini akan mengakibatkan pertumbuhan plak pada gigi anda akan cepat meningkat. Begitu besarnya manfaat air liur untuk gigi ya sobat. Meskipun aromanya kurang sedap, kenyataannya memang sangat bermanfaat.

Meningkatnya plak ini disebabkan oleh berkurangnya air liur yang berfungsi untuk melembabkan keseluruhan bagian mulut anda. Berarti disini air liur sangat berperan aktif digunakan sebagai cara menghilangkan plak pada gigi secara keseluruhan.

4. Membuat Gigi Anda Lebih Sensitif

Dampak yang keempat yang diakibatkan oleh stres terhadap kesehatan gigi adalah akan membuat gigi anda lebih sensitif bahkan menjadi gigi hipersensitif. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, apabila seseorang mengalami stres maka hal tersebut akan berpengaruh pada kesehatan gigi anda. Salah satu masalah yang bsia ditumbulkan oleh stres tersebut terhadapa kesehatan gigi anda adalah membuat gigi anda lebih sensitif.

Rasa sensitive tersebut bisa ditandai dengan mudahnya gigi anda merasa ngilu pada saat anda mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin atau terlalu manis. Nah sobat semua, untuk itu jika anda memang berada dalam posisi stres  jangan biarkan berlanjut lebih lama ya sobat karena akan berpengaruh pada kesehatan gigi anda.

5. Membuat Erosi Pada Enamel Gigi Anda

Dampak yang lainnya yang diakibatkan oleh stres terhadap kesehatn gigi anda adalah membuat erosi pada enamel gigi tersebut. Pada umumnya, orang yang mengalami stres umunya akan mengalami masalah pada sistem pencernaan dan akan berpengaruh pada asam lambungnya yang akan meningkat.

Nah sobat semua, satu hal yang perlu sobat ketahui bahwasanya pada saat yang bersamaan sama lambung tersebut bisa membangun  dan menyebabkan refluks dan senyawa yang lain yang dapat merusak atau membuat erosi pada enamel gigi anda.

Selain itu, pada saat yang bersamaan pula, kuman atau bakteri akan berkembang biak didalam mulut anda yang mengakibatkan bau mulut. Apabila anda bau mulut sudah pasti ya sobat untuk berbicara pun tentunya anda akan pikir – pikir lagi karena akan mengganggu kenyamanan lawan bicara anda.

Sponsors Link

Sekian informasi yang bisa penulis bagikan mengenai dampak stres terhadap kesehatan gigi pada kesempatan kali ini ya sobat. Terima kasih bagi sobat semua yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Sampai ketemu diartikel berikutnya, tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik buat sobat semua. Salam gigi sehat selalu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi