Sponsors Link

Dampak Vape Terhadap Kesehatan Gigi

Sponsors Link

Banyak kalangan muda pada zaman sekarang lebih memilih menggunakan rokok elektik dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Anak muda lebih menyukai rokok elektrik, karena mereka tetap bisa menikmati menghirup asap rokok akan tetapi tidak perlu khawatir terhadap dampak negative nya seperti yang terdapat pada rokok biasa atau rokok konvensional.

ads

Akan tetapi menurut para pakar kesehatan menyebutkan, bahwa pada rokok elektrik bisa berdampak buruk juga bagi kesehatan.Kesehatan apa saja yang dapat terganggu akibat rokok elektrik? Dampak kesehatan yang dapat dipengaruhi oleh rokok elektrik yaitu pada kesehatan gigi dan juga gusi.

Mengapa bisa mengganggu kesehatan pada gigi dan gusi, karena uap yang dihasilkan dari asap rokok elektrik tersebut bisa membuat mulut mengeluarkan protein anti peradangan. Dan juga bisa membuat stress pada bagian mulut yang akhirnya dapat menimbulkan masalah kesehatan mulut dan gigi.

Yang perlu anda ketahui,bahwa kandungan yang terdapat pada rokok elektrik yaitu seperti komponen pemanas,cartridge yang mempunyai fungsi untuk menyinpan cairan yang memiliki kandungan nikotin,perisa sampai senyawa kimia lainnya dan juga baterai. Cara kerja rokok elektrik yaitu dengan memanaskan cairan tersebut dan akan menjadi uap dan uap tersebut akan dinikmati para pengguna rokok elektrik.

Kebanyakan para peneliti mencari tahu tentang dampak kesehatan yang terjadi terhadap kesehatan saluran pernafasan, karena mengingat para penggunanya menghirup uap dari cairan pada rokok elektrik tersebut dan juga dalam jumlah yang banyak.

Oleh sebab itu para peneliti telah mendapati kebiasaan merokok elektrik ini bisa menyebabkan masalah pada gusi dan juga gigi. Karena perisa yang terdapat pada rokok elektrik bisa menyebabkan kerusakan terhadap sel mulut yang parah, dan juga kandungan nikotin yang ada pada cairan rokok elektrik akan memicu bermacam macam penyakit gusi yang parah yang mana sering terjadi pada perokok biasa atau konvensional. Pahami pengaruh rokok pada gigi agar anda bisa menghindari sejak dini.

Kandungan apa saja yang terdapat didalam rokok elektrik atau vape ?

Pada cairan rokok elektrik terdapat propilen glikol atau gliserin, penambah rasa dan juga nikotin.

  • Propilen glikol atau gliserin mempunyai fungsi yaitu memproduksi uap air, menurut para peneliti bahwa efek yang terjadi pada beberapa individu apabila menghisap propilen glikol atau gliserin ini bisa menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan.
  • Nikotin bisa ditemui pada konsentrasi yang berbeda-beda, dalam jumlah antara 0-100 mg/ml pada satu rokok elektrik.
  • Penambah rasa seperti vanilla, cokelat, dan juga buah-buahan yang bisa membuat para penikmat rokok elektrik ini bisa menikmati sensasi rasa di setiap hisapannya.
  • Komponen lain seperti tobacco specific nitrosamine (TSNA), yang merupakan senyawa karsinogen yang biasa ditemukan pada rokok tembakau dan juga tembakau. Dalam cairan rokok elektrik nitrosamine dalam jumlah sedikit biasa ditemukan. Apabila semakin tinggi kadar nikotin nya maka semakin tinggi pula kadar TSNA.Kandungan senyawa lainnya yang ditemukan selain TSNA yaitu, senyawa kromium, logam, timah dan juga nikel.

Berikut Jenis-Jenis Rokok Vape

Pada dasarnya ada banyak macam jenis dari rokok vape, anda bisa menemukan rokok elektrik tersebut dengan berbagai ukuran dan bentuk. Berikut jenis-jenis rokok elektrik yang perlu anda ketahui.

1. Jenis Pen

Bentuk dari vape jenis pen ini mempunyai bentuk menyerupai pulpen,dibandingkan dengan jenis vape lainnya vape jenis pen ini merupakan vape yang memiliki ukuran paling kecil. Untuk cara kerja dari vape jenis pen ini yaitu dengan memanaskan cairan vape terlebih dahulu supaya menghasilkan uap,sama seperti vape jenis yang lainnya. Untuk memanaskan vape jenis pen ini ada dua jenis elemen pemanas yang bisa anda pilih, yaitu :

  • Atomizer

Cairan vape yang mengandung nikotin ini dipanaskan dengan elemen pemanas yang disebut atomizer. Jika panas yang dihasilkan sudah mulai berkurang kualitasnya, atomizer tersebut biasanya harus diganti. Dan tentunya apabila hal tersebut terjadi maka akan membuat rasa vape menjadi tidak enak lagi. Terdapat tank yang berfungsi sebagai tempat bahan yang akan dipanaskan, letaknya dekat dengan atomizer.

  • Cartomizer

Yaitu merupakan perpaduan antara cartomizer dan juga atomizer. Komponen yang dipanaskan akan bersentuhan langsung dengan elemen pemanas dalam pengaturan ini. Vaporizer pen memerlukan baterai yang berfungsi sebagai energy, untuk memanaskan elemen pemanas tersebut. Besarnya tegangan dari baterai ini yaitu sekitar 3,7 V, dan baterai ini juga bisa diisi ulang. Tetapi ada baterai yang bisa diatur untuk tegangannya.

Untuk kekuatan baterai ini bisa mencapai 1300 mAh. Akan tetapi yang peru anda waspadai dan anda harus berhati-hati karena baterai ini sewaktu-waktu bisa meledak dan dapat membahayakan diri anda. Dan yang paling penting hindarkanlah dari jangkauan anak-anak. Pahami juga kadar merokok yang masih aman untuk gigi sebagai pengetahuan tambahan.

2. Jenis Portable

Dibandingkan dengan vaporizer jenis pen, vaporizer jenis ini mempunyai bentuk yang lebih besar. Akan tetapi vaporizer jenis portable ini bisa dimasukkan ke dalam kantung. Vaporizer jenis portable ini terdiri dari komponen elemen pemanas dan juga baterai, tidak jauh berbeda dengan vaporizer jenis pen. Untuk vaporizer jenis portable ini mempunyai rasa yang lebih baik dan juga asap yang lebih sedikit. Untuk daya tahan baterai dari vaporizer portable bisa bertahan selama 2-3 jam, bahkan bisa juga lebih.

3. Jenis Desktop

Dibandingkan dengan jenis vaporizer yang sudah disebutkan di atas tadi, jenis vaporizer desktop ini mempunyai ukuran yang paling besar, jenis vaporizer desktop ini tidak bisa dibawa kemana-mana, anda hanya bisa menggunakannya dirumah saja. Vaporizer desktop ini memerlukan permukaan yang datar sebagai tempat meletakkan vaporizer desktop tersebut. Agar dapat berfungsi dengan baik, vaporizer desktop ini memerlukan energy yang konstan.

Demikian pembahasan kali ini mengenai dampak vape terhadap kesehatan gigi. Kenali gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengikuti cara yang penulis berikan dan jangan lupa untuk konsultasi ke dokter jika diperlukan. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini