Sponsors Link

5 Dampak Vaping untuk Gigi

Sponsors Link

Vaping bisa memiliki efek negatif pada gigi dan juga kesehatan mulut secara menyeluruh. Namun banyak yang mengatakan jika dampak vaping untuk gigi lebih sedikit dibandingkan dengan merokok. Perangkat vaping dan juga e rokok menjadi semakin populer belakangan ini. Namun, apa saja sebenarnya dampak vaping untuk gigi?.

ads

Pengaruh Vaping Pada Gigi dan Gusi

Dalam penelitian baru baru ini menunjukkan jika vaping memiliki banyak efek negatif pada gigi dan gusi. Beberapa efek buruk tersebut diantaranya adalah:

1. Bakteri Berlebihan

Dalam studi tahun 2018 ditemukan jika gigi yang sudah terpapar dengan e rokok aerosol memiliki lebih banyak bakteri dibandingkan dengan yang tidak. Perbedaan ini lebih besar terlihat pada lubang dan juga celah gigi. Bakteri berlebih dikaitkan dengan kerusakan gigi, gigi berlubang dan juga penyakit gusi.

2. Mulut Kering

Beberapa carian dasar e rokok khususnya propilen glikol bisa menyebabkan mulut kering. Sedangkan kekeringan mulut kronis dikaitkan dengan sariawan, penyebab bau mulut dan juga kerusakan gigi.

3. Peradangan Gusi

Sebuah stufi tahun 2016 menunjukkan jika pegunaan e-cig bisa memicu respons inflamasi pada jaringan gusi. Radang gusi yang berlangsung nantinya akan dihubungkan dengan berbagai penyakit periodontal.

4. Iritasi Menyeluruh

Sebuah tinjauan pada tahun 2014 melaporkan jika vaping bisa menyebabkan iritasi mulut dan juga tenggorokan. Gejala gusi bisa berupa nyeri tekan, bengkak dan juga kemerahan.

5. Kematian Sel

Dari tinjauan tahun 2018, studi sel hidup dari gusi manusia menunjukkan aerosol uap bisa meningkatkan peradangan dan juga kerusakan DNA. Ini bisa menyebabkan sel kehilangan kekuatan untuk membelah dan juga tubuh sehingga bisa mempercepat penuaan sel dan menyebabkan kematian sel. Ada beberapa masalah mulut yang bisa terjadi, seperti:

  • Penyakit periodontal.
  • Kehilangan gigi.
  • Pengeroposan tulang.
  • Mulut kering.
  • Kerusakan gigi.

Tentunya, dari hasul studi in vitro tidak harus digeneralisasikan untuk kehidupan nyata sebab sel sel sudah dihilangkan dari lingkungan alaminya.

Vaping Dibandingkan Merokok

Sebuah tinjauan tahun 2-18 dari National Academy of Sciences menyimpulkan jika penelitian menunjukkan vaping memiliki risiko kesehatan mulut yang lebih sedikit dibandingkan merokok.

Namun kesimpulan tersebut hanya didasarkan pada penelitian yang terbatas. Sedangkan hingga sekarang, penelitian masih tetap berlangsung untuk melihat perubahan seiring berjalannya waktu.

Penelitian Pendukung

Sebuah studi tahun 2016 yang melibatkan pemeriksaan pada orang yang beralih dari merokok menjadi vaping ditemukan jika beralih ke vaping dikaitkan dengan peningkatkan keseluruhan dalam beberapa indikator kesehatan mulut termasuk tingkat plak pada gigi dan juga pendarahan gusi.

Sebuah studi pada tahun 2017 membandingkan 3 kelompok pria di Arab Saudi. Kelompok yang merokok, kelompok vaping dan kelompok yang tidak melakukan keduanya.

Para peneliti menemukan jika mereka yang tidak merokok akan cenderung memiliki plak yang lebih tinggi dan juga sakit gusi yang dilaporkan oleh mereka sendiri dibandingkan dengan yang vaping atau abstain sepenuhnya.

Namun yang perlu dicatat adalah jika peserta yang mulai merokok jauh sebelum peserta yang menggunakan vaping. Ini berarti orang yang merokok memiliki kadar nikotin lebih tinggi dalam jangka waktu yang lama selain banyak juga pengaruh rokok bagi kesehatan gigi dan mulut.

Sedangkan studi prospektif tahun 2018 melapokan hasil yang sama sehubungan dengan peradangan gusi di antara orang yang merokok, menggunakan vape dan juga orang yang abstain keduanya.

Para peneliti menemukan jika orang yang merokok mengalami tingkat peradangan jauh lebih tinggi sesudah pembersihan ultrasonik dibandingkan dengan orang yang menggunakan vaping atau abstain sepenuhnya.

Sponsors Link

Efek Samping

Beberapa efek samping berikut ini bisa terjadi karena vaping atau menguapkan cairan yang mengandung nikotin:

  • Akumulasi plak pada gigi.
  • Mulut kering.
  • Radang gusi.

Selain itu, menggunakan vaping yang mengandung nikotin juga bisa menyebabkan satu atau lebih efek samping sebagai berikut:

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup