Diode Laser untuk Deteksi Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan salah satu permasalahan pada gigi yang hampir dialami oleh setiap orang. Dimana ketika gigi sudah mulai berlubang maka biasanya akan sangat mudah sekali mengalami gangguan lainnya dan munculnya rasa sakit pada gigi yang tak tertahankan.

Untuk itulah sebaiknya rawat gigi anda sedini mungkin supaya terhindar dari masalah gigi berlubang yang menakutkan. Melihat banyaknya masalah gigi berlubang yang sudah fatal maka kini dunia kedokteran gigi kembali menghadirkan inovasi terbaru dengan menciptakan laser gigi berlubang.

1. Laser dalam kedokteran gigi

Hadirnya produk laser tersebut atau pengobatan gigi dengan laser bisa menjadi solusi teknologi terbaru pengganti explorer yang biasanya dipakai oleh para dokter gigi untuk mendeteksi gigi berlubang pada pasien. Biasanya explorer dipakai dengan cara meletakkan alat tersebut secara bergantian

pada gigi selama proses checkup. Jika alat tersebut menyangkut di salah satu bagian gigi pasien maka dokter gigi akan melihat lebih cermat bagian gigi tersebut untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda gigi berlubang.

2. Apa itu diode laser ?

Seiring berjalannya waktu, banyak dokter gigi yang sudah tidak menggunakan explorer dan berganti menggunakan diode laser untuk mengatasi dan menyembuhkan dilaserasi. Dimana diode laser tersebut merupakan produk canggih yang bisa membantu mendeteksi serta menghilangkan gigi berlubang.

Secara lebih jelasnya, laser gigi berlubang tersebut dapat dipakai oleh dokter gigi untuk melihat apakah terdapat kerusakan pada gigi pasien kemudian dokter gigi akan memilih apakah akan mengontrol gigi tersebut serta membandingkan tingkat kerusakan gigi tersebut dengan hasil pemeriksaan sebelumnya.

Bahkan bisa juga dokter gigi memberikan anjuran agar pasien menambal gigi yang berlubang tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan. Bagi anda yang ingin tahu lebih jauh mengenai laser gigi berlubang sebaiknya anda perlu mengetahui terlebih dahulu cara kerja alat tersebut.

3. Cara kerja diode laser

Cara kerja laser ini berhubungan dengan manfaat tambal gigi berlubang yaitu saat gigi yang sehat terekspos oleh gelombang diode laser maka gelombang tersebut tidak ditampilkan warna pada monitor sehingga yang terlihat hanyalah gelombang yang rendah. Namun jika gigi yang diperiksa tersebut

ternyata berlubang maka gelombang yang akan ditampilkan menjadi berwarna di monitor sesuai dengan tingkatan kerusakan pada gigi pasien. Bila gigi yang berlubang semakin rusak maka gelombang yang dihasilkan juga semakin tinggi dan terlihat jelas di monitor.

4. Fungsi diode laser

Perlu anda ketahui bahwa diode laser tersebut ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk  mendeteksi gigi yang berlubang saja namun juga bisa digunakan untuk mendeteksi kerusakan gigi jauh sebelum terlihat dan terdeteksi. Tetapi perlu diingat

bahwa alat ini tidak bisa menggantikan fungsi X-rays. Karena Laser ini hanya dapat mendeteksi kerusakan gigi pada permukaan gigi. Sedangkan untuk mendeteksi kerusakan di bagian tengah atau dalam gigi, maka tetap harus menggunakan X-rays.

Nah supaya gigi kalian tidak berlubang pastinya kamu harus lebih rajin lagi untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Setelah menyikat gigi, kamu juga butuh berkumur menggunakan mouthwash untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi dan area tersempit dalam rongga mulut. Semoga apa yang disampaikan bisa bermanfaat, dan jangan pernah malas untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Terimakasih.