Sponsors Link

7 Efek Berbahaya Gigi Palsu Permanen

Sponsors Link

Jika gigi tanggal dan ingin diganti, maka selain memakai macam macam gigi palsu biasa, metode lebih modern yakni gigi palsu permanen atau implan juga bisa digunakan yang lebih baik dibandingkan gigi palsu biasa dari segi estetika dan juga ketahanan. Gigi palsu permanen bisa merekonstruksi serta mengembalikan fungsi gigi pada saat hanya satu gigi yang tanggal atau sekaligus. Bagi anda yang tertarik, sebaiknya baca lebih dulu tentang manfaat dan efek berbahaya gigi palsu permanen yang akan kami berikan berikut ini.

ads

Manfaat Gigi Palsu Permanen

Manfaat pertama dari gigi palsu permanen adalah dari segi estetika di mana pemakaianya akan terlihat seperti memiliki gigi yang utuh sehingga tidak berpengaruh pada rasa percaya diri. Manfaat berikutnya adalah dari segi fungsi sebab gigi palsu ini bisa menggantikan fungsi penting dari gigi yang asli sama seperti gigi palsu parsial.

Efek Samping Gigi Palsu Permanen

Meski implan gigi palsu ini bisa memberikan banyak manfaat, namun juga ada efek berbahaya gigi palsu permanen yang harus diketahui.

Potensi risiko ketika operasi dan juga efek samping sesudah operasi harus dicermati dengan baik dan butuh perhatian khusus. Berikut ini adalah beberapa efek samping gigi palsu permanen yang mungkin saja terjadi.

1. Pendarahan di Lokasi Implan Gigi

Efek samping pertama yang mungkin terjadi karena implan gigi palsu permanen adalah pendarahan. Bahkan, efek samping ini juga ada yang terus berlanjut sampai 1 hingga 2 hari. Untuk itu, ikuti instruksi pasca operasi yang diberikan oleh dokter untuk mengatasinya yang biasanya dianjurkan untuk menggigit kain kasa apabila terjadi perdarahan.

2. Timbul Rasa Sakit Ringan Sampa Sedang

Seperti jenis operasi lainnya, anda mungkin juga akan merasakan sakit sesudah operasi implan gigi. Akan tetapi ini tidak perlu dikhawatirkan sebab biasa terjadi dan dokter juga sudah menyiapkan resep obat pereda rasa sakit untuk dikonsumsi.

3. Memar Pada Wajah

Efek samping berikutnya yang bisa terjadi sesudah implan gigi palsu adalah memar di wajah dan juga perubahan warna pada area gusi. Apabila hal ini terjadi, maka tidak perlu dikhawatirkan sebab bisa reda sesudah beberapa hari sesudah operasi jika anda mengikuti instruksi dari dokter gigi dengan baik termasuk mengkonsumsi obat yang diresepkan atau kompres dengan air es yang juga bisa dilakukan untuk obat sakit gigi saat puasa.

4. Kerusakan Saraf dan Risiko Anestetik

Kerusakan pada saraf bisa terjadi ketika dokter gigi menyuntikkan anastetik lokal. Ini juga bisa terjadi ketika pemasangan impan. Efeknya bisa saja berbahaya untuk pasien dari mulai mati rasa sampai kesulitan makan dan berbicara. Inilah mengapa sangat penting untuk memilih dokter yang benar benar kompeten dan berpengalaman untuk proses pemasangan gigi palsu permanen ini dan jauhi juga segala pantangan pengguna gigi palsu yang dianjurkan dokter.

5. Infeksi dan Peradangan

Efek samping berupa infeksi dan juga peradangan ini biasanya terjadi khususnya karena pasien tidak mengikuti prosedur pasca operasi dengan baik seperti menghabiskan antibiotik yang sudah diresepkan. Apabila infeksi terjadi, maka gusi bengkak seperti daging tumbuh di sekitar area implan bisa terjadi meski operasi sudah selesai beberapa hari yang lalu.

Akan tetapi jika pasien mengikuti semua petunjuk dari dokter, maka ini hanya akan terjadi pada minggu awal pasca operasi. Sedangkan infeksi bisa terjadi saat pasien tidak menjaga kebersihan gigi khususnya jika pasien juga menderita diabetes dan memiliki kebiasaan buruk merokok yang membuat sistem kekebalan tubuh tidak bisa melawan infeksi.

Sponsors Link

6. Penimbunan Bakteri

Jika pasien menderita gusi surut pada gigi palsu, maka bisa menyebabkan sekrup implan terlihat sehingga tidak sedap dipandang dan memungkinkan bakteri menumpuk serta berkembangbiak kemudian menyebabkan infeksi dan dalam kasus yang parah sampai membuat implan gigi palsu terlepas.

7. Alergi Titanium

Efek samping berikutnya yang mungkin saja terjadi adalah alergi titanium sebab sebagian besar bahan implan terbuat dari bahan logam titanium dan beberapa orang memiliki alergi pada logam ini.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi