Sponsors Link

6 Efek Bulimia Pada Gigi yang Fatal

Sponsors Link

Bulimia merupakan gangguan makan di mana seseorang akan makan berlebihan dalam jumlah banyak lalu memuntahkannya kembali, berpuasa atau melakukan perilaku pembersihan lain seperti memakai obat pencahar atau olahraga terlalu berlebihan agar bisa membersihkan semua kalori ekstra dari dalam tubuh. Siklus makan dan pembersihan yang konstan sulit dilakukan pada jantung, ginjal dan organ lainnya, namun ternyata efek bulimia pada gigi sangatlah merusak. Berikut akan kami jelaskan tentang efek bulimia pada gigi yang sangat penting untuk diketahui.

ads

1. Menyebabkan Kerusakan Gigi

Muntah berulang kali bisa menyebabkan kerusakan gigi yang serius. Muntah bisa beracun karena mengandung asam lambung. Asam asam tersebut akan memecah makanan di perut sehingga tubuh bisa mencerna makanan tersebut. Akan tetapi ketika di mulut, asam akan bersifat korosif, cukup mengikis enamel gigi yang menutupi dan melindungi gigi anda. Menyikat gigi terlalu keras sesudah muntah juga bisa menyebabkan kerusakan gigi.

2. Gigi Berlubang

Asam yang berasal dari muntah seringkali bisa mengikis terlalu banyak email gigi sehingga menyebabkan lubang atau rongga. Mengonsumsi terlalu banyak makanan manis serta soda juga bisa menyebabkan kerusakan gigi. Pada saat kerusakan gigi terjadi, anda mungkin akan memperhatikan jika gusi akan berdarah saat menyikat gigi. Apabila tidak mengisi rongga, maka lubang akhirnya bisa semakin besar dan anda bisa kehilangan gigi atau penyebab gigi ompong.

3. Gigi Kuning dan Rapuh

Efek bulimia pada gigi selanjutnya adalah menyebabkan gigi kuning dan rapuh. Saat erosi gigi semakin parah, maka anda akan melihat warna dan tekstur gigi yang berubah. Gigi anda mungkin akan lebih lemah dan rapuh dibandingkan biasanya. Gigi nantinya juga akan terlihat tidak rata pada bagian bawahnya. Terkadang, gigi juga akan berubah warna yakni penyebab gigi cepat kuning atau bahkan terlihat seperti kaca. Bulimia bisa mengubah bentuk dan juga panjang gigi anda.

4. Pembengkakan Kelenjar Ludah

Asam dalam muntah bisa mengiritasi kelenjar pada masing masing pipi. Kelenjar tersebut menghasilkan air liur yakni cairan yang membantu anda untuk menelan. Ini juga bisa membantu melindungi gigi anda dari kerusakan. Namun pada bulimia, anda akan melihat pembengkakan yang terjadi di sekitar rahang apabila kelenjar ludah memang terpengaruh.

Meski sebagian besar perubahan gigi dari bulimia tidak bisa disembuhkan, pembengkakan kelenjar ludah harus sembuh sesudah anda mendapatkan perwatan, berhenti makan berlebihan dan membersihkan.

5. Luka Mulut

Sama seperti asam lambung yang bisa merusak enamel gigi, asam lambung juga bisa terkena kulit di bagian atas dan sisi mulut serta merusak tenggorokan anda. Ini bisa menimbulkan luka yang sangat menyakitkan di dalam mulut dan tenggorokan. Luka bisa membengkak dan bahkan menyebabkan infeksi. Beberapa orang akan merasa tenggorokan mereka sakit terus menerus.

6. Mulut Kering

Kurangnya air liur juga bisa menyebabkan perasaan konstan juga mulut anda kering yang lebih sering disebut dengan mulut kering dan kondisi ini lebih dari sekedar gangguan kecil sebab bisa berpengaruh pada cara anda makan dengan mengubah rasa makanan. Mulut kering juga bisa menyebabkan kerusakan pada gigi sebab air liur mencuci bakteri dan menyebabkan kerusakan gigi. Mengalami kerusakan gigi tidak hanya bisa menyebabkan kerusakan gigi pada penderita bulimia semakin buruk lagi.

Sponsors Link

Beberapa orang akan merasakan rasa sakit dan kepekaan setiap kali mengkonsumsi makanan panas atau dingin penyebab gigi ngilu tiba tiba. Mereka mungkin juga merasa tidak nyaman saat menggigit es krim atau makan sesuatu yang panas seperti sup. Kerusakan pada gusi serta langit langit lunak nantinya bisa menambah rasa sakit ketika mengunyah dan menelan makanan.

Pengobatan

Solusi jangka pendek untuk memperbaiki masalah gigi akibat bulimia adalah dengan merawat kesehatan gigi. Seorang dokter nantinya bisa mengisi kembali gigi yang berlubang, memperbaiki gigi yang patah dan membantu merawat gusi. Akan tetapi untuk solusi jangka panjang adalah dengan mencari pengobatan untuk bulimia. Perbaikan gigi hanya bisa sejauh ini apabila seseorang terus memuntahkan makanan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini