Sponsors Link

Efek Gigi Bungsu Berlubang yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Peluruhan dapat terbentuk pada permukaan gigi mana pun dimana plak gigi diperbolehkan tinggal untuk waktu yang lama seperti penyebab gigi cepat rusak dan tidak kuat. Itu berarti, jika posisi gigi bungsu sedemikian rupa sehingga sulit dibersihkan (yang sering terjadi), risiko peningkatan pembentukan rongga akan meningkat. Beberapa rongga pada geraham ketiga dapat diperbaiki dengan menempatkan pengisian gigi seperti cara mencegah karang gigi. Jika lubang terbentuk, mungkin saja gigi bungsu bisa diperbaiki dengan cara mengisi, sama seperti gigi lainnya. Hal ini terutama terjadi pada kasus-kasus di mana:

ads
  • Jumlah peluruhan relatif kecil.
  • Rongga ini ditemukan di bagian gigi yang mudah dijangkau.

Tentu saja, kondisi ini tidak selalu ada. Terkadang mencopot gigi adalah solusi yang lebih baik. Dalam beberapa situasi, dokter gigi mungkin merasa bahwa mengeluarkan gigi membuat pilihan yang lebih baik daripada memulihkannya seperti penyebab gigi susu rusak parah. Perbaikan mungkin tidak mungkin dilakukan. Dalam beberapa kasus, pembusukan mungkin terletak di lokasi yang canggung sehingga dokter gigi menemukan akses mereka terhadapnya sangat terbatas, jika bukan tidak mungkin. Cukup mudah untuk membayangkan bahwa jika daerah tersebut telah sulit dibersihkan dengan sikat gigi dan benang sehingga sama tidak dapat diakses saat instrumen dokter gigi digunakan seperti gigi susu rusak parah. Jika demikian, gigi harus diekstraksi.

Prospek Jangka Panjang untuk Gigi Bungsu yang Buruk

Bahkan dalam kasus di mana penambalan bisa berhasil dilakukan, jika gigi bungsu tetap tidak dapat dipelihara secara memadai dan permukaannya tetap bebas dari plak, maka akan berisiko mengalami kerusakan berulang. Istilah “peluruhan berulang” hanya berarti bahwa rongga baru terbentuk pada aspek gigi yang berdekatan dengan pengisian yang ada. Jika begitu, berurusan dengan gigi hanya sekali menariknya bisa membuat rasa klinis dan finansial lebih baik. Jadi, untuk alasan di atas dan mungkin banyak lainnya, setelah rongga terbentuk pada gigi bungsu, mungkin saja solusi terbaik dan yang paling mudah dan murah adalah mengekstraknya seperti penyebab gigi susu rusak parah.

Gigi Bungsu Bisa Membuat Gigi-Gigi Tetangga Berisiko Berlubang

Jarak antara gigi dan tetangga hikmat ini tidak bisa dibersihkan. Geraham ketiga yang tidak sepenuhnya masuk ke dalam keselarasan normal sering kali menghasilkan jebakan untuk plak gigi dan puing di antaranya dan gigi depan berikutnya, gigi molar ke-2. Jika akumulasi yang terbentuk di jebakan ini tidak dapat dibersihkan dengan saksama, gigi bungsu hanya ditempatkan pada risiko yang jauh lebih besar untuk mengembangkan rongga tapi demikian juga molar ke-2. Skenario terburuk dalam situasi seperti ini adalah di mana bentuk busuk pada kedua gigi sedemikian besar, atau di lokasi yang tidak dapat diakses, sehingga tidak dapat diperbaiki dan akibatnya keduanya harus diekstraksi. Geraham kedua gigi yang berharga, dan bila tidak ada yang hilang, itu adalah tragedi.

Seberapa Sering Masalah dengan Kerusakan Gigi Terjadi?

Ada banyak penelitian tentang kerusakan gigi bungsu dalam beberapa tahun terakhir. Apa yang ditunjukkan penelitian? Temuan beberapa penelitian yang telah mengevaluasi gigi bungsu dan kejadian rongga terkait masalah menemukan adanya peningkatan dalam kasus kerusakan gigi bungsu tersebut.

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi