Sponsors Link

Efek Gigi Bungsu Tidak Dicabut yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Gigi bungsu adalah gigi geraham yang terakhir yang muncul saat usia 18-24 tahun. Pernah tidak anda punya gigi bungsu yang tidak dicabut ?. Jika anda salah satu diantara mereka anda perlu tahu ada beberapa orang memiliki alasan tertentu yang membuat mereka untuk tidak mencabut gigi bungsu mereka. Misalnya gigi bungsu susu anda tidak mengalami goyang sehingga gigi bungsu tidak perlu dicabut.

ads

Kemudian ada yang beralasan anda takut untuk pergi ke dokter gigi padahal gigi bungsu anda perlu dilakukan pencabutan gigi bungsu. Banyaknya kemungkinan yang terjadi dari setiap orang untuk tidak memutuskan mencabut gigi bungsu mereka. Tapi pasti ada terbesit dibenak anda, apakah ada efek gigi bungsu tidak dicabut ?. Baca beberapa artikel kesehatan gigi, tapi masih belum banyak yang bahas. Ingin konsultasi sama dokter tapi repot. Kalau anda masih bingung, ini dia, ada beberapa kemungkinan efek gigi bungsu tidak dicabut oleh anda.

1. Bentuk Gigi Tidak Normal

Bentuk gigi bungsu tidak normal bisa jadi karena faktor ruang tumbuh gigi, kondisi rahang, impaksi gigi sehingga gigi bungsu yang seharusnya bisa tumbuh dengan kondisi yang normal. efek gigi bungsu tidak dicabut adalah gigi bungsu bisa tumbuh tidak lurus, tidak rata sehingga menyebabkan gigi bungsu mengalami pertumbuhan yang normal. Oleh karena itu sebelum anda memutuskan untuk mencabut gigi bungsu, ada baiknya anda mengetahui kondisi gigi anda melaui rongten gigi dan konsultasi ke dokter gigi supaya pertumbuhan gigi anda normal.

2. Gigi Berlubang

Penyebab lanjutan dari gigi bungsu yang tidak tumbuh normal adalah masalah gigi berlubang. Kerap kali gigi bungsu yang tidak segera ditangani oleh dokter ahli gigi terpercaya bisa menyebabkan masalah gigi. Salah satu masalah yang biasa menyerang gigi bungsu saat kondisi gigi tidak normal adalah penyebab gigi berlubang parah busuk. Sebenarnya gigi berlubang bisa dirawat sebelum anda memutuskan untuk pergi ke dokter gigi. Dengan melakukan perawatan gigi yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan gigi dengan rutin.

3. Plak Menumpuk

Gigi bungsu yang tidak dicabut bisa memberikan dampak pada penumpukan plak. Letak gigi bungsu yang berada di belakang menyebabkan gigi ini sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk membersihkan plak gigi yang menumpuk pada gigi bungsu dengan mengetahui pentingnya menggosok gigi, mengkonsumsi makanan yang mencegah penumpukan plak yang menjadi penyebab gigi karries pada orang dewasa, pemilihan sikat gigi yang elastis, berbulu halus sehingga bisa membersihkan sisa-sia makanan sampai rongga gigi paling belakang. Jika anda sudah mengalami penumpukan plak, sebaiknya anda melakukan cucu gigi agar gigi anda tetap bersih dan mengurangi noda pada gigi anda. Selain caranya mudah dan praktis, anda perlu melakukan kegiatan tersebut dengan rutin agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

4. Sakit Gigi

Sakit gigi sering menjadi efek gigi bungsu tidak dicabut. Hal ini bisa terjadi karena gigi bungsu yang sudah tumbuh mengalami masalah gigi lain seperti gigi berlubang. Gigi berlubang yang menyebabkan sakit gigi bisa menjadi tanda kalau gigi bungsu anda perlu dicabut. Selain itu gigi yang sakit bisa menjadi pertanda kalau gigi anda sedang terserang oleh bakteri yang sudah tumbuh pada gigi anda. Pertumbuhan bakteri ini bisa menjadi semakin parah apabila menyerang organ lain sakit gigi disertai sakit pada telinga dan menyerang gusi anda. Padahal kita semua tahu kalau gusi merupakan tempat gigi dapat tumbuh dan bertahan.

Sponsors Link

Masalah Gigi dan Mulut lainnya

Selain masalah bentuk gigi bungsu tidak normal, gigi berlubang, plak menumpuk dan sakit gigi ada masalah gigi dan mulut lainnya yang bisa anda rasakan karena efek gigi bungsu tidak dicabut seperti penyebab gigi bau karena bau mulut, gigi hitam dan gusi bengkak. Bau mulut tidak hanya menyebabkan nafas anda menjadi bau tetapi saat anda sedang berbicara dengan lawan bicara anda akan terganggu. Selain itu tingkat percaya diri anda bisa menurun karena masalah bau mulut dan bentuk gigi bungsu anda tidak normal.

Kemudian gigi geraham berlubang dan hitam bisa saja terjadi apabila gigi bungsu tidak dirawat dengan cara yang tepat. Gigi bungsu bisa menjadi hitam karena gigi mengalami pembusukan karena bakteri gigi. Selanjutnya gusi bengkak, masalah gigi dan mulut satu ini sering kali tidak diketahui penyebabnya. Pada kasus efek gigi bungsu tidak dicabut bisa menyebabkan gusi bengkak. Hal ini dipicu oleh gingivitis, plak, kekurangan vitamin c, kurang gizi, infeksi virus atau jamur.

Setelah anda mengetahui bahaya efek gigi bungsu tidak dicabut tentunya menjadikan anda lebih peduli akan kesehatan dan masalah gigi. Terlebih lagi, anda bisa memberikan informasi dan pengetahuan anda ini kepada orang lain. jika anda ingin melakukan tindakan mencabut gigi bungsu, ada baiknya anda konsultasi ke dokter gigi terpercaya dan berpengalaman. Apakah pilihan anda tepat dan apakah bisa mengurangi dampak dari efek gigi bungsu tidak dicabut seperti penjelasan dari halogigi pada artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi