Sponsors Link

8 Efek Gigi Goyang yang Dicabut dengan Benang dan Cara Penanganannya

Sponsors Link

Sejak jaman dahulu hingga jaman modern seperti sekarang ini,ada salah satu cara aneh yang dilakukan masyarakat untuk mencabut gigi yang goyang atau gigi yang sakit dengan menggunakan benang. Caranya yaitu melilitkan dan mengikat dengan kuat benang pada gigi yang telah goyang tersebut dengan mengggunakan benang, lalu benang akan ditarik sekuat dan secepat mungkin hingga gigi tercabut. Pernahkan anda membayangkan bagaimana rasanya? Di bawah ini akan saya bahas mengenai efek gigi goyang yang dicabut dengan benang, yuk sobat kita simak bersama – sama :

ads

1. Tidak Ada Dasar Ilmu yang Pasti

Mencabut gigi dengan benang tidak memiliki dasar ilmu yang pasti, hal itu biasanya dilakukan dengan alasan berikut :

  • Sekedar mengikuti cara dari nenek moyang yang jaman dahulu, “kata orang tua” seperti itu caranya, jika dipertanyakan kenapa dilakukan dengan cara seperti itu tentunya tidak bisa menjelaskan alasan nya atau membuktikan dengan penelitian lebih dalam karena hanya dilakukan dengan alasan “kata orang tua” saja.
  • Tidak memiliki ilmu pengetahuan atau biaya yang cukup, kurangnya ilmu pengetahuan membuat orang tersebut belum tahu bahwa mencabut gigi goyang tidak perlu dilakukan dengan benang, cukup datang ke puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya tentu akan ditangani lebih lanjut oleh pihak yang lebih berkompeten. Kurang biaya juga menjadi salah satu penyebab masih di budidayakannya cabut gigi dengan benang, ibarat kata “untuk biaya makan sehari hari saja tidak cukup apalagi untuk berobat”.
  • Tinggal di pedalaman yang tidak terjangkau fasilitas kesehatan, hal ini juga menjadi alasan yang umum, tidak meratanya fasilitas kesehatan membuat sebagian masyarakat masih saja melakukan pengobatan dengan cara yang tradisional.
  • Tidak memahami efek samping nya, hal ini kembali lagi pada kurang meratanya fasilitas kesehatan sehingga sebagian masyarakat ada yang tidak tersentuh teknologi kesehatan modern sehingga tidak ada pemahaman sama sekali tentang dampaknya pada kesehatan.

2. Gigi Goyang Adalah Proses Alami

Saat pergantian dari gigi susu ke gigi permanen, umumnya sering ditemui gigi anak mulai goyang, hal ini menandakan bahwa akar gigi telah memendek dan segera dapat terlepas dengan sendirinya. Banyak orang tua yang kurang sabar untuk menunggu gigi anaknya tanggal sehingga mereka mencabutnya dengan benang.

Dalam bidang kesehatan, mencabut gigi dengan benang amat sangat tidak perlu untuk dilakukan, walaupun dalam beberapa kasus terdapat gigi yang sudah goyang dengan posisi akar masih panjang sehingga tidak bisa lepas dengan sendirinya, ternyata hal ini bisa disebabkan karena infeksi, jika tetap dicabut dengan benang maka infeksi akan bertambah parah pada gigi goyang tersebut.

Gigi goyang yang disertai dengan lubang dan menimbulkan rasa sakit, biasanya ditangani terlebih dahulu dengan manggunakan getah kamboja. manfaat getah kamboja untuk gigi di masyarakat pada umumnya sudah sangat terkenal untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit akibat gigi berlubang.

Sponsors Link

3. Menyebabkan Rasa Sakit dan Pendarahan

Efek gigi goyang yang dicabut dengan benang biasanya bisa menimbulkan rasa sakit dan juga pendarahan sobat. Tahukah anda betapa lengkapnya peralatan untuk cabut gigi di klinik kesehatan gigi? Mulai dari obat untuk bius lokal, obat untuk mencegah perdarahan, obat untuk meringankan sakit pasca pencabutan, hingga berbagai macam alat yang jenis dan kegunaannya hanya dipahami oleh orang orang yang bekerja di bidang tersebut.

Semua itu dilakukan untuk meminimalisir rasa sakit pada pasien dan resiko perdarahan yang mungkin terjadi, dimana gigi dan gusi saling berhubungan, ketika dilepas secara paksa oleh orang yang tidak berkompeten tentunya akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat dan beresiko melukai gusi atau timbul perdarahan yang mungkin saja dapat membahayakan nyawa seseorang.

ads

4. Gigi Berhubungan Dengan Syaraf

Cabut gigi yang goyang jika dilakukan tidak sesuai prosedur atau secara tidak benar dapat membahayakan kesehatan, diantaranya ialah menyebabkan infeksi atau pembengkakan pada syaraf mata yang menimbulkan komplikasi lebih lanjut jika tidak ditangani.

Syaraf mata dan gigi memang tidak berhubungan secara langsung, tetapi infeksi dapat menyebar melalui pembuluh darah hingga ke organ mata. Karena itulah di klinik kesehatan gigi selalu dilakukan pemerikasaan sebelum tindakan cabut gigi, dipastikan bahwa gigi tidak dalam kondisi sakit, dan tidak ada peradangan atau infeksi. Jika gigi dalam kondisi sakit, tentu akan disembuhkan terlebih dahulu dengan obat sesuai resep dokter.

5. Benang yang Digunakan Belum Tentu Steril

Seperti yang telah djelaskan ada poin sebelumnya bahwa proseddur cabut gigi goyang baik pada anak anak maupun orang dewasa harus dilakukan orang yang kompeten dengan alat sesuai standar yang ditetapkan di bidang kesehatan. Memakai benang belum tentu benang tersebut steril, gigi goyang dan di dalam organ mulut tentu terdapat kuman di dalamnya entah itu dari sakit gigi tersebut atau dari sisa makanan, jika dipertemukan dengan benang yang jelas jelas tidak steril maka akan mengakibatkan resiko infeksi.

6. Lebih Beresiko Untuk Penderita Penyakit Tertentu

Dalam hal ini misalnya ialah pada penderita kencing manis (diabetes) dimana setiap kali memiliki luka akan lama atau sulit untuk disembuhkan. Juga pada perokok yang di dalam organ gusi dan mulutnya terdapat banyak kandungan kimia, jika tidak berhati hati bahan kimia tersebut dapat masuk ke dalam luka gusi.

7. Biarkan Gigi Tanggal Secara Alami

Untuk mempercepat gigi tanggal, kunyah makanan di area gigi yang goyang. Gesekan antara makanan yang bertekstur agak padat akan membuat gigi lebih cepat lepas dari gusi. Jika gigi goyang tersebut tak juga tanggal, datang ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. cara mengatasi gigi goyang secara alami memang menjadi alternatif paling tepat dan baik bagi kondisi kesehatan.

Sponsors Link

8. Gunakan Kassa Steril

Jika anda ingin tetap melakukannya sendiri, perhatikan cara mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit yang aman dan benar berikut ini sobat :

  • Goyangkan gigi dengan lidah atau dengan tangan yang sebelumnya sudah dicuci bersih, jika sulit digerakkan berarti belum siap dicabut.
  • Tidak boleh ada rasa sakit atau perdarahan, gigi yang tersambung dengan gusi hanya jaringan kecil seharusnya tidak menyebabkan rasa sakit dan tidak menyebabkan perdarahan walaupun digoyangkan.
  • Cuci tangan secara menyeluruh dan anda harus dalam posisi rileks.
  • Seka gigi dengan kassa steril 2 sampai dengan 3 kali, pegang bantalan kassa antara ibu jari dengan telunjuk, pegang dan cabut dengan kuat dengan kassa tersebut, ingat anda tidak boleh menyentuh dengan tangan langsung! Setelah tercabut gigi kassa steril di area yang tercabut selama kurang lebih 10 menit lalu kumur dengan menggunakan air garam hangat untuk mencegah infeksi.
  • Jika setelah cabut gigi ada perdarahan lebih dari 15 menit segera kunjungi dokter gigi!

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai efek gigi goyang yang dicabut dengan benang, dengan melihat fakta di atas sebaiknya anda tidak sembarangan mencabut gigi dengan benang, silahkan konsultasi dengan dengan dokter gigi untuk mendapatkan ilmu dan solusi terbaik.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini