Sponsors Link

6 Efek Ketidakseimbangan Mineral Terhadap Gigi yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui dan rasakan bersama, bahwasanya gigi merupakan salah satu komponen atau bagian dari mulut yang fungsinya sangatlah vital terutama dalam hal pengelolaan makanan alam mulut, yang nantinya akan berpengaruh pada sistem pencernaan tentunya ya sobat.

ads

Dikatakan gigi berpengaruh terhadap pencernaan karena apabila gigi tidak maksimal melakukan tugasnya sebagai pengelola makanan sebelum nantinya akan dikirim ke dalam proses pencernaan, maka organ pencernaan anda harus bekerja keras agar dapat mengolah makanan yang tidak sempurna di kelola oleh gigi tersebut, yang nantinya hasil dari pengolahan makanan dalam organ pencernaan anda akan berpengaruh juga terhadap enzim –  enzim yang akan memproses makanan tersebut.

Secara umum struktur gigi dan fungsinya, berfungsi untuk merobek, memotong, melumat makanan yang nantinya akan dikirim ke proses selanjutnya. Nah sobat semua, di dalam menjalankan fungsi gigi yang cukup vital tersebut, maka sebaiknya gigi tersebut dalam keadaan sehat dan bebas dari penyakit agar gigi tersebut bisa menjalankan fungsinya tanpa halangan.

Namun sobat, pada kenyataannya sering sekali timbul masalah pada gigi yang tidak jarang menjadi pengganggu fungsi gigi itu sendiri. Salah satu masalah yang dimaksud adalah ketidakseimbangan mineral terhadap gigi. Nah sobat jika gigi anda mengalami ketidakseimbangan kandungan mineral di dalamnya, maka akan banyak masalah yang akan timbul nantinya. Berikut ini adalah beberapa efek ketidakseimbangan mineral terhadap gigi, antara lain ;

1. Penumpukan Mineral Pada Pembuluh Darah Gusi

Efek ketidakseimbangan mineral terhadap gigi yang pertaman ialah penumpukan mineral. Efek dari penumpukan kandungan mineral yang berlebih terhadap gigi yang pertama adalah penumpukan mineral itu sendiri. Adapun masalah yang ditimbulkan oleh mineral yang menumpuk ini apabila dibiarkan berlarut – larut dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan gusi sering berdarah dan bau mulut secara terus – menerus serta akan membuat gusi anda radang. Untuk itu tetap jaga kesehatan dan keseimbangan mineral dalam gigi anda ya sobat.

2. Akan Ada Masalah Pada Bagian Sekitar Otot – Otot Rongga Mulut

Efek ketidakseimbangan mineral terhadap gigil yang kedua adalah pada otot rongga mulut anda. Adapun masalah yang biasa timbul apda otot mulut ini adalah terjadinya peradangan dan menjadi penyebab gusi sering bengkak pada otot sekitar mulut anda.

Padahal otot tersebut yang berfungsi untuk mempertahankan gigi tetap pada fungsinya dan bertanggung jawab pada proses ketika menelan atau menguyah makanan. Sedangkan pada saat otot sekitar mulut anda kaku, akan menyebabkan rasa sakit disekitar rongga mulut anda karena adanya penyakit jamur di rongga mulut sehingga berdampak pada pergerakan mulut pada saat melakukan pergerakan.

3. Gigi Akan Berpotensi Keropos

Efek kelebihan mineral yang paling atau sangat terlihat jelas ada gigi adalah, gigi ada akan berpotensi menjadi keropos atau rusak, nah kebayang kan sobat jika anda masih muda tetapi gigi anda sudah keropos? Mineral merupakan nutrisi yang baik untuk gigi guna mencegah gigi bayi keropos, atau pun gigi keropos pada orang dewasa.

Apabila makanan yang mengandung mineral dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan degenersi gigi ( penurunan kekuatan, daya tahan, dan kesehatan gigi), akibat tidak terserapnya mineral secara maksimal. Hal ini terjadi apda saat kandungan mineral tidak diserap sepenuhnya oleh tubuh yang nantinya akan dibuang melalui saluran kemih, sehingga tidak terserap ke dalam gigi.

Sponsors Link

4. Menghambat Penyerapan Nutrisi yang Lain

Efek ketidak seimbangan penyerpaan mineral lainnya adalah terjadinya penghambatan penyerapan nutrisi yang lainnya terhadap gigi anda. Mineral dalam tubuh salah satunya bermanfaat untuk meregenerasi sel yaitu memperbaiki atau menumbuhkan kembali bagian tubuh yang sudah rusak. Untuk itu keseimbangan kandungan mineral dalam gigi ini sangtlah penting peranannya dalam tubuh anda secara keseluruhan ya sobat.

5. Dapat Mengganggu Kerja Antibiotic

Hal ini bisa terjadi apabla seseorang mengonsumsi antibiotik, misalnya ketika memiliki luka atau infeksi tertentu pada gigi atau pada bagian tubuh yang lainnya harus disembuhkan dengan mendapatkan pengobatan dengan antibiotik pula.

Kelebihan mineral ini akan menghambat kerja antibiotik tersebut dimana pada dasarnya salah satu sifat kalsium ialah menghambat penyerapan antibiotik ( oleh karena itulah ketika anda mengonsumsi obat tertentu, akan sisarankan oleh dokter tidak boleh mengonsumsinya bersamaan dengan kalsium yang bersifat mineral secara bersamaan).

ads

6. Ketidakseimbangan Jumlah Mineral

Ketika dalam tubuh anda jumlah mineralnya tidak seimbang, maka hal tersebut tentunya akan berpengaruh pda kesehatan gigi anda. Sebagai contoh yang mengandung mineral adalah yodium, zat besi, fosfor dan lain sebagainya. Adapun fungsi dari semua jenis mineral tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya untuk menjaga kesehatan dalam tubuh anda, begitupun dengan gigi anda tentunya.

Untuk itu sobat, apabila anda mengonsumsi bahan yang mengandung mineral seperti yang sudah penulis jelaskan di atas, perhatikan jumlahnya ya sobat agar anda bisa mengontrol kandungannya dalam tubuh anda. Selanjutnya ketidakseimbangan mineral ternyata juga bisa menjadi penyebab mulut pecah pecah yang belum banyak orang menyadarinya.

7. Gusi Anda Akan Berdarah

gusi sering berdarah tiba tiba ini timbul akibat adanya anemia ( kekurangan sel darah merah ). Adapun anemia tersebut disebabkan oleh ketidak seimbangan mineral di dalam tubuh. Adapun kalsium yang berlebih ini akan menghambat penyerapan zat besi atau zat yang berhubungan dengan ketersedian jumlah darah dalam tubuh yang nantinya akan berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan gusi anda juga tentunya sobat.

Umumnya masyarakat menganggap sesuatu yang bermanfaat untuk tubuh jika sering digunakan akan semakin tinggi pula manfaatnya, namun dalam kenyataannya tidaklah semikian sobat, walaupun sesuatu itu baik, tetap saja yang dibutuhkan unutk digunakan adalah sewajarnya atau sesuai dengan kadar yang seharusnya, karena segala sesuatu yang berlebihan pastinya tidak baik ya sobat.

Sebagai infomasi tambahan aja nih buat anda, selain ke enam faktor di atas, faktor kebersihan dan faktor kebiasaan anda merawat gigi juga merupakan faktor terbesar yang mempengaruhi kesehatan gigi anda, untuk itu perawatan dan gigi itu merupakan suatu kewajiban anda.

Oke sobat semua, sekian informasi yang penulis bagikan pada kesempatan kali ini mengenai efek ketidak seimbangan mineral terhadap gigi. Semoga saja artikel ini bermanfaat bagi anda semua yang sudah membacanya. Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya sobat tentunya dengan pembahsan yang tidak kalah menarik juga. Sampai jumpa, salam hangat selalu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Gigi