Sponsors Link

Efek Ngemil Pada Gigi yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Hampir setiap orang pastinya pernah ngemil di berbagai kesempatan dari mulai untuk menunda rasa lapar, menonton televisi, sedang berolahraga di gym, di kantor dan masih banyak lagi. Namun sepertinya, anda perlu berhenti sejenak dan mempertimbangkan apa sebenarnya efek ngemil pada gigi yang harus anda ketahui.

ads

Setiap kali anda ngemil makanan manis, maka bakteri di mulut anda akan bekerja untuk meningkatkan keasaman di mulut anda. Asam tersebut nantinya bisa menyerang lapisan enamel gigi yang melindungi gigi dan akhirnya kerusakan gigi terjadi dan meningkatkan risiko penyakit gigi.

Jika anda sering mengkonsumsi makanan manis, maka anda akan menempatkan diri anda pada risiko kerusakan gigi dan mengekspos diri anda terhadap berbagai masalah kesehatan lainnya.

Nutrisi Baik Berarti Gigi Sehat

Sekarang ini, rasanya hampir tidak mungkin bisa melakukan diet bebas gula. Gula bisa terjadi secara alami dari banyak hal yang kita makan dan biasanya sebagai fruktosa yang ada dalam buah buahan dan madu serta glukosa atau karbohidrat.

Makanan yang mengandung gula tersebut juga menjadi sumber vitamin dan mineral untuk tubuh serta nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh namun sekaligus juga menambah asupan gula ke dalam tubuh anda dan bisa berakhir di dokter gigi karena kerusakan gigi.

Diet seimbang, rendah gula tambahan bukan hanya menjadi cara yang baik untuk penampilan dan kesehatan, namun juga bisa melindungi gigi anda dan menjaga senyum anda.

Kurangi Ngemil untuk Gigi Sehat

Diet seimbang yang ramah gigi tidak harus selalu kaku atau membosankan serta tidak berarti lebih sedikit mengkonsumsi makanan dan penghitungan kalori. Jenis diet apa pun yang kaya akan produk segar seperti sayuran, buah, daging, unggas, ikan serta makanan olahan yang rendah menjadi awalan baik untuk dilakukan.

Makanan olahan biasanya merupakan makanan yang sudah dimasak dengan cara tertentu dan biasanya sudah mengandung gula cukup tinggi.

Diet rendah makanan olahan dan juga produk segar mungkin akan tampak seperti kegiatan yang merepotkan dan memakan banyak waktu. Namun sebenarnya tidak demikian, sebab membuat pilihan makanan yang lebih cerdas tidak terlalu banyak membutuhkan organisasi namun bisa memberikan manfaat yang banyak dan tentunya bagus untuk ciri ciri gigi sehat.

Tips Diet Sederhana

Untuk memulai, anda bisa mengikuti tips sederhana ini untuk menjaga tubuh agar tetap sehat sekaligus menghindari efek ngemil pada gigi yang tentu sangat merugikan yang bisa menyebabkan jenis jenis penyakit gigi.

1. Rencanakan Dengan Baik

Pikirkan tentang makanan mingguan anda dari beberapa hari sebelumnya kemudian masak sendiri sedikit ekstra untuk makanan cepat dan mudah di akhir minggu.

2. Jangan Lupa Sarapan

Sarapan menjadi waktu makan yang sangat penting dalam satu hari. Sarapan besar yang tinggi protein akan memberikan energi pada tubuh dan menahan nafsu makan yang berarti akan menurunkan keinginan anda untuk ngemil.

3. Hidrasi Tubuh Dengan Baik

Dibandingkan minum minuman bersoda kalengan atau susu dengan rasa, sebaiknya hentikan mengkonsumsi minuman tersebut karena ada dampak gula dalam minuman tersebut pada gigi anda. Akan lebih baik jika anda minum lebih banyak air tubuh sebab ini tidak hanya baik untuk tubuh namun juga untuk gigi anda.

4. Kurang Gula dan Makanan Olahan

Makanan olahan mengandung banyak gula tambahan dan tersembunyi yang bisa menyebabkan penyakit gigi dan menjadi makanan yang dilarang saat sakit gigi dan gusi bengkak. Sebaiknya, periksa kandungan gula yang ditambahkan dalam makanan olahan sebelum anda menyantapnya dan sebaiknya ganti makanan tidak sehat tersebut dengan makanan yang lebih kaya akan nutrisi.

Sponsors Link

5. Konsumsi Makanan Nyata

Diet seimbang menjadi kunci penting untuk menjaga kesehatan gigi sekaligus menurunkan keinginan untuk ngemil sesuatu yang manis. Mengurangi kadar gula biasanya mengartikan makan makanan yang lebih alami seperti kacang kacangan, sayuran, susu dan juga daging.

Hal yang harus anda ingat, pola makan yang buruk  seperti makanan penyebab sakit gigi bisa menyebabkan kesehatan gigi dan mulut yang juga buruk. Membuat pilihan makanan cerdas berarti juga akan berdampak pada kesehatan gigi yang memiliki umur lebih panjang.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan