Sponsors Link

15 Efek Operasi Gigi Bungsu yang Berakibat Fatal

Sponsors Link

Munculnya gigi bungus atau yang biasa disebut dengan gigi geraham molar ketiga sering mendatangkan masalah bagi sebagian orang. Di samping manfaatnya, gigi ini justru lebih banyak mendatangkan masalah terutama saat kemunculannya. Selain rasa sakit, biasanya kemunculan gigi bungsu juga mendatangkan masalah pada struktur gigi lainnya. Tak jarang jika banyak orang harus melakukan operasi untuk mengatasi masalah pada gigi bungus ini.

ads

Di samping dapat mengatasi masalah pada gigi bungsu. Tindakan operasi juga menimbulkan beberapa efek samping lainnya. Berikut adalah efek operasi gigi bungsu yang biasanya terjadi pasca tindakan dilakukan:

  1. Terjadi Pembengkakan

Efek pasca operasi gigi bungsu yang paling sering dialami adalah terjadinya pembengkakan di area sekitar gusi yang baru dicabut. Bahkan pembengkakan bisa sampai ke pipi, rahang dan bagian mulut lainnya. Hal ini sangat wajar mengingat tindakan pembedahan melihatkan saraf gigi sehingga menimbulkan adanya bagian gusi yang bengkak.

  1. Sakit Saat Digunakan Untuk Makan dan Bicara

Pasca operasi umumnya pasien dilarang menggunakan giginya untuk makan atau bahkan berbicara secara aktif. Selain untuk menghindari terjadinya robek di bagian gusi yang dicabut, saat digunakan untuk makan tentu akan ada sisa makanan yang tertinggal di bagian tersebut. Jika tidak dibersihkan, tentu akan menyebabkan infeksi yang lebih dalam. Selain itu, rasa sakit pasca operasi pun juga akan terjadi setelah pembiusan mulai hilang.

  1. Menimbulkan Luka Bekas Operasi

Operasi gigi bungsu biasanya dilakukan untuk memperbaiki struktur gigi bungsu yang tidak pada tempatnya. Hal tersebut tentu akan meningkalkan luka bekas operasi yang sering menimbulkan rasa sakit dan nyeri saat obat bius mulai hilang.

  1. Nyeri

Rasa nyeri pasca operasi gigi geraham bungsu tumbuh sakit tentu akan anda rasakan setelah obat bius mulai hilang. Biasanya rasa nyeri akan terasa hingga beberapa waktu kemudian. Namun setiap orang akan merasakan rasa nyeri dalam jangka waktu yang berbeda-beda.

  1. Pendarahan Tidak Berhenti

Resiko operasi gigi geraham bungsu yang mungkin terjadi setalah dilakukannya operasi gigi bungsu adalah terjadinya pendarahan yang tidak kunjung berhenti. Hal ini terjadi akibat pembuluh darah yang ada di sekitar saraf gigi terbuka dan menimbulkan darah terus keluar dan sulit dihentikan.

  1. Kondisi Trismus

Trimus merupakan efek samping yang akan terjadi setelah melakukan operasi gigi geraham bungsu. Kondisi ini ditandai dengan kesulitan saat ingin membuka mulut sehingga menimbulkan rasa sakit yang sangat luar biasa. Hal ini disebabkan karena luka jahitan belum terlalu kering sehingga mulut akan sulit untuk dibuka atau digerakan.

Sponsors Link

  1. Alveolar Osteitis

Alveolar Osteitis merupakan kondisi dimana gumpalan darah yang terjadi pasca operasi yang terdapat di antara rongga gigi mencair atau lepas sebelum luka bekas cabutan sembuh dengan sempurna. Gumpalan darah ini selain berfungsi sebagai penyangga gigi juga melindungi lapisan ujung saraf yang terdapat ruang kosong setelah dilakukan pencabutan dan menjadi penyebab Alveolar Osteitis.

  1. Kerusakan Saraf Gigi

Prosedur pembedahan gigi bungsu yang salah akan menimbulkan efek terjadinya kerusakan saraf gigi yang membuat kondisi semakin parah. Biasanya kerusakan saraf gigi bisa ditandai dengan beberapa gejala seperti rasa sakit yang tak kunjung sembuh, gigi yang terus berdarah padahal luka sudah kering, atau bahkan yang lainnya.

ads

  1. Terjadi Infeksi

Meskipun letaknya paling belakang, bukan tidak mungkin jika gigi bungsu menjadi salah satu gigi yang paling rawan terkena infeksi. Karena letaknya di ujung belakang, maka saat gigi dibersihkan sisa makanan tidak bisa terangkan secara sempurna. Hal inilah yang menimbulkan infeksi apabila kebersihan gigi pasca operasi tidak dijaga dengan baik.

  1. Terjadi Mati Rasa Pada Area Pipi, Bibir dan Mulut

Karena penggunaan obat bius, biasanya setelah operasi anda akan mengalami mati rasa di sekitar gigi yang dicabut, area wajah, pipi, mulut dan bibir. Namun mati rasa ini akan sembuh setelah khasiat obat bius hilang. Selain itu penggunaan obat bius atau anestesi juga menimbulkan efek samping anestesi gigi.

  1. Kerusakan Struktur Gigi

Tindakan operasi gigi bungsu yang tidak tepat bisa menimbulkan efek kerusakan pada struktur gigi di sebelahnya. Gigi menjadi terdesak atau bahkan menempati ruang yang kosong setalah gigi bungsu dicabut.

  1. Resiko Terkena Struk

Penggunaan obat anastesi dapat menimbulkan adanya komplikasi di beberapa organ tubuh. Bahkan untuk yang memiliki riwayat penyakit struk, efek ini bisa terjadi dua kali lebih banyak. Sehingga anda perlu berkonsultasi saat ingin melakukan perasi bedah gigi bungsu.

  1. Serangan Jantung

Selain efek terkenanya penyakit struk, pasien yang pasca melakukan operasi gigi bungsu juga dapat terkena serangan jantung dini. Hal ini disebabkan adanya infeksi yang terjadi pada bagian pembuluh darah bekas gigi yang dicabut hingga masuknya bakteri ke organ jantung.

  1. Gangguan Mata

Efek samping cabut gigi bungsu bagian atas memiliki pengaruh untuk kesehatan mata. Nampaknya pendapat tersebut ada benarnya. Dimana saat dilakukan operasi pencabutan gigi bungsu, maka pasien akan mengalami beberapa gangguan diantaranya gangguan pada mata pasca operasi dilakukan.

  1. Sakit Gigi yang Tak Kunjung Sembuh

Efek samping bedah gigi bungsu yang terakhir adalah timbulnya tasa sakit pada gigi yang tak kunjung sembuh. Biasanya rasa sakit akan lebih parah saat anda menyantap makan-makanan tertentu. Dimana saraf akan lebih sensitif saat menerima makanan yang memiliki suhu tinggi atau rendah.

Itulah beberapa efek operasi gigi bungsu yang mungkin bisa terjadi. Untuk mengatasinya cara yang paling tepat dilakukan adalah dengan berkonsultasi lebih lanjut pada dokter gigi yang menangani anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini