Sponsors Link

16 Efek Operasi Gigi Geraham yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Gigi geraham menjadi salah satu bagian gigi yang letaknya paling ujung. Hal inilah yang menjadi penyebab gigi geraham cepat berlubang. Selain karena letaknya yang tidak terjangkau oleh sikat gigi secara sempurna. Gigi geraham menjadi bagian yang paling bermasalah, seperti gigi berlubang besar, gigi berlubang berdarah, atau bahkan flek hitam di gigi geraham hitam.

ads

Karena sering bermasalah, tidak sedikit yang melakukan pencabutan di gigi geraham atau bahkan dengan cara operasi bedah. Jika masalahnya terlalu dalam tentu tindakan operasi bedah harus dilakukan. Namun di samping itu, tindakan operasi gigi geraham sering menimbulkan efek samping khususnya pasca tindakan dilakukan. Berikut efek samping cabut gigi geraham atau efek operasi gigi geraham yang biasanya terjadi pasca operasi dilakukan:

  1. Pendarahan

Efek samping operasi gigi geraham yang umum terjadi adalah pendarahan. Pendarahan akan terjadi di bagian gusi yang dicabut. Hal ini disebabkan bagian gusi yang terbuka sehingga mengacu pada pendarahan setelah tindakan operasi dilakukan. Selama obat bius masih bekerja secara aktif, maka pendarahan tidak ditandai dengan rasa sakit di bagian gusi tersebut. Jika pendarahan tidak kunjung berhenti, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

  1. Pembengkakan Gusi

Selain terjadi pendarahan, efek pasca operasi gigi geraham yang paling sering dialami adalah terjadinya pembengkakan di area sekitar gusi yang baru dicabut. Bahkan pembengkakan bisa sampai ke pipi, rahang dan bagian mulut lainnya. Hal ini sangat wajar mengingat tindakan pembedahan melihatkan saraf gigi sehingga menimbulkan adanya bagian gusi yang bengkak. Untuk mengurangi bengkak di bagian gusi, anda bisa mengkompres bagian tersebut.

  1. Sakit Pada Gusi

Karena operasi dilakukan dengan tindakan pembedahan di bagian gigi bungsu yang memiliki banyak pembuluh saraf di dalamnya. Maka setelah tindakan dilakukan dan obat bius mulai menghilang reaksinya akan terjadi rasa sakit di bagian sekitar gusi. Gusi akan terasa sakit sehingga kebanyakan pasien yang melakukan operasi di gigi geraham harus melakukan istirahat secara cukup dan bahkan dianjurkan untuk makan atau berbicara menggunakan mulut secara berlebihan.

  1. Pembengkakan di Sekitar Wajah

Pembangkakan mungkin tidak akan terjadi pada bagian gusi saja. Melainkan jika pembengkakan terlalu parah akan merembet ke bagian sekitar wajah, pipi, dan rahang. Jikia pembengkakan seperti ini terjadi, anda cukup melakukan pengkompresan dengan air dingin di bagian tersebut. Selain akan meredakan bengkak, es atau air dingin juga berperan sebagai pereda saraf yang tegang.

Sponsors Link

  1. Demam

Salah satu efek dari operasi gigi geraham goyang sakit lainnya adalah demam. Biasanya demam akan terjadi setelah tindakan operasi dilakukan. Meskipun tidak semua pasien mengalami gejala yang sama namun demam bisa diredakan dengan pengkonsumsian obat penurun demam. Namun jika demam terlalu tinggi dan tidak kunjung mereda. Maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjud.

ads

  1. Sakit Kepala

Karena operasi gigi geraham melipatkan saraf pusat, tidak sedikit yang mengalami sakit kepala pasca operasi dilakukan. Hal ini merupakan salah satu efek dari tindakan operasi gigi geraham berlubang dan hitam yang biasanya melibatkan saraf pusat. Selain itu, biasanya pasien juga akan mengalami migren di bagian salah satu bagian kepala yang terhubung ke saraf gigi. Agar sakit kepala tidak berkelanjutan, anda bisa mengkonsumsi obat sakit kepala.

  1. Infeksi

Saat gusi terbuka, sisa makanan akan lebih mudah bersarang di bagian tersebut. Jika tidak dibersihkan dengan baik, maka akan menimbulkan adanya infeksi gigi geraham bawah yang lebih parah. Jika gusi masih mengalami luka bekas operasi, sebaiknya anda sering melakukan pembersihan dengan cara berkumur ataupun dengan menggosok gigi di bagian tersebut. Namun agar tidak menimbulkan rasa sakit sebaiknya bersihkan secara pelan saja.

  1. Sakit Gigi yang Tak Kunjung Sembuh

Efek samping operasi gigi geraham lainnya adalah timbulnya tasa sakit pada gigi yang tak kunjung sembuh. Biasanya rasa sakit akan lebih parah saat anda menyantap makan-makanan tertentu. Dimana saraf akan lebih sensitif saat menerima makanan yang memiliki suhu tinggi atau rendah.

  1. Gangguan Mata

Mencabut gigi bagian atas memiliki pengaruh untuk kesehatan mata. Nampaknya pendapat tersebut ada benarnya. Dimana saat dilakukan operasi pencabutan gigi geraham atas, maka pasien akan mengalami beberapa gangguan diantaranya gangguan pada mata pasca operasi dilakukan.

  1. Terjadi Mati Rasa Pada Area Pipi, Bibir dan Mulut

Karena penggunaan obat bius, biasanya setelah operasi anda akan mengalami mati rasa di sekitar gigi yang dicabut, area wajah, pipi, mulut dan bibir. Namun mati rasa ini akan sembuh setelah khasiat obat bius hilang.

  1. Kerusakan Struktur Gigi

Tindakan operasi gigi geraham yang tidak tepat bisa menimbulkan efek kerusakan pada kelainan struktur gigi di sebelahnya. Gigi akan bergeser dan menempati ruang kosong jika gigi geraham dicabut. Hal inilah yang nantinya akan mempengaruhi struktur pada gigi yang ada di sebelahnya.

  1. Penyakit Strock

Penggunaan obat anastesi dapat menimbulkan adanya komplikasi di beberapa organ tubuh. Bahkan untuk yang memiliki riwayat penyakit struk, efek ini bisa terjadi dua kali lebih banyak. Sehingga anda perlu berkonsultasi saat ingin melakukan operasi bedah gigi geraham.

Sponsors Link

  1. Serangan Jantung

Selain efek terkenanya penyakit strock, pasien yang pasca melakukan operasi gigi geraham juga dapat terkena serangan jantung dini. Hal ini disebabkan adanya infeksi yang terjadi pada bagian pembuluh darah bekas gigi yang dicabut hingga masuknya bakteri ke organ jantung.

  1. Tumor Rahang

Efek lain dari operasi gigi geraham adalah timbulnya kista atau tumor di bagian rahang. Hal ini merupakan efek terburuk dari tindakan operasi yang bisa saja terjadi akibat tindakan yang kurang tepat. Bahkan bisa menyebabkan kanker rahang gigi.

Itulah beberapa efek operasi gigi geraham yang harus anda ketahui. Meskipun tindakan operasi dilakukan guna memperbaiki kerusakan di gigi geraham. Namun tentu ada efek samping yang bisa saja terjadi akibat tindakan dan cara perawatan gigi yang salah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini