Sponsors Link

Efek Operasi Gigi Impaksi yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Seringkali masalah gigi timbul akibat perawatan yang salah. Di samping itu, masalah gigi juga sering disebabkan adanya gangguan pada struktur gigi yang menimbulkan bagian lain terkena dampaknya. Hal ini bisa ditemukan pada gigi geraham bungsu yang mengalami impaksi. Lantas, apa itu gigi impaksi?

ads

Gigi impaksi adalah bagian gigi geligi yang tumbuh secara berdesakan sehingga tidak mendapatkan ruang yang akan terjebak di dalam gusi. Untuk gigi impaksi saat hamil sendiri sering timbul pada gigi bungsu yang tumbuh di akhir periode atau saat kita sudah dewasa. Karena tumbuhnya paling akhir, bukan tidak mungkin jika gigi ini memiliki banyak masalah terutama dalam penempatan dan pertumbuhannya.

Bahkan beberapa orang mengalami rasa sakit yang luar biasa akibat tumbuhnya gigi bungsu yang tidak tepat. Jika hal tersebut terjadi, maka resiko operasi gigi geraham bungsu adalah satu-satunya jalan yang bisa dilakukan. Namun di samping itu, tindakan operasi gigi impaksi juga menimbulkan beberapa efek samping tertentu. Berikut efek operasi gigi impaksi yang mungkin saja akan terjadi:

  1. Kerusakan Saraf Gigi

Tindakan operasi gigi impaksi seringkali menimbulkan efek samping pada sejumlah orang. Hal tersebut dikarenakan ada bagian gigi yang harus dihilangkan atau dicabut agar gigi impaksi tidak menimbulkan rasa sakit, misalnya saja seperti kerusakan pada saraf gigi. Karena gigi impaksi sering terjadi di bagian gigi geraham bungsu yang memiliki banyak pembuluh saraf di dalamnnya. Bukan tidak mungkin jika tindakan operasi ini menimbulkan kerusakan di dalamnya.

  1. Munculnya Kista Gigi

Kista gigi atau tumor gigi sering terjadi akibat infeksi yang terus merusak jaringan di dalamnya. Biasanya tumor akan menimbulkan benjolan di bagian rahang gigi yang membuat penderitanya kesulitan untuk mengunyah makanan atau berbicara. Jika hal tersebut terjadi, maka tindakan dokter harus segera dilakukan.

  1. Peradangan

Saat gigi impaksi mulai tumbuh dan terjejal menempati ruang yang kosong maka akan menimbulkan bagian gigi di sekitar menjadi sakit. Rasa sakit akan terus dirasakan dengan ditandai adanya peradangan di sekitar gusi yang ingin ditumbuhi gigi impaksi. Selain itu, peradangan juga dapat ditandai dengan gusi yang memerah atau bahkan gusi bisa berdarah.

  1. Perikonoritis

Perikonoritis atau infeksi gigi geraham bawah bisa saja terjadi akibat sisa makanan yang tertumpuk di bagian gigi belakang. Jika sisa makanan tertimbun dalam waktu yang lama, maka akan menyebabkan kuman dan bakteri tumbuh dan menimbulkan infeksi dan kerusakan gigi yang lebih dalam. Biasanya penderita akan mengalami sakit pada gusi, lesulitan untuk menelan makanan, atau bahkan pembengkakan di sekitar pipi dan wajah.

  1. Sakit Kepala

Tidak sedikit dari pasien yang melakukan operasi bedah gigi impaksi akan mengalami sakit kepala. Hal ini disebabkan karena saraf yang terdapat pada gigi geraham bungsu terhubung ke saraf pusat. Sehingga apabila ada saraf yang bermasalah, tentu akan menimbulkan efek pada saraf otak dengan ditandai sakit kepala yang muncul secara tiba-tiba.

Sponsors Link

  1. Demam

Selain sakit kepala yang muncul secara tiba-tiba. Efek operasi gigi impaksi juga menimbulkan demam untuk beberapa pasien. Demam akan dirasakan setelah tindakan operasi dilakukan. Namun setelah pemberian obat penurun demam, biasanya demam akan menghilang dengan sendirinya.

  1. Bau Mulut

Biasanya setelah tindakan operasi dilakukan, pasien tidak boleh membersihan giginya secara berlebihan. Selain itu, efek obat bius yang diberikan juga akan menimbulkan masalah bau mulut. Pasien dapat melakukan cara mencegah bau mulut agar masalah segera dapat diatasi secara tepat.

  1. Masalah Gigi Lainnya

Gigi impaksi yang terjejal dan mendesak bagian gigi di sebelahnya akan dilakukan pencabutan agar tidak mempengaruhi struktur gigi di sebelahnya. Namun tindakan seperti ini juga menimbulkaj efek samping adanya masalah gigi lainnya, seperti gigi yang sering sakit, gigi berlubangm bahkan masalah struktur gigi yang terus menurun.

  1. Penumpukan Plak

Plak pada gigi dapat disebabkan penumpukan sisa makanan yang terus-menerus. Jika hal seperti ini terus dibiarkan, maka gigi akan menjadi sarang tumbuhnya kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri akan mengganggu kesehatan gigi dan menimbulkan adanya plak yang berlebih di bagian tersebut.

Sponsors Link

  1. Timbul Rasa Nyeri

Rasa nyeri tidak hanya terjadi di bagian gusi dan gigi impaksi. Melainkan akan timbul disekitar leher, pundak, dan punggung bagian atas. Namun untuk meredakannya, anda bisa mengkonsumsi obat pereda sakit nyeri agar rasa sakit bisa segera diredakan.

Cara Mengobati

Selain beberapa efek samping operasi gigi impaksi di atas. Setiap pasien dapat melakukan beberapa pengobatan untuk menyembuhkan atau menghilangkan efek samping yang ditimbulkan. Beberapa metode pengobatan dapat dilakukan, di antaranya:

  • Jika setelah tindakan pasien mengalami pendarahan di bagian gigi impaksi. Maka hindari untuk meludah secara berlebih. Anda cukup mengganti kapas/kasa agar gumpalan darah tidak terlalu menumpuk di dalamnya.
  • Jika menimbulkan rasa sakit atau nyeri, maka mintalah resep dokter untuk meredakan rasa sakit dan nyeri tersebut. Biasanya dokter akan memberikan sejumlah obat untuk meredakan rasa nyeri pasca operasi dilakukan.
  • Selain itu, hindari makan-makanan yang bertektur kasar atau minuman yang mengandung soda atau perasa buatan atau makanan yang dapat merusak gigi.

Itulah beberapa efek operasi gigi impaksi dan cara mengobatinya. Selain itu, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi agar tidak menimbulkan masalah yang lebih fatal.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi