Sponsors Link

8 Efek Penambalan Gigi Berlubang yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Efek penambalan gigi berlubang ternyata tidak hanya efek positif, tetapi juga banyak efek negatif yang perlu anda waspadai dan cegah semaksimal mungkin. Gigi berlubang diketahui adalah suatu masalah pada gigi yang menunjukkan lapisan gigi rusak dan menimbulkan lubang. Lubang pada gigi dibedakan menjadi lubang kecil tidak parah, hingga lubang besar yang membusuk mencapai akar gigi.

ads

Kondisi gigi berlubang pun biasanya akan diatasi dengan melakukan tambal gigi. Penambalan gigi ini dapat dilakukan di dokter gigi dengan memberikan lapisan penutup agar gigi dapat kembali digunakan sesuai fungsinya. Tambal gigi selama ini dinilai sebagai solusi atau obat untuk penyakit gigi berlubang. Ternyata tidak banyak diketahui bahwa tambal gigi pun dapat menimbulkan masalah atau efek samping berupa efek tambal gigi sementara dan permanen.

Anda perlu mengetahui apa saja efek tambal gigi berlubang ini untuk lebih siap menghadapinya. Jika anda sudah mengetahui apa saja efek samping dari tambal gigi yang dilakukan, maka selanjutnya anda dapat segera melakukan pencegahannya. Jadi terlebih dahulu pada bagian berikut ini akan dijelaskan apa saja efek dari tambal gigi berlubang untuk anda waspadai. Pelajari setiap efek yang akan dijelaskan pada bagian di bawah ini. Beberapa efek dapat terjadi pada anda saat melakukan gigi berlubang. Gigi berlubang diketahui dapat ditambal dengan baik, namun juga dapat menimbulkan masalah ketika tambal gigi tidak dilakukan dengan baik. Jadi pelajari berikut ini 8 efek samping dari tambal gigi yang mungkin terjadi pada anda.

  1. Kantung Gusi Infeksi dan Sensitif

Efek pertama dari tambal gigi berlubang yang mungkin menyerang anda adalah kantung gusi mengalami infeksi. Infeksi pada gusi dapat terjadi akibat dari tambal gigi yang dilakukan saat gigi masih sakit dan gusi masih bengkak. Akibatnya, gigi pun menjadi sakit dan gusi menjadi sensitif.

  1. Kantung Gusi Membengkak karena Darah

Selanjutnya, pasca melakukan tambal gigi di saat kondisi gigi belum benar-benar sehat maka sangat mungkin gusi akan membengkak sebagai efek samping gigi tambalan. Gusi bengkak ini memiliki isi darah dan ketika pecah anda akan merasakan nyeri. Jadi pastikan untuk menambal gigi ketika gigi sudah tidak sakit lagi.

  1. Permukaan Gigi menjadi Nyeri Akut

Nyeri gigi pun adalah efek samping dari tambal gigi berlubang yang perlu anda waspadai. Ternyata ada beberapa kasus di mana setelah tambal gigi bukannya nyeri menghilang dari gigi, malah nyeri semakin terasa hingga sangat akut rasanya.

  1. Permukaan Gigi menjadi Tidak Rata

Jika tambal gigi berlubang dilakukan tidak dengan pertimbangan matang, maka sangat mungkin permukaan gigi anda terasa tidak rata. Hal ini membuat anda sulit untuk mengunyah dan menggigit. Jadi pastikan untuk mengatasinya dengan melakukan tambal gigi pada dokter yang tepat dan berpengalaman.

  1. Tambal Gigi Busuk dan Menimbulkan Bau

Satu lagi efek samping dari tambal gigi berlubang yang dilakukan adalah gigi sebelum ditambal sudah terlanjur busuk. Akhirnya ketika ditutup akibatnya menjadi menimbulkan bau yang tidak sedap dan merasa anda terganggu kepercayaan dirinya. Anda harus segera melakukan cara menghilangkan bau mulut karena gigi tambalan ini.

Sponsors Link

  1. Tambal Gigi Infeksi karena Sentuhan Jemari

Saat anda sering menyentuh tambal gigi dengan jemari, maka anda akan menghadapi resiko infeksi. Akibatnya infeksi gigi ini akan menghasilkan gigi terus sakit walau sudah ditambal. Belum lagi gigi akan nyut-nyutan dan menyiksa anda sama seperti belum diupload.

  1. Tambal Gigi Lepas dan Tertelan

Tambal gigi pun dapat lepas jika tidak tepat perawatannya anda lakukan. Perawatan tambal gigi bisa lepas misalnya ketika mengunyah makanan yang keras dan akhirnya tertelan. Efeknya tentu gigi yang berlubang akan kembali terbuka dan menimbulkan sakit lagi.

  1. Tambal Gigi menyebabkan Alergi

Bahan untuk tambal gigi diketahui sangat mungkin menyebabkan efek samping gigi ditambal yaitu alergi pada pasiennya. Ada beberapa orang yang tidak dapat menggunakan tambal gigi dari bahan semen. Sehingga setelah menambal gigi pasien akan mengalami rasa gatal-gatal.

Setelah anda mengetahui apa saja efek yang harus anda waspadai dari tambal gigi yang dilakukan, selanjutnya anda perlu melakukan berbagai upaya untuk pencegahan. Lakukan pencegahan semaksimal mungkin agar tidak ada masalah dengan tambal gigi anda dan kesehatan anda.

Sponsors Link

  • Hindari Memegang Tambal Gigi dengan Tangan

Setelah anda melakukan tambal gigi, pastikan untuk tidak memegang tambal gigi dengan tangan anda. Hal ini dapat membuat tambal gigi kotor, terkena bakteri, dan kemudian terjadi infeksi. Jadi jangan pernah memegangnya dengan tangan.

  • Bersihkan Gigi secara Rutin

Pastikan anda selalu membersihkan gigi secara rutin. Selalu gosok gigi anda dan pastikan untuk membersihkannya dengan menggosok gigi. Khusus untuk bagian yang baru ditambal gosok gigi anda secara perlahan.

  • Hindari Mengunyah Makanan yang Terlalu Keras

Makanan yang terlalu keras selama baru menambal gigi akan menyebabkan tambal gigi mudah lepas. Jadi untuk cara merawat tambalan gigi yang baik anda harus makan makanan yang lembek dan mudah dikunyah saja.

  • Segera Periksakan Jika Tambal Gigi Terasa Sakit

Pasca menambal gigi jika anda merasakan sakit, sebaiknya anda segera memeriksakan tambalan tersebut. Jangan menyepelekan rasa sakit ini karena bisa membahayakan dan menyebabkan ada masalah yang terlambat anda ketahui.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja efek penambalan gigi berlubang dan cara untuk mencegahnya. Selanjutnya anda harus lebih baik lagi menjaga kesehatan gigi anda untuk mencegah efek dari tambal gigi yang tidak tepat dilakukan. Lebih baik lagi jika anda selalu merawat gigi anda baik yang masih sehat dan yang sudah ditambal. Rajin merawat gigi akan membuat anda lebih mudah menjaga gigi tetap sehat dan kuat!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini