Sponsors Link

Waspadai Efek Samping Behel Gigi Lepas Pasang

Sponsors Link

Penggunaan behel gigi atau kawat gigi sebenarnya sudah lama dilakukan. Proses perawatan gigi seperti ini hanya dilakukan pada gigi yang mengalami masalah, baik itu dalam susunan gigi yang kurang rapi maupun adanya kerusakan di sejumlah bagian gigi lainnya. Namun akhir-akhir ini penggunaan behel gigi seakan menjadi trend di kalangan masyarakat. Banyak orang menggandrungi penggunaan behel gigi hanya sebatas gaya dan ingin terlihat lebih fashioneble.

ads

Karena semakin banyaknya orang yang ingin tampil lebih keren dengan penggunaan behel gigi. Maka alternatif untuk menggunakan behel lepas pasang adalah solusi terbaik bagi mereka. Mengetahui harga behel permenan yang lebih mahal, membuat cara ini banyak ditempuh agar mereka tidak terlihat ketinggalan zaman atau lain sebagainya.

Namun bahaya penggunaan behel gigi lepas pasang seperti inilah yang tidak banyak diketahui bagi penggunanya. Hal ini menjadi kekuatiran tersendiri bagi pakar kesehatan gigi mengenai trend penggunaan behel gigi fashion atau lepas pasang. Mengetahui hal tersebut, berikut adalah efek samping behel gigi lepas pasang yang dapat anda ketahui:

  1. Memperburuk Susunan Gigi

Efek buruk penggunaan behel gigi lepas pasang yang pertama adalah dapat memperburuk susunan gigi sebelumnya. Dimana behel gigi lepas pasang yang tidak memiliki fungsi bagi kesehatan gigi layaknya manfaat gigi behel untuk kesehatan. Justru menimbulkan berdampak buruk bagi susunan dan struktur gigi anda sebelumnya. Bahkan apabila penggunaan behel lepas pasang dilakukan dalam kurun waktu yang lama. Maka hal tersebut justru merusak tatanan gigi yang menimbulkan gigi semakin berantakan dari susunan awalnya.

  1. Timbulnya Iritasi Gusi

Memang jika dilihat dari sekilas, tatanan dan bentuk behel fashion menyerupai dengan behel permanen yang sering digunakan untuk metode perawatan gigi. Namun penggunaan bahannya yang abal-abal justru dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan organ mulut anda. Dimana penggunaan behel yang dilepas dan dipasang secara terus menerus akan menimbulkan luka atau iritasi di area sekitar gusi. Anda bisa melakukan cara perawatan behel fashion  Gusi akan mengalami peradangan yang menimbulkan luka iritasi. Jika dibiarkan, hal tersebut justru akan berdampak fatal bagi kesehatan organ tubuh lainnya.

  1. Timbulnya Masalah Pencernaan

Harganya yang murah tentu kualitas behel lepas pasang juga akan berbeda jauh dari penggunaan behel permanen. Dimana material bahannya yang memiliki kualitas abal-abal justru menjadi kekuatiran sendiri bagi kesehatan organ tubuh lainnya. Hal tersebut dikarenakan apabila material bahan yang digunakan bereaksi ke dalam mulut maka akan tercampur dengan air liur (saliva) yang akan masuk ke dalam sistem pencernaan. Hal inilah yang dapat menimbulkan masalah baru di organ pencernaan anda. Namun ada alternatif lain dengan memilih makanan untuk pemakai behel pemula.

Sponsors Link

  1. Menyebabkan Kesulitan Makan

Pembuatan behel gigi lepas pasang yang dilakukan dengan asal-asalan dan tanpa menggunakan material asli. Tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman di mulut. Hal ini akan menyebabkan penggunanya akan merasa kesulitan saat digunakan untuk makan. Meskipun dapat dilepas dan dipasang kembali. Namun hal tersebut tidak selamanya dapat dilakukan di sembarang tempat seperti yang anda bayangkan.

ads

  1. Gusi Bengkak dan Berdarah

Bahannya yang terbuat dari material kualitas rendah tentu akan menimbulkan masalah di area sekitar gusi. Hal ini dipicu adanya goresan antara behel dengan area gusi yang sangat mudah terluka dan berdarah. Jika hal tersebut berlangsung dalam waktu yang lama, maka kemungkinan besar gusi akan mengalami gangguan peradangan yang justru menambah masalah pada kesehatan gigi lainnya. Hal inilah yang menjadi penyebab gusi berdarah tiba-tiba, penyebab gusi sering bengkak, penyebab gusi berdarah terus menerus.

  1. Fungsi Gigi Jadi Terganggu

Biasanya pengguna awam akan melakukan penggunaan behel lepas pasang secara terus menerus. Mereka meyakini jika penggunaan yang dilakukan secara bertahap akan membantu memperbaiki struktur gigi dan fungsinya. Padahal jika diketahui anggapan tersebut sangat salah besar. Dimana behel gigi lepas pasang tidak dapat memperbaiki susunan gigi sebagaimana layaknya penggunaan behel gigi permanen.

Jika penggunaannya dilakukan secara terus menerus, maka bukan tidak mungkin sejumlah masalah lain justru akan mempengaruhi fungsi gigi anda. Fungsi gigi bagi pencernaan jadi terganggu dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah di area gigi lainnya.

  1. Memicu Timbulnya Penyakit Mulut

Behel gigi fashion yang bisa dilepas pasang justru memicu masuknya sejumlah kuman dan bakteri ke organ mulut. Kuman dan bakteri akan menempel di bagian behel yang menyebabkan kerusakan di area gigi lainnya. Hal inilah yang sangat dikuatirkan dari penggunaan behel lepas pasang yang anda gunakan selama ini.

  1. Timbulnya Bau Mulut

Bukan tidak mungkin jika penggunaan behel lepas pasang justru menimbulkan masalah bau mulut yang lebih serius. Berkumpulnya sejumlah kuman dan bekteri akibat pemasangan behel lepas pasang akan menyebabkan nafas menjadi tidak segar dan terkesan menimbulkan bau mulut yang sangat mengganggu keseharian anda. Anda bisa mengatasinya dengan cara mencegah bau mulut atau cara menghilangkan bau mulut karena gigi tiruan.

Menggunaan behel gigi lepas pasang memang dapat anda lakukan. Namun dengan adanya efek samping behel gigi lepas pasang di atas. Maka sebaiknya lebih perhatikan kesehatan gigi dan mulut anda dari penggunaan behel jenis ini.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini