Sponsors Link

6 Efek Samping Bleaching Gigi yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Memiliki gigi yang putih, bersih dan rapih merupakan hal yang sangat penting dan tentunya diinginkan oleh kita semua ya sobat. Karena selain menunjukkan kalau anda rajin merawat kesehatan mulut dan gigi, tentunya akan memiliki gigi yang putih dan bersih juga akan menambah kepercayaan anda ya sobat. pentingnya menggosok gigi memang wajib diperhatikan.

ads

Bisa kebayang dong sobat saat anda berbicara dengan lawan bicara anda, ketika gigi anda dipenuhi dengan noda atau fleg hitam pastinya lawan bicara anda terlebih dahulu fokus dengan apa yang ada pada gigi anda ya sobat. Untuk mendapatkan gigi yang putih bersih, banyak hal atau banyak cara yang bisa anda lakukan.

Bisa saja dengan mengunakan cara yang alami sebagai alternatifnya, tetapi jika kerusakan atau fleg hitam pada gigi anda sudah mulai parah atau akut, ada baiknya anda langsung saja ke dokter gigi untuk melakukan konsultasi dan tindakan perbaikan terhadap gigi anda ya sobat, karena jika anda biarkan terlalu lama akan mengakibatkan dampak yang lebih parah nantinya terhadap kesehatan mulut dan gigi anda.

Salah satu langkah yang boleh anda lakukan untuk tindakan perbaikan gigi anda adalah dengan cara melakukan bleacing gigi. Bleaching merupakan sebuah teknik yang dilakukan para medis untuk langkah pemutihan gigi secara medis.

Pada proses bleaching ini, menggunakan bahan atau gel tertentu agar warna yang dihasilkan lebih putih dan lebih bersinar nantinya. Pemutihan tersebut dilakukan pada struktur gigi paling luar, yaitu email gigi dengan menggunakan hidrogen peroksida sebagai bahan kimianya untuk memutihkan gigi anda. Namun jika anda menginginkan cara alami, anda bisa lakukan cara memutihkan gigi dengan cuka apel sebagai alternatif lain yang lebih aman tanpa efek samping.

Apapun pengobatan atau perawatan yang dilakukan dengan menggunakan bahan kimia sudah pasti ada efek samping yang ditimbulkan oleh bahan kimia tersebut ya sobat. Termasuk juga salah satunya adalah proses bleaching gigi ini. Namun tetap saja masih banyak yang menggunakan cara merawat gigi agar tetap putih dengan melakukan bleaching.

Meskipun hasil yang didapat memang lebih memuaskan dibanding dengan menggunakan bahan alami, tetapi sobat semua perlu mengetahui efek samping bleaching gigi tersebut. Berikut ini penulis akan menjabarkan apa saja efek samping apabila anda melakukan bleaching gigi. Yuk sobat mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Alergi

Efek samping bleaching gigi yang pertama ialah timbulnya alergi. Penggunaan bahan dan reaksi kimia selama melakukan proses bleaching tersebut bisa menimbulkan alergi pada sejumlah pasien. Bentuk alergi yang biasanya terjadi adalah seperti rasa gatal yang disertai dengan panas pada bagian mulut anda secara keseluruhan, karena memang pada proses bleaching ini seluruh bagian mulut anda akan terkena oleh obat kimia dari bleaching itu sendiri. Selain itu pada beberapa kasus bisa juga menimbulkan bengkak dan kemerahan pada mulut pasien.

Sponsors Link

2. Munculnya Rasa Nyeri

Efek samping bleaching gigi yang kedua ialah munculnya rasa nyeri. Rasa nyeri ini muncul biasanya dikarenkan bahan ynag digunakan dalam proses bleaching tersebut mengenai bagian sensitif pada gigi anda, yaitu tepatnya pada bagian pulpa gigi. Seperti yang kita ketahui bersama bagian pulpa gigi merupakan pusat saraf pada gigi, jadi apabila terkena bahan atau getaran yang agak keras pasti akan membuat gigi anda terasa nyeri. Jadi sebelum anda melakukan bleaching gigi ini anda harus benar – benar siap ya sobat.

ads

3. Sensitifitas Pada Gigi Bertambah

Efek samping bleaching gigi selanjutnya adalah sensitifitas. Pasca melakukan beaching gigi, biasanya tingkat sensitifitas pada gigi anda akan naik. Terutama apda saat gigi anda terkena makanan atau minuman yang panas atau dingin. Hal ini disebabkan karena zat kimia peroksida yang digunakan pada proses bleaching ini secara otomatis akan mengenai bagian gigi yang lain, apalagi sebelumnya anda punya riwayat gigi yang sensitif, mungkin tingkat sensitifitasnya akan meningkat dua kali lipatnya ya sobat.

4. Kerusakan Sistem Saraf dan Pembuluh Darah Pada Gigi

Zat kimia yang digunakan apda saat proses bleaching akan berdampak buruk pada sistem saraf dan pembuluh darah pada gigi anda. Salah satu dampak negatifnya adalah bisa merusak sisitem saraf dan pembuluh darah pada gigi tersbeut. Jadi sebaiknya anda pertimbangkan kembali jika ingin melakukan langkah bleaching ini ya sobat.

5. Kerusakan Jaringan Lunak Pada Rongga Mulut

Kerusakan ini terjadi apabila bahan yang digunakan dalam proses bleaching ini terjadi kontak langsung dengan mukosa rongga mulut anda. Bahan kimia bleaching memang tergolong bahan aktif yang memang seharusnya tidak boleh terjadi kontak langsung dengan struktur lunak pada mulut pasien.

6. Gigi Anda Akan Kembali Menguning Dalam Beberapa Waktu

Metode bleaching bukanlah metode yang bersifat permanen. Walaupun pasca anda melakukan bleaching anda memiliki gigi yang putih dan bersih, tetapi jangan senang dulu sobat, hal itu tidak bersifat permanen. Dalam kurun beberapa waktu gigi anda akan kembali menguning seperti sedia kala, hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya saja faktor makanan, minuman atau bisa juga faktor bahan kimia yang ada pada gigi anda pasca bleacing telah usai masa berlakunya.

Hanya sebagai saran aja nih sobat, disarankan anda jangan terlalu sering melakukan perawatan bleaching gigi ini, karena akan merusak email dan juga struktur gigi anda nantinya. Sebisa mungkin gunaknalah cara yang alami ya sobat.

Sampai disini dulu pembahasan kali ini sobat mengenai efek samping bleaching gigi. Semoga bisa membawa manfaat ya bagi sobat semua. Sampai ketemu di artikel selanjutnya dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya ini. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini