Sponsors Link

11 Efek Samping Cabut Akar Gigi yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Anda pernah mengalami sakit gigi yang sudah sampai saraf? maka cara sakit gigi karena saraf juga harus anda ketahui, gusi bengkak dan mengalami sakit gigi berlubang. Tentu hal ini sangat tidak enak dan tidak nyaman, efek samping mengalami gigi sakit dan bengkak tentu membuat Anda tidak enak makan, tidak enak tidur bahkan ingin melakukan aktivitas seperti biasa saja sulit.

ads

Untuk mengobati sakit gigi memang memiliki banyak cara, namun tidak sembarangan juga dalam mengobatinya. Bisa – bisa dampak lainnya Anda harus mencabut gigi Anda. Untuk itu, Anda harus berhati – hati dalam melakukan cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan, alangkah baiknya konsultasikan dulu ke dokter gigi sebelum melakukan tindakan sendiri, karena sakita gigi bukan penyakit yang sepele.

Jika Anda sudah memeriksakan kondisi gigi Anda ke dokter, dan sudah tahu tindakan apa yang akan dilakukan, maka baru bisa Anda putuskan. Contoh dokter menyarankan Anda untuk mencabut gigi  baik denganmengetahui bagaimana cara mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit atau mencabut gigi dengan dokter agar sakit gigi Anda berkurang dan hilang. Untuk mencabut gigi memang sangat sakit dan mengerikan, namun dengan penangan ahlinya tentu tidak akan berbahaya.

Berikut akan dijelaskan mengenai efek samping jika Anda mencabut gigi dari akarnya, :

1. Berkurangnya Fungsi sebagian Gigi yang Lain

Jika Anda melakukan pencabutan gigi, dimana gigi tersebut memang sudah rusak, hal ini berdampak kepada fungsi gigi yang lain. Di saat akan mengunyah makanan akan terasa kurang nyaman, karena gigi yang lain akan menahan asupan makanan yang terlalu keras dan akibatnya timbul penyebab gigi rusak.

2. Pendarahan

Tidak sedikit jika Anda mencabut gigi, akan terjadi pendarahan ulang. Walau sudah diberi obat dan dikompres dengan air, jika pendarahan tersebut termasuk kategori yang parah, maka sangat beresiko pendarahan akan terulang. Jika tidak ditangani dengan baik akan timbul infeksi bahkan pembusukan pada jaringan lunak gigi Anda.

3. Timbulnya Sakit Kepala

Karena efek dari gigi yang dicabut, maka otomatis akan berimbas kepada sakit kepala yang parah. Bahkan untuk tidur saja rasanya sangat sulit, jika hal ini terjadi makan sebaiknya Anda konsumsi obat pereda sakit dan segera konsultasikan kondisi ke dokter gigi Anda.

4. Efek Sinusitis

Jika Anda memiliki penyaki sinusitis, Anda harus berhati – hati jika melakukan pencabutan gigi. Efek yang dirasakan akan terjadi rasa pusing, deman, kepala nyeri bahkan flu. Agar tidak terjadi kondisi yang lebih parah alangkah baiknya jika Anda konsultasikan terlebih dahulu apabila Anda memiliki riwayat sinusinis kepada dokter gigi Anda, sehingga dapat dilakukan perawatan yang khusus.

5. Adanya Pembengkakan

Jika gigi Anda dicabut baik gigi bagian atas maupun gigi bagian bawah, efek yang dirasakan sesudahnya yaitu terjadinya pembengkakan gusi. Hal ini wajar karena rasa sakit yang dirasakan setelah adanya pencabutan gigi Anda. Jika Anda mengalami hal ini ada baiknya lakukan dengan meminum obat dan lakukan kompres perlahan di bagian yang dirasa bengkak.

Sponsors Link

6. Rasa Sakit

Gigi yang dicabut tentu akan terasa sakit dan nyeri, namun jika Anda sudah meminum obat tentu dapat mengurangi rasa sakit tersebut hilang perlahan. Jika rasa sakit tidak juga hilang alangkah baiknya untuk segera konsultasikan ke dokter gigi untuk penanganan yang lebih ekstra. Dan berikut cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh.

7. Peradangan

Tidak sedikit orang yang setelah dicabut giginya akan mengalami peradangan hebat di sekitar bekas cabutan. Hal ini dapat terjadi apabila Anda tidak segera melakukan tindakan medis atau tidak segera melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Jika hal ini dibiarkan begitu saja tentu akan berdampak kepada infeksi dan pembusukan jaringan lunak gigi.

8. Infeksi Gusi dan Mulut

Jika sampai gigi Anda mengalami infeksi sampai kepada pembusukan tentu hal ini sudah sangat parah. Memang setelah gigi dicabut sulit untuk melakukan gosok gigi secara rutin, namum bukan berarti Anda malas untuk tetap berkumur – kumur. Justru hal ini penyebab infeksi semakin parah, jika tidak rajin membersihkan gigi dengan berkumur atau paling tidak menjaga kebersihan mulut Anda sudah tentu infeksi dan peradangan akan semakin parah.

Sponsors Link

9. Gangguan Mulut

Karena efek dari pencabutan gigi dan bekas operasi maka otomatis berdampak kepada gangguan mulut. Karena Anda juga malas untuk membersihkan mulut dengan berkumur atau lainnya, maka siap – siap bau tidak sedap keluar dari mulut Anda. Sebab itu untuk menghindari hal tersebut, lakukan kebersihan mulut dan gigi dengan baik selama perawatan gigi bekas pencabutan dan operasi, dan cara merawat gigi berlubang.

10. Timbul Alergi

Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap obat – obatan pasca pencabutan dan operasi, tentu hal ini dapat membuat efek lain bagi Anda. Untuk menghindari hal tersebut perlunya konsultasi sebelum dilakukan tindakan pencabutan dan operasi oleh dokter Anda atau paling tidak ada alternatif lain agar alergi Anda tidak timbul pada saat proses pencabutan dan operasi dilakukan.

11. Resiko Gigi Menjadi Bolong

Mencabut gigi yang rusak, mau tidak mau gigi yang dicabut akan menjadi hilang atau bolong. Tentu ini akan mengganggu penampilan Anda, namun saat ini jaman sudah canggih. Anda bisa mengganti gigi yang hilang dengan gigi palsu atau gigi tanam sehingga Anda bisa tampil lebih sempurna.

Semoga pemaparan di atas dapat memberikan manfaat buat Anda, jadi tidak perlu takut apabila Anda sedang dan akan dicabut giginya. Ikuti petunjuk dan saran dokter gigi maka masalah bisa diatasi dengan baik. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini