Sponsors Link

10 Efek Samping Cabut Gigi Depan Atas yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Sebagian orang pernah mengalami rasa sakit gigi yang teramat sangat, terkadang membuat Anda tidak dapat makan, tidur bahkan tidak nyaman dalam melakukan kegiatan seperti biasanya. Untuk mengatasi hal tersebut, kadang Anda melakukan cabut gigi sendiri karena tidak sabar dengan rasa sakit yang teramat sangat. Agar Anda tidak merasa takut mencabut gigi, berikut cara mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit.

ads

Kalaupun gigi tersebut dapat dicabut tentu meninggalkan rasa sakit yang cukup lama, bahkan berhari – hari lamanya. Ditambah jika terjadi infeksi dan pembusukan, tentu hal ini memperparah kondisi kesehatan gigi dan bagian lainnya. Berikut cara mengobati sakit gigi dengan cepat, agar rasa sakit tidak menjalar kebagian lainnya.

Agar Anda lebih paham bahaya dan efek samping mencabut gigi, terutama gigi depan atas, berikut penjelasannya untuk Anda :

1. Timbul Rasa Sakit

Anda yang biasa mencabut gigi, baik dengan cara mencabut gigi sendiri maupun dengan bantuan medis tentu akan berefek timbulnya rasa sakit. Hal ini dianggap wajar selagi rasa sakit tidak menimbulkan komplikasi pada penyakit lainnya, seperti ciri ciri kanker gusi yang memerlukan tindakan khusus.

2. Terjadi Pendarahan

Karena gigi yang dicabut terlalu keras dan menimbulkan rasa sakit, tentu akan terjadi pendarahan pada bagian gigi tersebut. Pendarahan ini bisa saja keluar secara normal, namun bisa juga terjadi pendarahan hebat jikalau Anda tidak berhati – hati bahkan tidak bisa melakukan penanganannya dengan tepat, berikut bahaya mencabut gigi saat masih sakit. Berbeda jika Anda memilih untuk pergi ke dokter gigi pada saat mencabut gigi bagian depan atas, tentu pendarahan parah dapat dicegah dengan cara dan petunjuk yang benar oleh dokter gigi.

3. Terjadinya Infeksi

Pencabutan gigi yang dengan cara tidak tepat dan tidak higienis tentu dapat berdampak kepada timbulnya infeksi gigi dan bagian mulut lainnya. Hal ini bisa saja terjadi, apalagi Anda mencabut gigi dengan cara sendiri dan manual. Berbeda jika hal ini ditangani oleh dokter gigi yang memiliki pengalaman dan pengetahuan mengenai hal tersebut. Sehingga mencegah dari timbulnya  jenis jenis penyakit mulut lainnya.

4. Terjadi Kerusakan Akar Gigi

Akibat pencabutan gigi secara paksa, tentu hal ini akan berdampak pada sisa akar gigi yang masih menempel pada rahang gigi tentu dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak dan menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut, lakukan dengan cara yang tepat dan konsultasikan ke dokter gigi jika Anda tidak terlalu berani melakukannnya sendiri sebagai contoh efek dan bahaya cabut gigi geraham atas.

5. Terjadi Kerusakan Bagian Gigi yang Lain

Hal ini tentu berdampak kepada timbulnya kerusakan pada bagian gigi yang lain dan juga syaraf sekitarnya. Jika Anda mencabut gigi dengan cara dipaksa dengan keras, tentu akan berpengaruh pada syaraf dan bagian lain yang dirasa mengalami rasa sakit bahkan akan menjadi rusak. Jika tidak ditindak dengan tepat akan berlangsung lama bahkan selamanya memperburuk kondisi gigi dan syaraf lainnya. Oleh karena itu jangan segan untuk datang ke dokter gigi dan melakukan perawatan dengan baik, teratur dan benar. Berikut cara mengatasi syaraf gigi yang sakit agar dapat menghindari hal yang tidak diinginkan.

Sponsors Link

6. Rahang Akan Menjadi Rusak

Karena gigi depan dicabut dengan paksa, maka sudah pasti rahang gigi akan rusak bahkan sampai pada keretakan dan pergeseran. Hal ini jika tidak dilakukan tindakan yang tepat dan benar, maka akan timbul hal yang serius. Timbulnya masalah pada bagian gigi dan jaringan lunak lainnya, lakukan konsultasi ke dokter jika hal ini memperparah kondisi gigi Anda. Anda bisa mecoba cara ini jika Anda tidak berani pergi ke dokter, cara memperbaiki gigi retak yang.

7. Terjadinya Robekan Pada Gusi

Karena gigi Anda dicabut maka secara pasti akan timbul robeknya gusi dan menimbulkan pendarahan. Untuk mencegah adanya infeksi dan iritasi segera lakukan tindakan pencegahan dengan cara mengetahui penyebab gusi berdarah tiba tiba.

8. Terjadinya Pembengkakan

Jika terjadi pembengkakan pada gusi  dan gigi pasca pencabutan gigi merupakan hal yang biasa. Namun jika bengkan dirasa tidak sembuh selama waktu yang lama ( lebih dari 1 minggu ), tentu hal ini harus diwaspadai. Karena jika tidak segera dilakukan tindakan pencegahan dan pengobatan ke dokter spesialis tentu akan berdampak kepada komplikasi penyakit lainnya, atau menimbulkan ciri ciri kanker gusi. 

Sponsors Link

9. Pengaruh kepada Sinusitis

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit sinusitis tentu hal ini dapat berdampak buruk, apalagi jika ada alergi sebelumnya. Untuk mencegah terjadinya penyakit sinusitis semakin parah, ada baiknya Anda lakukan konsultasi ke dokter gigi untuk mendapatkan tindakan dan pengobatan yang tepat dan benar. Berikut contoh obat untuk obat gigi goyang dan gusi bengkak.

10. Timbul Peradangan dan Sakit Kepala

Jika Anda mengalami sakit kepala hebat dan juga peradangan sekitar mulut, hal ini sudah pasti ada yang salah dalam penanganan pada saat pencabutan gigi. Oleh sebab itu segera periksakan kondisi Anda ke dokter gigi agar segera mendapat tindakan medis atau tindakan lainnya.

Diharapkan dengan penjelasan di atas mengenai efek cabut gigi depan atas dan membuat Anda untuk melakukan pencabutan gigi dengan baik dan benar, kalau perlu jangan segan untuk pergi ke dokter gigi yang lebih pasti penanganannya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini