Sponsors Link

10 Efek Samping Cabut Gigi Geraham Atas yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Bermasalah dengan gigi berlubang dan gigi bermasalah lainnya?, tentu sangat meresahkan, bukan ?. Tidak enak makan, tidak enak tidur bahkan untuk kegiatan sehari – hari Anda menjadi terganggu. Untuk menghindari hal tersebut, tentu pilihannya kalau tidak dicabut di tambal dan operasi. Namun sebelum memutuskan untuk mencabut gigi, perlu konsultasi ke dokter gigi Anda, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti resiko pendarahan, infeksi dan komplikasi lainnya. Serta dampak dan bahaya cabut gigi geraham atas jika tidak dengan cara yang tepat.

ads

Berikut akan kami paparkan mengenai efek samping cabut gigi terutama gigi geraham atas yang patut Anda ketahui sebelumnya :

1. Terjadinya Pendarahan

Bagi Anda yang mencabut gigi, terutama gigi geraham atas pada saat proses pencabutan terutama dengan cara mencabut gigi geraham yang sudah goyang , tentu akan mengalami pendarahan. Namun setiap orang berbeda, karena sebab tentu pendarahan bisa saja terjadi sangat parah, hal ini terjadi karena banyak faktor. Untuk menghindari hal tersebut dokter akan memberikan saran dan petunjuk sebelum Anda melakukan operasi maupun pencabutan gigi.

2. Terjadinya Perubahan Bentuk Rahang Atas

Karena proses pencabutan dan operasi bisa saja Anda akan mengalami perubahan pada rahang atas mulut Anda. Hal ini dapat dikonsultasikan kepada dokter gigi, apakah berdampak serius ataukah hanya bersifat sementara. Kalau dapat ini dapat merubah penampilan Anda, maka pilihan tergantung kepada Anda sendiri, karena saat ini sudah banyak cara memperbaiki struktur rahang yang bisa dilakukan. Untuk hal tersebut Anda dapat mencoba cara merapikan gigi secara alami.

3. Terjadinya Kerusakan Pada Jaringan Lunak atau Gusi

Tidak sedikit orang yang mengalami luka bahkan robek pada gusi dan jaringan lunak yang berada di rahang atas mulut. Hal ini terjadi karena kurang berhati – hati dalam pencabutan gigi dan juga bahaya cabut gigi geraham atas atau faktor operasi yang membuat terjadinya luka pada bagian jaringan lunak dan gusi. Hal ini dapat diatasi dengan tindakan obat dan terapi yang diberikan oleh dokter gigi.

4. Terjadinya Perubahan dan Pergeseran Gigi

Bagi Anda yang mencabut gigi sendiri, jika tidak berhati – hati dan perlahan bisa mengakibatkan adanya pergeseran gigi, bahkan terjadinya komplikasi seperti pengaruh kepada saluran sinusitis, dan perubahan pada saluran hidung. Oleh karena itu jika pencabutan dirasa tidak bisa dilakukan lebih baik segera datang ke dokter gigi, supaya tidak terjadi hal yang membahayakan kesehatan gigi dan jaringan lainnya, dan perlu diingat akibat dan bahaya mencabut gigi saat masih sakit.

5. Terjadinya Peradangan dan Pembengkakan

Karena pasca pencabutan dan operasi gigi rahang atas, tentu dapak lainnya yaitu terjadinya bengkak dan radang di sekitar rahang dan efek jenis jenis penyakit mulut  yang akan timbul. Hal ini tidak akan berlangsung lama jika Anda melakukan terapi dan mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter gigi. Namun jika pembengkakan dan radang tidak berhenti konsultasikan kembali ke ahli dan segera lakukan pemeriksaan khusus.

Sponsors Link

6. Rasa Sakit

Tentu rasa sakit dibagian mulut dan bekas pencabutan dan operasi tidak bisa ditahan. Wajar jika rasa sakit terasa selama beberapa hari setelah proses tersebut, namun jika rasa sakit berangsur lama bahkan sampai kepada adanya infeksi mulut dan sebagainya, Anda dapat mencoba cara mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit, hal ini harus segera ditindaklanjuti dengan konsultasi ke dokter spesialis gigi, agar dapat penanganan yang tepat dan cepat.

7. Terjadinya Komplikasi Lain

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit sinus, tentu hal ini akan berpengaruh terhadap proses pencabutan dan operasi gigi rahang atas. Karena jika terjadi kesalahan dalam proses mencabut gigi sendiri dan tidak menghiraukan penyakit Anda, tentu resiko terjadinya komplikasi mulut seperti gejala awal kanker mulut dan sinus. Jika dibiarkan tentu sangat berbahaya, oleh karenanya penting untuk tidak menganggap sepele penyakit gigi bermasalah ini.

Sponsors Link

8. Terjadinya Rasa Sakit

Proses pencabutan baik sendiri dan dengan dokter sama – sama memiliki rasa sakit. Namun jika Anda melakukan pencabutan ke dokter spesialis tentu rasa sakit tidak akan separah dengan pencabutan gigi sendiri dengan cara mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit, karena tindakan dan cara pencegahannya pun berbeda. Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya rasa sakit yang parah dan terjadi pendarahan lebih baik lakukan pencabutan ke dokter langganan Anda, sebelum terjadinya hal yang tidak diinginkan.

9. Mulut Akan Terasa Sulit untuk Di buka

Karena bekas pencabutan dan operasi gigi rahang atas, maka akan timbul rasa sakit pada sebagian mulut Anda, penyakit mulut seperti gusi sering berdarah dan bau mulut dan untuk membuka saja sangat sulit apalagi untuk mengunyah dan sebagainya. Namun tindakan tersebut dapat dicegah dengan terapi dan pengobatan yang diberikan oleh dokter gigi, hal tersebut tentu dapat dihindari. Namun berbeda jika Anda melakukan pencabutan gigi rahang atas secara sendiri dan manual, tentu resikonya seperti hal tersebut. Karena luka dan terjadi bengkak maka daerah sekitar mulut akan terdapat luka bahkan iritasi yang menyebabkan sulit untuk membuka mulut.

Sponsors Link

10. Terjadinya Rasa Nyeri Pada Kepala dan Leher

Karena gigi yang dicabut adalah gigi geraham atas, maka efek samping lainnya yaitu Anda akan merasa sakit kepala disertai rasa nyeri dan juga mengalami rasa pegal pada leher dan bagian wajah. Hal ini akan wajar setelah beberapa hari setelah pencabutan dan operasi, namun jika hal tersebut berangsur terlalu lama dan mengakibatkan rasa sakit yang semakin parah bahkan komplikasi maka sebaiknya Anda segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi langganan Anda dan memimum obat gigi goyang dan gusi bengkak.

Demikian penjelasan mengenai efek samping cabut gigi geraham atas , semoga menjadi pengetahuan bahaya cabut gigi geraham atas Anda sebelum memutuskan untuk melakukannya sendiri di rumah. Jangan lakukan jika Anda belum mengetahui cara dan tindakan apa yang akan terjadi jika timbul efek samping seperti tersebut di atas. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini