Sponsors Link

Efek Samping Gigi Behel yang Wajib Diketahui Sebelum Pasang Behel

Sponsors Link

Ada beberapa pantangan gigi behel yang harus anda lakukan ketika melakukan prosedur cara perawatan behel permanen maupun cara perawatan behel fashion. Diman menggunakan behel sangat efektif dalam memperbaiki penampilan gigi bengkok dan memperbaiki masalah gigi lainnya, memberi banyak pasien kepercayaan akan senyuman yang indah. Perawatan ortodontik  dari behel gigi adalah proses yang panjang, membutuhkan waktu 18 bulan sampai tiga tahun untuk mencapai hasil yang diinginkan.

ads

Selama masa ini, behel perlu dikencangkan beberapa kali untuk menggeser gigi ke posisi ideal mereka. Hal ini merupakan prosedur yang tidak biasa dan akan mengalami beberapa efek samping, khususnya rasa sakit dan ketidaknyamanan mengunyah, setelah kawat gigi dikencangkan lagi.

Efek Samping Gigi Behel

Saat menjalani perawatan ortodontik, behel harus diperketat setiap empat sampai enam minggu untuk memindahkan gigi ke posisi yang diinginkan. Mengencangkan, atau menyesuaikan, behel tersebut memberi tekanan pada gigi, yang dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak menyenangkan dan anda juga harus mempelajari tips awal memakai behel. Berikut beberapa efek samping gigi behel yaitu:

1. Tidak Nyaman

Sejak kawat gigi bekerja dengan gigi dan rahang Anda, proses ini seringkali membawa ketidak nyamanan. Sakit kepala dan sakit gigi adalah ketidak nyamanan umum yang mungkin terjadi pada perawatan ortodontik Anda. Biasanya, ketidak nyamanan ini bisa ditangani dengan penghilang rasa sakit seperti acetaminophen atau ibuprofen. Jika sakit kepala atau sakit gigi Anda menjadi lebih intens dan kian parah, periksakanlah ke dokter gigi.

2. Gangguan

Behel yang digunakan dengan kawat gigi bisa menyebabkan iritasi ringan pada bagian dalam mulut Anda. Butuh beberapa saat agar mulut Anda terbiasa dengan benda baru di mulut Anda. Beruntung, ada beberapa produk yang membantu mengurangi iritasi itu seperti obat kumur untuk behel.

3. Nyeri Rahang

Jika bagian dari pemeriksaan ortodontik Anda memerlukan penyesuaian kembali dan penataan kembali rahang Anda, Anda mungkin mengalami nyeri rahang selama periode penyesuaian tersebut. Bergantung pada tingkat keparahan rasa sakit, hal itu mungkin ditangani dengan penghilang rasa sakit di sisi luar atau mungkin memerlukan pilihan pengobatan tambahan dari ahli ortodontik atau dokter gigi Anda.

Tips Meringankan Ketidaknyamanan Setelah Memperkuat Kawat Gigi

Bagi sebagian besar pasien, rasa sakit atau ketidaknyamanan yang dirasakan setelah pengencang kawat gigi hanya berlangsung sementara atau priode singkat, berlangsung beberapa jam sampai beberapa hari dan dapat ditangani dengan obat penghilang rasa sakit yang langsung meredakan nyeri. Mengambil obat sakit pereda nyeri sebelum penyesuaian dapat mencegah rasa sakit atau sakit kepala sebelum terjadi efek samping yang lain.

Sponsors Link

Menggunakan anestesi oral, seperti Orajel atau Anbesol, juga bisa meringankan rasa sakit atau ketidaknyamanan setelah kawat gigi disesuaikan. Anestesi oral dapat diaplikasikan langsung ke gusi atau gigi untuk menghilangkan sedikit saja area mulut yang terkena sakit. Mengkonsumsi makanan lunak dapat membantu mereka yang merasa kesulitan atau kesakitan untuk makan setelah kawat gigi diperketat. Makan makanan lunak seperti sup, yogurt, smoothies, atau pengganti makanan pada hari-hari ketika kawat gigi disesuaikan untuk mencegah rahang atau sakit gigi.

Menerapkan kompres hangat ke bagian luar rahang selama sepuluh sampai lima belas menit sekaligus dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan setelah kawat gigi diperketat. Bilas dengan air garam hangat beberapa kali sehari juga bisa membantu meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Demikianlah pembahasan tentang efek samping gigi behel di artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi