Sponsors Link

7 Efek Samping Gigi Berlubang Jika Tidak Segera Diobati

Sponsors Link

Tahukah anda selali merusak penampilan, sebenarnya efek samping gigi berlubang bisa menyebabkan beberapa masalah dan ganguan kesehatan? Mulai dari masalah yang biasa hingga menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang lebih serius sehingga mengharuskan anda untuk segera mencari tau tentang cara mengobati gigi berlubang yang baik dan benar. Penasaran apa saja efek samping gigi berlubang tersebut? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

ads

1. Nyeri Hebat

Salah satu dampak yang umum terjadi ketika anda mendapatkan masalah berupa tumbuh daging di gigi berlubang maka kemungkinan anda untuk terserang rasa nyeri yang hebat akan lebih tinggi. Dimana tingkatan nyeri yang dihasilkan oleh gigi berlubang ini akan bervariasi sesuai dengan tingkat keparahan dari gigi berlubang anda tersebut. Gejala awal dan umum dirasakan adalah rasa nyeri yang diikuti dengan sensasi berdenyut di daerah sekitar gigi berlubang yang akan terasa hilang timbul.

2. Pengaruh Pada Struktur Tulang

Jika anda memiliki masalah gigi berlubang namun enggan melakukan tambal gigi berlubang sendiri, maka ini akan menyebabkan adanya infeksi yang akan kian melebar dan meluas. Bahkan saking parahnya, infeksi ini bisa menjalar dari gigi kebagian gusi dan jika tidak segera ditangani dengan benar infeksi parah yang berasal dari gigi berlubang ini bisa menjalar hingga menyebabkan kerusakan tertentu pada bagian tulang anda.

3. Timbulnya Abses

Ya, bukan tidak mungkin gigi berlubang anda yang anda biarkan dan tidak segera mencari tau tentang solusi gigi berlubang parah, maka infeksi yang terjadi pada gigi akan tetap menyebar dan meluas. Ini akan menyebabkan adanya peradangan pada bagian lunak yang terkena dampak infeksi dan akan menyebabkan adanya abses. Abses ini sendiri adalah sebuah bengkak yang berisi timbunan dari nanah dan akan menjadi sumber nyeri yang sangat hebat.

4. Radang Gusi

Ketika anda mengalami masalah gigi berlubang yang bahkan anda tetap saja mengabaikan pantangan gigi berlubang yang sebenarnya sangat perlu untuk anda hindari maka rasa nyeri yang timbul disekitar gusi yang berada di daerah gigi berlubang, juga akan menyebar ke area gusi yang lainnya. Saking parahnya anda akan mengalami sebuah penyakit yang dinamai periodontis yang merupakan penyebaran dari penyakit gusi yang kian parah.

5. Prnyakit jantung

Ada banyak ragam penelitian kesehatan yang menyatakan hubungan sakit jantung dengan penyakit periodontal ayng merupakan penyakit gusi dan penyakit giugi tersebut saling berhubungan. Bakteri yang menyebabkan infeksi pada ara gigi dan gusi ini bisa tersebar dan menjalar melalui pembuluh darah hingga akhirnya menginfeksi jantung seseorang. 

Sponsors Link

6. Serangan Stroke

Bahkan penelitian kesehatan juga menyatakan hubungan antara penyakit gigi dan gusi dengan timbulnya gejala stroke. Dimana beberapa penelitian kesehatan mengungkapkan akan adanya faktor resiko terkena serangan stroke akibat infeksi oral dari bakteri yang berada pada gigi yang berlubang.

7. Infeksi Paru-Paru

Penyakit gigi dan gusi akibat serangan bakteri pada didi berlubang juga tidak hanya berkaitan erat dengan penyakit jantung dan stroke, namun juga akan menyebabkan fungsi paru-paru kian menurun.

Demikianlah 7 efek gigi berlubang yang dapat kami rangkum pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini