Sponsors Link

5 Efek Samping Gigi Berlubang Pada Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Gigi menjadi salah satu bagian penting dalam sistem pencernaan manusia. Sebagai bagian yang memiliki fungsi yang sangat dominan yaitu sebagai alat pengunyah makanan. Kesehatan gigi harus senantiasa dijaga agar terhindar dari kerusakan misalnya saja seperti gigi berlubang. Masalah gigi berlubang memang menjadi persoalan yang paling banyak dikeluhakan. Masalah gigi seperti ini memiliki dampak negatif bagi kesehatan terutama pada Ibu hamil. Benarkan efek samping gigi berlubang pada Ibu hamil dapat mempengaruhi perkembangan janin?

ads

Gejala yang disebabkan oleh gigi berlubang memang sangat banyak, mulai dari rasa sakit luar biasa hingga munculnya peradangan yang sangat berbahaya. Umumnya penyebab gigi cepat berlubang menjadi sarang sejumlah kuman dan bakteri. Apabila di area sekitar gusi mengalami peradangan dan menimbulkan infeksi. Bukan tidak mungkin kuman dan bakteri akan menyebar ke organ lain melalui pembuluh darah di sekitar area gusi.

Hal inilah yang sangat dikuatirkan akan berdampak buruk bagi perkembangan janin mereka. Kuman dan bakteri bisa saja menyerang sehingga pertumbuhan janin tidak bisa berkembang secara optimal. Selain itu, efek samping dari gigi berlubang juga menimbulkan bahaya lainnya. Untuk itu, berikut efek samping gigi berlubang besar bagi ibu hamil:

  1. Keguguran

Dampak buruk dan pengaruh sakit gigi pada ibu hamil memang tidak dapat disepelekan. Adanya masalah atau keluhan pada gigi dapat menimbulkan resiko terburuk pada kondisi janin bahkan juga sang ibu. Keguguran merupakan salah satu pengaruh yang bisa saja terjadi akibat masalah gigi berlubang yang dibiarkan begitu larut.

Umumnya saat gigi sudah mulai mengalami kerusakan dan timbul lubang besar di area gigi. Maka penumpukan kuman dan bakteri akan lebih cepat berkembang sehingga menimbulkan peradangan hebat. Peradangan yang bisa menimbulkan infeksi di sekitar gusi inilah yang bisa mengancam keselamatan janin anda. Dimana kuman dan bakteri bisa saja menyerang pertumbuhan janin, sehingga janin akan mengalami keguguran.

  1. Tidak Optimalnya Perkembangan Janin dalam Kandungan

Tidak hanya resiko keguguran dan kelahiran bayi tidak normal saja, sakit gigi pada ibu hamil yang dibiarkan juga dapat memperbesar resiko tidak optimalnya perkembangan janin di dalam kandungan. Di mana sejumlah kuman dan bakteri akan mempengaruhi perkembangan dan kesehatan janin sehingga tidak dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.

Selain mempengaruhi perkembangan tubuh janin, pengaruh gigi berlubang pada Ibu hamil juga dapat menimbulkan efek samping yang lebih fatal. Yaitu, kebanyakan kasus bayi justru terlahir dalam kondisi yang belum siap (prematur). Hal inilah yang memang harus menjadi perhatian khusus saat gigi berlubang mempengaruhi masa kehamilan anda.

  1. Kelahiran Bayi yang Tidak Normal

Perkembangan bakteri di dalam gigi berlubang selain dapat menimbulkan resiko keguguran atau kematian janin di dalam kandungan juga dapat menimbulkan resiko bayi lahir secara tidak normal. Biasanya penyebaran bakteri yang berasal dari dalam gigi akan mempengaruhi perkembangan janin sehingga terjadi kemungkinan adanya kelahiran secara prematur. Atau bisa juga bayi lahir dengan kondisi berat badan yang tidak normal atau terlalu kecil.

Sponsors Link

  1. Penyakit Lain yang Dialami Sang Bayi Akibat Pengaruh Gigi Berlubang

Selain menimbulkan kemungkinan adanya kelahiran secara prematur, efek samping gigi berlubang bagi Ibu hamil ternyata juga dapat berdampak untuk kesehatan sang bayi. Dimana saat kuman dan bakteri yang ditimbulkan dari gigi berlubang parah busuk masuk dan menyrang pertumbuhan janin di dalam kandungan. Bukan tidak mungkin saat bayu sudah terlahir, kuman dan bakteri tersebut justru tumbuh di dalam tubuh sang bayi.

Hal inilah yang justru paling dikuatirkan. Dimana kuman dan bakteri bisa saja merusak organ lain sehingga menimbulkan sejumlah penyakit lain. Untuk itu, bagi para Ibu hamil yang selama masa kehamilannya dikeluhkan dengan permasalahan gigi berlubang. Maka hal tersebut harus benar-benar ditangani secara serius. Agar efek samping timbulnya penyakit di dalam tubuh sang bayi pun bisa diminimalisir kemungkinan terjadinya.

  1. Bayi Lahir dengan Kondisi Cacat Fisik

Bahaya lain dari karies gigi ibu hamil juga dapat mempengaruhi perkembangan organ janin semasa di dalam kandungan. Hal tersebut kemungkinan besar akan berdampak pada lahirnya bayi dengan kondisi cacat fisik. Misalnya seperti penglihatan yang tidak sempurna, adanya organ tubuh yang tidak berfungsi dengan baik, dan lain sebagainya. Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan akan membuat sang Ibu jauh lebih menyesal akibat permasalahan gigi berlubang berdarah yang semula hanya dianggap sebagai masalah yang sepele.

Sponsors Link

Efek samping gigi berlubang pada Ibu hamil memang menjadi persoalan penting yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Selain efeknya yang berakibat fatal bagi perkembangan janin, kemungkinan buruk akan terjadinya efek samping di atas menjadi momok menakutkan akibat gigi berlubang yang tidak tertangani dengan baik.

Untuk itu, bagi para Ibu hamil yang selama ini mempersoalkan gigi berlubang di masa kehamilannya. Maka untuk mencegah terjadinya efek samping yang lebih fatal. Maka cara mengobati sakit gigi pada Ibu hamil bisa menjadi solusi gigi berlubang parah  bagi mereka. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya saja berkonsultasi ke dokter spesialis gigi langganan ataupun memilih untuk menggunakan obat tradisional sakit gigi untuk Ibu hamil.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini