Sponsors Link

6 Efek Samping Gigi Bungsu Tumbuh Beserta Gejalanya

Sponsors Link

Tumbuhnya gigi bungsu akan menyebabkan rasa sakit gigi gejala nyeri, yang disebabkan oleh pertumbuhannya, ini adalah masalah yang umum. Geraham ketiga ini adalah gigi terakhir yang tumbuh didalam mulut. Biasanya ada empat, satu di setiap sudut mulut di belakang. Mereka paling sering muncul antara usia 17 dan 24, tapi bisa juga tumbuh sebelum umur tersebut.

ads

Dan ada banyak masalah pertumbuhan seperti penyebab gigi geraham tumbuh tidur dan gigi bungsu tumbuh miring kearah atas pipi. Gejala yang umum terjadi di sini karena mereka adalah gigi geraham terakhir yang masuk ke mulut, seringkali tidak cukup ruang bagi mereka untuk benar-benar tumbuh seperti ciri gigi bungsu bermasalah.

Oleh karena itu mereka mungkin hanya sebagian tumbuh ke mulut atau tidak bisa tumbuh sama sekali. Ketika ada  cukup ruang, mereka akan tumbuh ke dalam mulut dengan normal dan bertindak sebagai pertumbuhan gigi lainnya. Mungkin ada beberapa masalah termasuk sakit gigi saat mereka tumbuh, (kadang-kadang Anda mungkin memerlukan sedikit bantuan obat nyeri ringan seperti acetaminophen atau parasetamol) tapi ini akan sembuh begitu gigi menemukan posisi akhirnya. Berikut efek samping gigi bungsu tumbuh, yaitu:

  1. Nyeri dan pembengkakan : Ini disebabkan oleh infeksi operkulum atau trauma dari gigi di atas yang menggesek atau mengenainya atau kombinasi keduanya. Misalnya, pembengkakan yang timbul dari infeksi bisa membuat gigi bagian atas menusuk ke gusi menimbulkan trauma lebih banyak dan menyebabkan nyeri.
  2. Masalah bau mulut : Karena infeksi atau kotoran yang terbentuk di daerah tersebut akan menyebabkan bau mulut. Rasa tidak enak di mulut, untuk alasan yang sama.
  3. Pus keluar dari daerah gusi yang bengkak. Bernanah ini terjadi saat Anda membuka mulut Anda, saat Anda meregangkan jaringan yang meradang.
  4. Kesulitan membuka mulut Anda. Kelembutan saat mengunyah atau menggigit karena ini menyakitkan daerah gusi bengkak.
  5. Nyeri / bisul di pipi bagian dalam, di mana bagian runcing dari gigi yang terkena dapat melukai ke dalam jaringan lunak pipi.
  6. Telinga-sakit, karena rasa sakit bisa menyebar keluar dari daerah tersebut. Gejalanya bisa terjadi selama beberapa hari dan kemudian bersih. Ini bisa kembali kapan saja, sering dengan minggu atau bulan antara kejadian.

Gejala yang lebih serius berupa:

  • Kelenjar bengkak di bawah dagu (kelenjar getah bening).
  • Pembengkakan wajah dan rahang, bisa mengindikasikan selulitis .
  • Kejang otot di rahang.
  • Demam dan malaise umum.

Gejala semacam itu bisa mengindikasikan infeksi yang parah dan menyebar yang bisa sangat serius jika tidak diobati. Saran segera harus dicari dari dokter gigi Anda . Penyebab dari masalah ini adalah ketika gigi bungsu tumbuh, akan menlukai serpihan getah  di atasnya.Pericoronitis biasanya relatif mudah untuk diobati, karena biasanya tetap terlokalisir. Ini adalah saat menjadi masalah atau gejala dialami secara berulang (atau jika hal itu menimbulkan gejala berbahaya seperti yang disebutkan di atas) ekstraksi harus dipertimbangkan.

Membersihkan daerah dan mulut Anda pada umumnya dijaga, kemungkinan besar perikoronitis dan masalah lainnya akan terjadi. Oleh karena itu, tindakan kebersihan mulut secara umum harus dipatuhi, termasuk flossing di area gigi bungsu dan penggunaan obat kumur secara teratur. Dokter gigi Anda bisa membimbing Anda dalam hal ini seperti memberitahukan tentang pantangan setelah operasi gigi bungsu.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini