Sponsors Link

7 Efek Samping Gigi Palsu yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Gigi palsu merupakan salah satu alternatif yang biasnaya digunakan untuk mengatasi masalh gigi berlubang ataupun kehilangan gigi. Karena gigi palsu akan dirancang dan dibuat menyerupai struktur dan bentuk dari gigi asli. Namun, selain manfaat kesehatan yang diberikan oleh gigi palsu, tentu saja ada beberapa bahaya gigi palsu dan efek samping dari gigi palsu tersebut. Nah, bagi kamu yang sedang berencana maupun sednag menggunakan bantuan dari gigi palsu maka kenali terlebih dahulu beberapa efek samping gigi palsu berikut ini:

ads

1. Mudah Copot

Walaupun gigi palsu telah dirancang dan didesain sebagus dan sepersis mungkin dengan struktur dan susunan gigi asli, namun tetap saja yang namanya gigi buatan atau tiruan tidak akan sebagus dan sebaik dari komponen gigi asli yang memang merupakan anggota tubuh kita. Mudah copot ini merupakan salah satu bahaya gigi palsu yang ukurannya tidak tepat, dimana ini akan menyebabkan gigi palsu tersebut terlalu besar dan terlalu kecil untuk ukuran gigi yang sebenarnya dan akan menyebabkan mudah copot.

2. Infeksi

Siapa bilang bahwa menggunakan gigi palsu akan terhindar dari infeksi? Ada beberapa kasus yang menyatakan bahwa penggunaan dari gigi palsu menyebabkan gejala alergi dan iritasi terhadap daerah di sekitar gigi palsu tersebut. Ini dikarenakan pemilihan jenis maupun ukuran dari gigi palsu yang tidak benar atau salah. Dimana ada banyak sekali macam-macam gigi palsu permanen yang akan menyebabkan kemungkinan anda untuk salah memilih dan salah memasang bahan dari gigi palsu tersebut yang menjadi ketidakcocokan di area gusi dan mulut.

3. Nyeri

Selain resiko dari iritasi dan mudah copot maka efek samping gigi palsu yang lainnya adalah timbulnya rasa nyeri. Dimana rasa nyeri ini sendiri dapat terpicu oleh adanya radang atau iritasi dan bahkan oleh penggunaan jenis gigi palsu yang salah atau ukuran dari gigi palsu yang tidak pas dan tidak sesuai yang akan menyebabkan gesekan dan menimbulkan rasa nyeri.

4. Mudah Tertelan

Ya, bukankah telah kita bahas sebelumnya bahwa gigi palsu bisa saja mengalami salah ukuran dan menyebabkan kelonggaran, bukan? Nah, ketika terjadi kelonggaran maka anda harus mengetahui tentang cara mengatasi gigi palsu yang longgar. Bisa saja anda langsung kembali menemui dokter untuk memperbaiki kelonggaran karena jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan gigi palsu tersebut mudah copot dan bisa saja tertelan secara tidak sengaja.

5. Bau

Efek samping lainnya dari penggunaan gigi palsu adalah keluhan masalah bau. Memang ada beberapa cara untuk mengatasi bau yang disebabkan oleh gigi palsu. Beberapa cara mengatasi gigi palsu yang bau tidak tergolong sulit. Namun tentu saja efek samping yang satu ini akan sangat merepotkan apalagi jika anda merupakan seseorang yang aktif dalam berbicara.

Sponsors Link

6. Menggangu Proses mengunyah

Apalagi ketika pertama kali menggunakan gigi palsu pasti akan terasa janggal dan akan menghambat kecepatan dan proses mengunyah anada.

7. Tidak Nyaman

menggunakan gigi palsu dengan menggunakan gigi asli tentulah menimbulkan sensasi yang berbeda. Dimana and akan merasa kurang nyaman akibat gigi palsu yang dilengketkan dan tidak menempel dengan baik dengan gusi anda.

Demikianlah ke 7 efek samping dari pengguanaan gigi palsu yang wajib anda ketahui tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi