Sponsors Link

7 Efek Samping Gigi Palsu Permanen yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Ada banyak cara mengatasi permasalahan gigi dewasa ini dengan banyaknya dan maraknya kecangihan teknologi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah kesehatan dan menggantikan fungsi gigi yang terganggu akibat beberapa hal seperti hilangnya atau rusaknya gigi adalah dengan menggunakan gigi palsu yang bagus. Walaupun solusi dari pemasangan gigi palsu ini memiliki beberapa resiko dan tentunya ada banyak macamnya, salah satunya adalah gigi palsu permanen. Ada beberapa macam-macam gigi palsu permanen yang bisa anda pilih, namun ketahui juga efek samping gigi palsu permanen berikut ini :

ads

1. Pendarahan Pada Lokasi Penanaman 

Gigi palsu permanen atau implan ini tentunya memiliki bahaya gigi palsu, dimana salah satunya adalah timbulnya pendarahan di area tempat pemasangan implan tersebut. Pendarahan ini ada yang bersifat biasa dimana darah akan berhenti dengan cepat, namun tidak jarang juga ada beberapa kasus yang pendarahan akan berlanjut hingga 2 hari lamanya. Walaupun penanganannya sangat sederhana dimana anda hanya perlu untuk menggigit kain kasa ketika pendarahan berlangsung.

2. Rasa Sakit Dengan Intensitas Tertentu

Tidak hanya masalah pendarahan namun gigi palsu juga akan membrikan masalah berupa rasa sakit yang bisa tergolong ringan, sedang hingga rsa sakit yang berat. Bahkan rasa sakit ini dipicu oleh adanya cara mengatasi gigi palsu yang longgar, dimana ukuran gigi palsu permanen tersebut tidak pas sengingga memicu rasa sakit. Efek samping gigi palsu permanen lainnya adalah cara mengatasi gigi palsu yang bau.

3. Reaksi Memar Di Wajah

Bebebrapa efek samping gigi palsu permanen adalah adanya perubahan warna gusi dan juga akan terlihat adanya memar di wajah anda.Namun biasanya efek samping ini akan kian mereda beberapa waktu setelah selesainya kegiatan operasi. Bahkan dokter akan menyarankan untuk mengompres dengan es dan juga meminum obat secara teratur.

4. Rusaknya Syaraf

Kerusakan syaraf ini merupakan salah satu resiko dalam pemasangan implan atau gigi palsu permanen yang disebabkan oleh efek samping anastesi ketika akan melakukan operasi. Efek samping yag satu ini cukup berbahaya bagi para pasien karena gejala yang ditimbulkan akan beragam, mulai dari kesulitan berbicara, rasa sakit hingga terasa mati rasa.

5. Memicu Peradangan dan Infeksi

Salah satu dampak lain yang amat di benci oleh pasien yang menggunakan gigi palsu permanen adalah timbulnya masalah peradangan dan infeksi yang sewaktu waktu bisa menyebar dan menyebabkan beragam masalah kesehatan lainnya. Meskipun anda telah menjalani operasi beberapa hari sebelumnya maka pembengkakan akan tetap terjadi jika infeksi dan peradangan mulai timbul dan menerjang kesahatan anda pasca operasi tersebut. Kurangnya menjada kebersihan gigi pasca operasi juga merupakan salah satu faktor mengapa infeksi tersebut terjadi.

Sponsors Link

6. Menumpuknya Bakteri

Yap, bakteri adalah sumber dari banyak masalah kesehatan. Tidak hanya akan menimbulkan masalah kesehatan mulut dan gigi, namun penimbunan dari bakteri ini akan menyebabkan penyusutan gusi hingga sekrup pada gigi palsu permanen ini akan terlihat menonjol keluar. Keadaan ini akan menyebabkan beberapa peradangan dan bahkan juga tidak akan bagus dilihat bahkan ada beberapa kasus yang menyebabkan implan gigi palsu bisa lepas.

7. Alergi

Karena sebagian besar implan terbuat dari bahan logam maka takjarang alergi logam seperti bahan titanium menjadi keluhan pasien gigi palsu permanen.

Demikianlah pembahasan tentang efek samping gigi palsu permanen yang kami sajikan di artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini