Sponsors Link

7 Efek Samping Gigi Tanam yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Anda mengenali istilah gigi tanam ?, gigi tanam atau gigi implan yaitu suatu proses dimana gigi Anda yang rusak atau ompong akan ditanam dengan cara operasi diganti dengan gigi baru sebagai gigi implan. Bagi Anda yang belum mengetahui efek samping gigi tanam yang cukup beresiko, maka dari itu sebaiknya Anda berkonsultasi mengenai hal tersebut. Sebelum terjadi suatu komplikasi pada penyakit lainnya yang berbahaya. Contoh bahaya dan hubungan gigi dengan jantung yang perlu diketahui.

ads

Untuk mengetahui dampak apa saja yang perlu Anda perhatikan, berikut beberapa penjelasan dari efek samping gigi tanam untuk Anda :

1. Dampak setelah Operasi

Biasanya proses pemakaian gigi tanam harus memalui operasi, hal ini jika Anda belum memiliki pandangan dan sebelumnya belum berkonsultasi dengan dokter ahli akan sangat mengerikan.

Namun, jika hal ini sudah diketahui sebelumnya maka Anda dapat melakukan operasi tanpa ada rasa cemas. Akan tetapi hal yang perlu diperhatikan yaitu setelah proses operasi akan berdampak pada kesehatan gigi dan mulut Anda. Oleh karenanya biasanya proses ini memang harus dalam penanganan dokter ahli agar tidak terjadi resiko yang berbahaya seperti, gagal jantung, pendarahan, infeksi dan lain sebagainya. Berikut macam macam gigi palsu permanen yang dapat Anda pahami.

2. Timbulnya Kuman

Jika Anda tidak rajin merawat gigi tanam yang sudah Anda gunakan, maka siap – siap saja akan timbul bakteri dan kuman yang ada di daerah sekitar gigi tanam Anda.

Kuman dan bakteri tersebut dapat masuk melalui celah-celah antara implan gigi dengan jaringan tubuh lainya terutama di daerah sekitar mulut. Timbunan kuman dan bakteri tersebut dapata menyebabkan adanya infeksi dan dapat menjalar ke bagian organ lain. Bahaya yang bisa timbul akibat infeksi ini bila dibiarkan begitu saja tanpa diobati. Akan menyebabkan implan gigi akan lepas dengan sendirinya dan daerah gigi akan mengalami kerusakan.

3. Adanya Inflamasi dan Infeksi

Bagi Anda yang biasa merokok, hal ini sangat perlu diperhatikan. Karena salah satu terjadinya inflmasi dan infeksi dari akibat rokok yang Anda konsumsi. Gigi tanam Anda akan mudah lepas karena tulang penopang pada gigi tanam akan mudah habis dan terkikis.

Jika Anda mengalami hal ini, lebih baik untuk mengurangi rokok dan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mencegah terjadinya infeksi akibat gigi tanam yang lepas, karena bisa jadi bakteri yang sudah membusuk berkembang dan menyebabkan gigi dan daerah sekitarnya terjangkit berbagai infeksi lainnya.

4. Pengaruh kepada Kekebalan Tubuh Anda

Setiap anggota tubuh manusia mempunyai sistem kekebalan tubuh yang berbeda. Biasanya, sistem kekebalan tubuh manusia dapat menerima implan atau gigi tanam karena menggunakan implan titanium. Tetapi ada pula sebagian orang yang memiliki sistem imun tubuh yang menolak implan titanium. Jika implan ini tidak dilepas dimana sistem kekebalan tubuh pasien yang bersangkutan telah terbukti menolaknya, maka hal tersebut dapat berdampak pada bahaya yang fatal, pasien bisa mengalami dan menderita karena alergi hal tersebut.

Sponsors Link

Oleh karena itu, harus ada penanganan dokter dengan tindakan melepas fikstur tersebut bila sistem kekebalan tubuh pasien menolak implan gigi sekalipun telah terpasang kokoh dan kuat. Agar terhindar dari resiko yang lebih berbahaya lagi.

5. Timbulnya Rasa Nyeri

Setelah Anda mengalami operasi yang memakan waktu cukup lama. Maka efek samping gigi tanam setelah itu adalah timbul rasa sakit yang lumayan mengganggu.

Anda yang baru pertama kali melalukan hal ini, tentu akan kesulitan dalam hal makan dan minum, mulut dan gigi akan terasa sakit dan nyeri, bahkan menjadi bengkak. Untuk menghindari hal tersebut memang harus ada petunjuk dan saran dari dokter gigi, dan tetap menjaga segala kemungkinan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

6. Timbulnya Sinusitis

Efek samping gigi tanam atau implan gigi lain yaitu timbulnya penyakit sinusitis. Jika Anda memiliki riwayat penyakit ini tentu hal ini akan memperparah kondisi Anda sebelumnya.

Penyakit sinusitis adalah penyakit yang diakibatkan adanya infeksi pada daerah saluran sinus. Efek samping dapat terjadi apabila proses pengeboran pada rahang atas salah atau melewati daerah operasi,  sehingga menembus sinusitis dan kemudian timbul infeksi di bagian sinus. Jika ha ini sampai terjadi tentu akan berdampak pada semakin parahnya penyakit Anda.

Untuk itu memang sebaiknya dikonsultasikan secara rinci mengenai riwayat penyakit Anda sebelum melakukan tindakan pemasangan gigi tanam atau implan gigi ini.

Sponsors Link

7. Gigi Tanan yang Tidak sesuai Dengan Tempatnya

Resiko lain jika Anda memasang gigi tanam bisa jadi adanya ketidaktepatan dalam penempatan gigi tanam pada saat setelah operasi. Hal ini tentu dapat berdampak pada kerusakan gigi dan juga membuatn penampilan Anda tidak sempurna.

Hal ini bisa saja terjadi, jika Anda berobat dan ditangani oleh dokter yang kurang berpengalam sebelumnya atau dokter muda yang baru praktek. Semua resiko bisa saja terjadi, semua pilihan Anda ditangan Anda, untuk melakukan hal tersebut tidak dapat jika Anda tidak tepat dalam memilih dan menentukan dokter yang belum berpengalaman.

Oleh karena itu, sebaiknya untuk menghindari dari hal yang tidak diinginkan. Alangkah baiknya Anda menentukan mulai dari dokter, resiko sampai dampak setelah Anda melakukan gigi tanam. Agar tidak terjadi resiko yang berbahaya.

Semoga penjelasan di atas mengenai efek samping gigi tanam dapat membuat Anda lebih memahami lebih dalam mengenai dampak dan pengaruhnya bagi kesehatan gigi dan mulut Anda, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi