Sponsors Link

7 Efek Samping Karang Gigi dan Cara Mengatasi Serta Pencegahannya

Sponsors Link

Penyebab karang gigi hitam seringkali dianggap sebagai hal yang biasa. Selain hanya dianggap sebagai kotoran yang menumpuk pada sela gigi, plak gigi juga sering mempengaruhi rasa percaya pada diri seseorang. Secara normal di dalam lapisan gigi terdapat sebuah bakteri pembentuk plak. Jika hal tersebut dibiarkan tentu plak akan terus menumpuk dan mengeras hingga terbentuknya karang gigi yang sulit untuk dihilangkan. Namun disamping itu, ada beberapa efek samping karang gigi yang harus diperhatikan.

ads

Tidak banyak yang tahu jika penumpukan plak gigi dapat memberikan efek samping serius pada organ gigi dan mulut anda. Kebanyakan dari mereka hanya mengira hal tersebut sebagai suatu yang wajar. Dengan bertambahnya usia plak gigi akan terus bertambah hingga dapat menutupi lapisan permukaan gigi hingga menyebabkan masalah serius seperti gigi kropos, penyebab gigi goyang dan gusi bengkak, hingga menyebabkan seseorang ompong di usia dini.

Baca juga:

Namun disamping efek samping tersebut, masih ada beberapa efek samping karang gigi lainnya yang harus anda perhatikan. Berikut beberapa efek samping karang gigi yang menumpuk serta cara mengatasi karang gigi dan menghindarinya.

  1. Penurunan Kekuatan Gigi yang Menempel Pada Gusi

Penumpukan karang gigi yang dibiarkan akan menyebabkan beberapa masalah seperti penurunan kekuaran gigi yang menempel pada gusi. Plak atau karang yang terus menempel pada bagian gigi akan menyebabkan gusi menjadi iritasi. Hasilnya gusi akan menjadi bengkak dan melunak. Jika hal tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama kekuatan pelekat gigi ke gusi akan digantikan karang yang menumpuk di bagian tersebut. Efek sampingnya tentu akan menyebabkan struktur kekuatan gigi akan berkurang dan menyebabkan gigi mudah lepas dari permukaan gusi.

  1. Menyebabkan Gigi Kropos dan Berlubang

Terjadinya penumpukan plak yang terus-menerus tentu akan berujung pada terbentuknya karang gigi yang mengeras dan cara membersihkan karang gigi yang sudah keras. Karang gigi adalah tempat bersarangnya kuman dan bakteri yang dapat memicu permasalah pada organ gigi anda. Masalah yang paling umum terjadi adalah gigi mengalami kropos hingga gigi berlubang berdarah. Hal ini disebabkan oleh adanya bakteri yang menyebabkan terjadinya karies atau gigi berlubang besar. Jika dibiarkan tentu bakteri akan terus menggerogoti sehingga dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

  1. Dapat Menimbulkan Bakteri Pada Gigi

Penumpukan plak pada gigi disebabkan adanya bakteri yang bersarang bersama sisa makanan yang menempel pada gigi dalam waktu yang lama. Jika hal tersebut dibiarkan tentu permukaan gigi akan mengalami penumpukan plak dan karang gigi serta menyebabkan adanya ulat penyebab gigi berlubang.

Sponsors Link

  1. Terjadinya Infeksi Pada Organ Mulut

Saat bakteri terus menumpuk pada lapisan permukaan gigi dan menyebabkan penyebaran  ke bagian organ lain. Tentu masalah seperti infeksi pun tidak bisa dihindarkan. Infeksi ini dapat terjadi apabila di dalam organ mulut dan gigi terjadi luka goresan. Dimana bakteri akan masuk dan menyebar bersama aliran darah menuju organ tubuh sensitive lainnya seperti jantung.

  1. Menimbulkan Bau Mutut yang Kurang Sedap

Penumpukan plak yang disertai dengan timbulnya bakteri pada mulut, dapat menyebabkan bau yang kurang sedap. Hal ini selain akan mengganggu keseharian anda juga dapat mengurangi rasa percaya diri terutama saat anda berhadapan dengan orang lain. Namun untuk masalah seperti ini anda dapat melakukan cara mencegah bau mulut.

ads

  1. Rasa Ngilu yang Berlebih

Saat karang gigi sudah terbentuk di area sekitar permukaan gigi, biasanya kebanyakan orang akan mengalami rasa ngilu yang berlebih. Hal ini disebabkan oleh efek samping karang gigi yang dibiarkan begitu saja. Dimana otot di sekitar gigi tidak dapat menahan rasa sensitive yang mengakibatkan timbulnya rasa ngilu dan nyeri pada area sekitar gigi.

Baca juga:

  1. Menyebabkan Munculnya Penyakit Sistemis Pada Organ Gigi dan Mulut

Masalah karang gigi tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Dimana plak gigi yang terus menumpuk dapat menyebabkan efek samping yang serius, seperti timbulnya jenis-jenis penyakit gigi Endokarditis dan Perikarditis yang disebabkan adanya infeksi yang menjalar pada organ jantung. Jika hal ini sudah terjadi dan tidak ditangani secara seius, maka resiko terburuk pun akan terjadi. Dimana karang gigi yang semula dianggap sebagai hal yang sepele dapat menyebabkan nyawa seseorang diambang kematian.

Cara Mengatasi

Cara mengatasi efek samping dari adanya masalah karang gigi dapat anda lakukan dengan berbagai macam tindakan. Mulai dari perawatan gigi secara alami atau dengan pergi ke dokter spesialis untuk membersihkan karang gigi secara lebih praktis dan efektif. Cara menghilangkan plak pada gigi tentu tidak sembarang dilakukan begitu saja. Karena bisa jadi cara yang anda lakukan justru berimbas pada resiko yang lebih serius.

Cara-cara alami seperti rutinnya menggosok gigi, melakukan kebiasaan berkumur sebelum dan setelah makan, dan memperhatikan cara menyikat gigi dengan benar pun bisa menjadi cara mudah dan efektif yang bis anda lakukan secara rutin setiap hari.

Namun, jika permasalahan karang gigi sudah sangat parah hingga menimbulkan rasa sakit atau bahkan mempengaruhi struktur gigi. Maka solusi terbaik bisa anda lakukan dengan membeli obat karang gigi di apotek atau pergi ke dokter spesialis gigi untuk mengkonsultasikan sekaligus melakukan perawatan terbaik untuk gigi anda. Cara mengurangi karang gigi dan efek sampingnya ini bisa menjadi solusi terbaik bagi anda yang memiliki persoalan dengan gigi yang berkarang.

Sponsors Link

Cara Mengurangi

Sebagai cara yang tepat untuk mengurangi terjadinya efek samping karang gigi, maka beberapa hal yang berkaitan dengan masalah perawatan gigi pun harus anda perhatikan. Perawatan gigi tidak harus dilakukan di dokter spesialis, namun juga bisa anda lakukan dengan beberapa cara terbaik untuk mengurangi terjadinya karang gigi. Misalnya saja seperti:

  • Rajin melakukan gosok gigi baik di pagi maupun di malam hari sebelum menjelang tidur.
  • Selalu biasakan berkumur sehabis mengunyah makanan atau minum-minuman yang memiliki rasa dan warna.
  • Gunakan obat kumur jika hal itu penting.
  • Perhatikan cara mengikat gigi yang baik dan benar. Anda juga dapat menggunakan sikat dan pasta gigi khusus untuk gigi berkarang.
  • Perbanyak minum air putih dan konsumsi buah dan sayur secara teratur.

Penumpukan plak atau karang gigi tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Selain dapat mengurangi penampilan gigi dan rasa percaya diri yang berkurang. Munculnya karang gigi juga dapat menyebabkan efek samping serium. Oleh sebab itu, dengan adanya informasi seputar efek samping karang gigi beserta cara mengatasi dan menguranginya , maka anda pun lebih tahu dan peduli akan kesehatan organ gigi yang harus dijaga.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini