Sponsors Link

Efek Samping Menambal Gigi Depan dan Pencegahannya

Sponsors Link

Efek samping menambal gigi depan juga adalah masalah kesehatan gigi yang banyak dibicarakan saat ini karena kemunculannya sudah semakin sering ditemukan. Gigi depan yaitu dua sampai empat gigi yang ada dibagian depan. Tentunya sebagai gigi yang pasti terlihat saat anda membuka mulut, gigi ini sebaiknya tidak berlubang. Jika gigi bagian depat berlubang, maka gigi depan akan terlihat patah dan sompel bagiannya. Anda pasti akan sangat tidak percaya diri dengan gigi depan keropos dan patah atau berlubang ini. Akhirnya anda kemudian memutuskan untuk melakukan tambal gigi depan.

ads

Tambal gigi depan diketahui harus dilakukan selain untuk alasan kerapian dan kecantikan, gigi depan yang berlubang pun tidak baik dibiarkan. Saat anda menggunakan mulut untuk mengunyah dan hal lainnya, sangat mungkin lubang pada gigi depan semakin meluas. Jika bagian lubang gigi di depan terus meluas, lama kelamaan gigi anda pun akan terkikis habis. Jadi memang menambal gigi depan segera adalah solusi yang paling baik. Namun bagaimana jika anda mengalami efek samping menambal gigi depan ini?

Ternyata sama seperti jenis tambal lainnya, menambal gigi bagian depan pun dapat menimbulkan efek samping. Efek samping ini diketahui menyerang anda mulai dari menimbulkan rasa sakit, menimbulkan alergi, menimbulkan kesulitan mengunyah, dan  banyak jenis efek lainnya. Tentu anda tidak ingin mengalami efek samping dari menambal gigi depan tersebut.

Jika anda ingin menghindarinya, maka anda harus melakukan perawatan untuk pencegahan dari efek samping menambal gigi bagian depan ini. Namun sebelum anda mengetahui bagaimana cara mencegahnya, lebih dulu anda harus mengetahui apa saja jenis efeknya. Simak terus informasi di bawah ini untuk mengetahui berbagai macam jenis efek samping untuk menambal gigi depan.

Gigi yang berlubang memang harus ditambal, namun ketika jenis tambalan yang digunakan dan dilakukan tidak tepat sangat mungkin anda mengalami efek samping gigi tambalan. Efek samping ini harus anda waspadai dengan mempelajarinya. Pelajari setiap jenis efek samping dari menambal gigi depan ini pada bagian berikut. Semoga setelah mengetahui seluruh efek samping dari melakukan tambal gigi depan anda dapat segera melakukan upaya pencegahannya juga.

  1. Tambal Gigi Membuat Gigi Hitam

Efek samping yang pertama diketahui adalah gigi yang ditambal dapat menghitam. Hal ini dipengaruhi oleh tambal gigi yang membusuk tanpa perawatan. Akhirnya terjadi perubahan warna pada tambalan dan menyebar hingga ke bagian gigi lainnya.

  1. Bahan Tambal Gigi Menyebabkan Alergi

Tidak jarang pasca tambal gigi depan, pasien pun mengeluhkan bahwa dirinya merasakan efek seperti layaknya alergi. Jadi pasien akan mengalami gatal-gatal, gusi membengkak, dan banyak tanda alergi lainnya. Jadi pastikan untuk segera mengatasinya.

Sponsors Link

  1. Gigi Terasa Nyeri saat Makan dan Mengunyah

Pasca dilakukannya tambal gigi depan, sangat mungkin hingga satu minggu ke depan anda akan merasakan nyeri gigi. Nyeri gigi ini khususnya dapat sangat terasa jika anda sedang makan dan mengunyah. Itulah mengapa pilihan konsumsi sangat penting selama pemulihan tambal gigi.

  1. Sulit untuk Mengonsumsi Makanan

Konsumsi makanan anda pun diketahui dapat sangat terganggu akibat dari tambal gigi depan. Diketahui untuk menggigit misalnya, anda menjadi sangat sulit. Akhirnya secara keseluruhan selama pemulihan tambal gigi anda jadi kurang makan dan sulit mengonsumsi makanan.

ads

  1. Tambal Gigi Terlepas

Anda yang melakukan tambal gigi depan karena seringnya gigi digunakan, maka anda sangat beresiko mengalami efek samping gigi ditambal berupa tambal gigi lepas. Tambal gigi yang lepas dapat mempengaruhi kondisi gigi secara keseluruhan, yaitu lubang gigi yang semakin besar misalnya.

  1. Lubang Gigi Meluas

Seperti dijelaskan sebelumnya, jika teknik tambal gigi depan yang digunakan tidak tepat, maka sangat mungkin lubang tidak akan tertutup dengan sempurna. Akhirnya, lubang gigi pun dapat semakin meluas dan menyebabkan anda semakin tidak percaya diri dengan kondisi gigi depan ini.

Anda kini sudah mengetahui apa saja jenis efek samping menambal gigi depan yang mungkin anda alami. Selanjutnya anda perlu mengetahui upaya untuk mencegahnya menyerang anda pasca melakukan tambal gigi depan. Berikut ini penjelasan mengenai apa saja bentuk pencegahan efek samping tambal gigi depan:

  • Lakukan Perawatan Rutin Pasca Menambal

Agar anda dapat mencegah perubahan warna gigi pasca ditambal, hal terpenting yang perlu anda lakukan adalah melakukan perawatan. Perawatan dengan rutin diketahui dapat membuat kondisi tambal gigi depan tetap bagus dan tidak berubah warna.

  • Pilih Bahan Tambal Putih agar Terhindar Alergi

Selanjutnya untuk mencegah efek samping berupa alergi, maka anda harus memilih menggunakan bahan tambal yang berwarna putih. Bahan tambal gigi permanen atau sementara sebaiknya anda pilih yang paling aman dari resiko alergi.

  • Hindari Konsumsi Makanan Panas dan Dingin

Jika anda tidak membatasi jenis makanan anda, maka sangat mungkin anda akan mengalami nyeri sebagai efek samping pasca tambal gigi depan. Contoh makanan yang harus anda batasi adalah makanan yang terlalu panas dan dingin.

  • Kunyah Makanan yang Lembek Saja

Terakhir, karena anda masih sulit dan enggan mengunyah pasca tambal gigi maka sebaiknya anda memilih mengonsumsi makanan yang lembek saja. Cobalah anda mengonsumsi banyak bubur dan makanan lembek lainnya untuk dapat tetap mudah makan dan sekaligus menjadi cara merawat tambalan gigi tetap awet dan tidak mudah lepas.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai apa saja yang perlu anda ketahui terkait efek samping menambal gigi depan dan cara mencegahnya. Setelah mengetahui seluruh informasi di atas, semoga kesehatan gigi anda dapat kembali dan tidak bermasalah lagi dengan gigi berlubang di depan. Selalu jaga kesehatan gigi anda mulai dari sekarang ya!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi