Sponsors Link

6 Efek Samping Penggunaan Gigi Palsu yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Anda yang saat ini memiliki gigi ompong atau gigi bolong, tentu merasa kurang percaya diri. Dikarenakan penampilan Anda menjadi terganggu akibat gigi Anda yang ompong atau bolong. Berikut ini bahaya gigi bolong perlu diketahui.

ads

Banyak yang dapat menyebabkan terjadinya gigi ompong atau gigi bolong, bisa karena bekas kecelakaan terjatuh atau terbentur, bisa juga karena gigi retak dan gigi yang terkikis akibat makanan yang terlalu banyak asamnya. Untuk hal itu tidak jarang banyak orang menggunakan pilihan yaitu gigi palsu, untuk menutupi kekurangan pada gigi yang bolong. Ini contoh efek samping gigi palsu yang perlu diketahui.

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan gigi palsu mungkin belum terlalu paham mengenai sisi baik dan sisi buruk penggunaan gigi palsu tersebut. Untuk itu kali ini pembahasan mengenai efek samping gigi palsu yang biasa Anda pakai sehari – hari.

1. Bisa Terjadi Iritasi

Sebelum Anda memustuskan unuk memggunakan gigi palsu, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter ahli untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan. Karena akibat gigi palsu dapat menyebabkan iritasi pada daerah gigi dan mulut, jika gigi palsu yang Anda pakai tidak bersih. Contoh efek samping gigi palsu.

Untuk itu usahakan agar gigi palsu Anda selalu bersih dan terjaga dari bakteri yang menempel. Pemakaian gigi palsu yang tidak steril juga dapat memicu terjadinya infeksi, dan juga jika pemakaian gigi palsu yang salah dapat berakibat pada gigi yang rusak bahkan bengkak akibat gigi yang dipasang terlalu dipaksakan. Jadi lakukan dengan baik dan secara sehat, sehingga aman untuk gigi dan bagian mulut Anda, dan terhindari dari penyakit lainnya. Contoh gejala awal kanker mulut yang perlu diketahui.

2. Kemungkinan Terjadinya Gigi Palsu Tertelan

Efek samping gigi palsu selain di atas yaitu kemungkinan Anda akan menelan gigi palsu jika tidak berhati – hati dalam penggunaannya. Hal ini dikarenakan proses pada saat pemasangan yang tidak tepat dan juga tidak benar, sehingga pada saat gigi palsu tersebut dipasang bisa tidak sengaja ikut tertelan, paling sering kasusnya ketika penggunanya tersebut sedang makan dan minum. Hal ini berdampak Anda akan tersedak kemudian tertelan yang berujung pada muntah dan parahnya kesulitan untuk bernafas. Berikut efek samping gigi palsu permanen perlu Anda ketahui.

Dampak lainnya, yaitu gigi palsu dapat ikut masuk ke dalam organ pencernaan dan menghambat kinerja dari organ pencernaan pada tubuh secara normal, sehingga harus diambil dengan cara melakukan operasi. Gigi palsu juga sangat berbahaya karena memiliki kandungan zat berbahaya yang tertelan seperti formalin, etanol dan melanol. Jadi waspada dan tetap berhati – hatilah.

3. Menyebabkan Rasa Sakit

Anda yang baru pertama kali memakai gigi palsu, harus waspada karena hal ini dapat mempengaruhi terjadinya rasa sakit dan nyeri, bahkan bengkak pada jaringan lunak gigi dan mulut Anda. Inilah contoh bahaya gigi palsu yang ukurannya tidak tepat yang sering dialami.

Hal ini dikarenakan gigi palsu memiliki kawat sebagai penopang gigi dan jika tersangkut atau pemakaiannya tidak pas pada posisinya, maka akan menimbulkan sakit dan luka. Oleh karena itu sangat penting untuk mengikuti petunjuk dokter gigi sebelum menggunakan gigi tersebut.

Perlu diingat pula untuk selalu menjaga kebersihan gigi palsu agar tetap bersih dari kuman dan bakteri sehingga aman pada saat dipakai selama waktu tertentu.

Sponsors Link

4. Bisa Terjadi Gigi Palsu Tertelan

Dalam penggunaan gigi palsu, terutama pada saat Anda melakukan aktifitas seperti makan dan minum. Tentu hal ini agak berdampak pada ketidaknyamanan dalam mengunyah makanan, terutama makanan yang bertekstur keras dan padat. Berikut contoh macam – macam gigi palsu yang dapat Anda gunakan.

Untuk menghindari terjadinya gigi palsu tertelan, tentu Anda harus sangat berhati – hati. Jika sampai hal ini terjadi, tentulah dampaknya sangat buruk bagi pencernaan Anda dan dapat menimbulkan tersedak dan paling parah yaitu sesak nafas yang berakibat pada kematian.

Tentunya hal ini tidak ingin dialami oleh siapapun, terutama Anda sebagai pengguna gigi palsu. Alangkah baiknya sebelum Anda makan dan minum, lepas terlebih dahulu gigi tersebut, namun jika Anda merasa tidak nyaman dan membuat Anda tidak pede jika gigi palsu tersebut di lepas maka perhatikan menu makanan dan cara mengunyah Anda, sehingga masalah tertelannya gigi palsu dapat dihindari.

5. Dapat Menghambat Proses Pengunyahan pada Makanan

Selain Anda tidak merasa nyaman dalam makan dan minum, terutama pada saat mengunyah makanan. Apalagi makanan tersebut termasuk makanan yang keras dan padat seperti daging, ubi, jagung dan lain sebagainya.

Sponsors Link

Untuk merasakan nikmat makanan tersebut memang sulit bagi pemakai gigi palsu, Anda harus memperhatikan menu makanan agar tidak terjadi kesulitan dalam mengunya. Hal ini juga berdampak jika makanan yang dimakan terlalu keras kemungkinan akan terjadi gigi palsu Anda lepas bahkan tertelan. Inilah bahaya gigi palsu yang perlu Anda pahami.

Oleh karenya diharapkan bagi Anda pemakai gigi palsu agar dapat mengetahui efek samping gigi palsu agar tidak menemukan masalah di kemudian hari. Mengingat masalah ini tidak dapat dianggap sepele, jadi jangan takut menggunakan gigi palsu jika Anda menerapkan aturan sendiri agar pemakaiannya menjadi aman dan terjaga.

6. Terjadi Iritasi, Infeksi dan Pembengkakan

Selain tidak merasa nyaman pada saat awal pemakaian gigi palsu, efek samping gigi palsu lainnya yaitu bisa menimbulkan adanya iritasi, infeksi bahkan kepada pembengkakan di sekitar bagian gigi dan mulut.

Hal ini dikarenakan adanya bakteri dan kuman yang menempel pada gigi palsu yang sebelumnya tidak rajin dibersihkan, dan juga karena adanya pendarahan dan gusi berdarah. Sehingga area sekitar penggunaan gigi palsu menjadi bengkak, timbul iritasi bahkan pada tahap akut yaitu infeksi parah. Karenanya, dengan rajin membersihkan gigi palsu Anda dan menjaga kebersihan gigi dan mulut dapat mencegah hal tersebut terjadi. Berikut cara mengatasi gigi palsu yang bau yang dapat Anda coba sendiri.

Perlu diingat juga, untuk lakukan pemeriksaan pada kondisi gigi Anda, sehingga dokter dapat mengetahui kesehatan gigi palsu dan area sekitar gigi tersebut. Demikian penjelasan mengenai efek samping gigi palsu, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini