Sponsors Link

5 Efek Samping Perawatan Akar Gigi – Wajib Diketahui

Sponsors Link

Perawatan akar gigi adalah salah satu topik yang kontroversial di dunia gigi seperti pembahasan efek samping gigi ditambal.  Banyak yang selalu memiliki ketertarikan untuk mempelajari kesehatan mulut dan banyak juga yang senang untuk tidak membutuhkan perawatan akar gigi (atau menggunakan cara alternatif), lebih baik untuk meneliti dan mengetahui apakah anda membutuhkannya seperti efek samping gigi behel.

ads

Banyak dokter gigi mempertimbangkan perawatan akar gigi, dimana ini merupakan prosedur gigi untuk merawat rongga gigi dalam dan diklaim menjadi prosedur yang aman, sementara penelitian lain menunjukkan bahwa perawatan akar gigi dapat memungkinkan bakteri berbahaya tumbuh di mulut dan bagian tubuh lainnya seperti efek samping gigi implan.

Apa Itu Perawatan Akar Gigi?

Perawatan akar gigi direkomendasikan untuk gigi berlubang yang telah berkembang menjadi permasalahan akar gigi seperti efek samping dari gigi berlubang. Perlakuan rongga tersebut mengharuskan semua pulpa yang terinfeksi di dalam gigi dikeluarkan dan dibersihkan, sebelum bahan pengisi gigi disuntikkan ke gigi. Hal ini memungkinkan pasien untuk menjaga gigi, meskipun jaringan hidup di dalam gigi diganti, dan gigi dianggap mati.

Apakah Prosedur Ini Aman?

Di sinilah segala sesuatunya mulai membingungkan, dan ini sangat tergantung pada siapa yang Anda tanyakan. Di satu sisi, para pakar menyatakan bahwa tidak ada bukti bahwa perawatan akar gigi dapat dikaitkan dengan kanker atau penyakit peradangan lainnya. Di sisi lain, beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa ada kemungkinan terjadi efek samping berupa beberapa masalah serius. Teorinya adalah bahwa perawatan ini bisa menyebabkan masalah jangka panjang, termasuk beberapa masalah yang cukup serius. Sebenarnya, 5 hal dari efek samping perawatan akar gigi yaitu :

1. Infeksi

Seperti efek samping penggunaan gigi palsu, ada beberapa jenis infeksi yang dilaporkan pernah timbul setelah atau selama melakukan perawatan akar gigi. Dimana bakteri bisa masuk dan menginfeksi saluran akar tersebut di dalam maupun di luar.

2. Gangguan Respon Imun

Pernahkah anda mendengar bahwa respon imun akan menanggapi segala hal yang dianggap “asing” yang masuk di dalam tubuh? Ya, ini juga akan terjadi pada perawatan akar gigi.

3. Iritasi Jaringan

Adanya sejumlah akumulasi dari kristal kristol akan menyebabkan adanya gangguan iritasi jaringan baik ringan maupun dalam tahapan berat. Bahkan iritasi terkadang harus mendapatkan penanganan medis yang tepat agar bisa teratasi dengan baik.

4. Lesi

Lesi adalah masalah umum, akan ada terdapat lesi kistik pada daerah saluran akar yang mendapatkan perawatan. Bahkan lesi bisa disebabkan oleh tindakan perawatan yang melukai jaringan di area sekitar perawatan saluran akar gigi tersebut.

5. Jaringan Parut

Perkembangan dari terjadinya lesi kistik pada daerah saluran akar maka akan menimbulkan beragam jenis efek lainnya yang salah satunya adalah terbentuknya jaringan parut. Bahkan bakteri yang menginfeksi saluran akar bisa tetap menetap dan menyebabkan gangguan yang lainnya.

Namun, sementara penggunaan antibiotik menghadirkan efek sampingnya sendiri, satu penelitian menunjukkan bahwa penggunaan antibiotik tidak mengurangi rasa sakit dan pembengkakan secara signifikan. Secara keseluruhan, tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa antibiotik benar-benar membantu infeksi saluran akar.

Demikianlah artikel ini di sampaikan, semoga bisa membantu.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini