Sponsors Link

6 Efek Tambal Gigi pada Anak yang Wajib Diperhatikan

Sponsors Link

Efek tambal gigi pada anak adalah resiko  yang mungkin dialami oleh anak akibat gigi berlubang yang ditambal dengan tidak tepat dan sesuai ketentuan. Gigi berlubang adalah masalah gigi yang banyak dialami oleh anak-anak, mengingat anak-anak sangat suka makanan manis dan es namun tidak suka menggosok gigi. Kebiasaan yang kurang rutin dalam menggosok gigi pada anak-anak diketahui sudah sangat banyak ditemukan dan dapat menimbulkan bahaya es bagi gigi anak dan makanan manis lainnya. Selain karena anak-anak memang belum memahami apa manfaat dari menggosok gigi, secara umum orang tua memang belum menunjukkan bagaimana pentingnya gosok gigi dengan ikut memberikan contoh setiap waktunya.

ads

Anak-anak yang selalu bersentuhan dekat dengan makanan manis atau dingin namun tidak pernah menggosok gigi, diketahui pasti akan memiliki masalah gigi berlubang. Akhirnya, anak-anak pun disarankan untuk menambal gigi berlubang tersebut sesegera mungkin. Tambal gigi yang dilakukan pada anak-anak diketahui harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang tepat, jika tidak maka sangat mungkin anak akan mengalami efek samping pasca tambal gigi dilakukan. Berbagai bentuk efek pasca tambal gigi dilakukan pada anak-anak wajib anda ketahui untuk dapat kemudian dicegah semaksimal mungkin kemunculannya. Jadi cobalah anda pelajari pembahasan berikut ini terkait efek tambal gigi yang mungkin terjadi pada anak-anak.

Penjelasan sebelumnya telah menyebutkan bahwa anak-anak sangat sering mengalami gigi anak rusak semua.  Namun ketika ditambal ternyata tidak lantas membuatnya langsung sembuh. Sangat banyak kasus di mana anak-anak memiliki keluhan pasca dilakukan tambal gigi. Oleh sebab itu, anda pun harus mengetahui apa saja efek tambal gigi yang terjadi pada anak-anak anda. Pelajari seluruh kemungkinan efek tambal gigi pada bagian di bawah ini:

  1. Gigi Sakit Saat Digunakan untuk Mengunyah

Pertama, anak dapat mengalami efek gigi sakit saat mengunyah pasca tambal gigi dilakukan. Hal ini disebabkan oleh tambal gigi dilakukan saat kondisi gigi belum benar-benar sembuh dari efek berlubang. Akhirnya, walau sudah ditambal tetap saja masih sakit digunakan terutama untuk mengunyah. Jadi pastikan untuk segera membantu proses mengatasinya.

  1. Gigi dan Gusi Mengalami Pendarahan

Kedua, gigi dan gusi pun dapat mengalami pendarahan pasca tambal gigi dilakukan. Kondisi yang seperti ini diketahui juga merupakan salah satu efek dari tambal gigi yang dilakukan tidak higienis. Akhirnya terjadi infeksi dan menyebabkan bakteri atau virus penyebabnya mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi.

  1. Anak Mengalami Demam Tinggi

Ketiga, seorang anak yang mengalami efek samping pasca tambal gigi juga dapat menunjukkan gejala seperti misalnya demam tinggi. Demam tinggi ini diketahui menunjukkan adanya masalah pada kondisi gigi yang baru ditambal. Entah demam terjadi karena infek bakteri atau virus, tapi keduanya dapat menyebabkan anak anda demam.

Sponsors Link

  1. Anak Mengalami Susah Makan

Keempat, karena sebelum ditambal anak sudah mengalami ketakutan tersendiri jika giginya akan sakit maka selanjutnya anak pun enggan makan. Susah atau enggan makan pada anak-anak ini pun menjadi salah satu efek tambal gigi pada anak. Anda dapat mensiasati dengan memberikan makanan kesukaan anak anda.

  1. Muncul Alergi pada Anak

Kelima, seorang anak yang giginya ditambal diketahui juga dapat menunjukkan ciri-ciri alergi yang membahayakan. Alergi dapat dirasakan oleh anak-anak akibat dari penggunaan jenis bahan tambal gigi tertentu. Diketahui bahwa tambal almagam adalah bahan yang paling sering menyebabkan olahraga pada masing-masing orang. Jadi waspadai juga alergi yang terjadi pada anak anda.

ads

  1. Muncul Pembengkakan di Gusi

Terakhir, gusi anda pun dapat mengalami pembengkakan karena efek dari tambal gigi. Lagi-lagi efek yang satu ini dapat terjadi karena tambal gigi dilakukan di waktu yang tidak tepat. Tambal gigi misalnya dilakukan ketiga gigi yang sakit belum benar-benar sembuh dan kemudian menyebabkan pembengkakan terjadi.

Setelah mengetahui apa saja efek tambal gigi yang mungkin menyerang anak anda, selanjutnya anda juga perlu mengetahui upaya untuk mencegahnya. Pencegahan ini diketahui semaksimal mungkin dapat meminimalisir kemungkinan anak anda menderita karena tambal gigi yang dilakukan. Berikut ini beberapa upaya pencegahan tersebut:

  • Cegah Anak Anda Mengarahkan Lidah ke Arah Tambalan

Kebiasaan yang sering menyebabkan efek pasca tambal gigi adalah mengarahkan lidah ke arah tambalan. Hal ini harus anda cegah anak anda lakukan. Selalu ingatkan mereka bahwa tambalan dapat lepas jika terus mereka sentuhkan dengan lidah.

  • Cegah Anak Anda Memegang Tambalan

Selain menggunakan lidah, tambalan gigi pun juga dapat menyebabkan efek samping gigi tambalan karena dipegang menggunakan tangan. Jadi anda juga harus mengingatkan anak anda pasca menambal gigi tidak boleh memegang tambal dengan tangan.

  • Kompres Pipi Bagian yang Ditambal dengan Es Batu

Jika anak mengeluhkan giginya terasa sakit pasca ditambal, maka anda dapat mengompres bagian pipi yang ada gigi yang ditambal. Kompres menggunakan es batu dan biarkan beberapa saat untuk membuat rasa sakit cepat selesai dan hilang. Jadi kompres juga merupakan salah satu cara merawat tambalan gigi.

  • Berikan Obat Penghilang Rasa Nyeri (Jika Dibutuhkan)

Obat penghilang rasa nyeri juga dapat anda berikan sesuai resep dokter. Berikan obat penghilang rasa nyeri ini dapat membantu rasa sakit pasca tambal gigi segera hilang. Jadi pastikan untuk memberikan cara ini agar rasa nyeri tidak semakin parah.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja efek tambal gigi pada anak yang perlu anda waspadai. Jadi cobalah anda simak seluruh penjelasan dengan lengkap dan pastikan bahwa anak anda dapat melalui proses tambal dengan baik tanpa efek samping. Anak anda pun kemudian dapat kembali sehat dan tidak lagi mengeluhkan giginya sakit seperti sebelumnya waktu masih berlubang. Selamat membantu anak anda menjaga kesehatan giginya!

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi