Sponsors Link

5 Efek Tambal Gigi pada Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Efek tambal gigi bagi ibu hamil adalah salah satu masalah gigi yang cukup banyak dikhawatirkan terjadi pada ibu hamil yang giginya berlubang. Ibu hamil diketahui bisa saja mengalami gigi berlubang, karena gigi berlubang tidak bisa diketahui kapan datang menyerang. Jadi anda pun diketahui saat hamil sangat mungkin mengalami gigi berlubang ini. Masalah gigi pada ibu hamil seperti mengalami gigi berlubang, diketahui bahwa ibu akan tersiksa karena sakit gigi, nyeri, dan bahkan bisa tidak dapat nyaman dengan menggunakan gigi seperti normalnya. Tentunya ibu hamil pun kemudian berpikir untuk menambal gigi layaknya saat masih belum hamil. Tambal gigi memang adalah solusi yang paling mudah untuk dilakukan agar masalah akibat tambal gigi ini segera selesai. Namun bagaimana tambal gigi bagi ibu hamil, amankah?

ads

Tambal gigi adalah upaya untuk menutup lubang gigi dengan lapisan semen dan tambalan gigi lainnya. Jika gigi berlubang tidak segera ditambal, maka tentu rasa sakit akibat tambal gigi ini tidak akan kunjung sembuh dan memberikan pengaruh gigi pada kehamilan. Namun jika gigi berlubang pada ibu hamil segera ditambal, maka muncul pertanyaan apakah tidak ada efek samping dari tambal gigi yang dilakukan pada ibu hamil ini? Jawabannya adalah ada efek bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin pasca dilakukannya tambal gigi berlubang. Akan tetapi, efek samping tersebut dapat anda atasi dan cegah dengan ketentuan dan metode tambal gigi yang tepat. Oleh karena itu, perlu diketahui apa saja efek tambal gigi bagi ibu hamil dan apa saja yang dapat anda lakukan untuk mencegahnya. Jadi simak penjelasan di bawah ini yang akan memaparkan keduanya secara bersamaan.

Seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya, tambal gigi yang dilakukan pada ibu hamil dengan tidak sesuai prosedur dan ketentuan dapat menyebabkan efek samping.Sebagai upaya tetap waspada dan sebisa mungkin menghindari efek samping tersebut, maka anda harus tahu apa saja efek tambal gigi bagi ibu hamil ini. Setidaknya ada 5 efek tambal gigi yang perlu anda waspadaim berikut ini penjelasan mengenai masing-masinya.

  1. Terjadi Keguguran Kehamilan

Efek yang pertama yang paling mungkin menyerang ibu hamil yang tambal gigi dengan tidak tepat adalah terjadinya keguguran. Keguguran pada ibu hamil dapat terjadi jika dilakukan saat usia kehamilan masih di trimester pertama. Pasalnya, rasa sakit akibat gigi berlubang akan menyebabkan stress dan memicu gangguan kehamilan dan menyebabkan keguguran.

  1. Ibu Hamil Kehilangan Kesadaran

Tidak jarang ibu hamil pasca melakukan tambal gigi pun dapat kehilangan kesadaran. Kondisi ini diketahui disebabkan oleh pembuluh darah yang tertekan akibat stress dan ibu berbaring terlalu lama. Peredaran darah yang tidak lancar karena tekanan membuat ibu dapat kehilangan kesadaran sewaktu-waktu.

  1. Ibu dan Janin Kekurangan Cairan Tubuh

Jika pasca tambal gigi ibu jarang minum, maka sangat mungkin terjadi resiko ibu dan janin kekurangan cairan tubuh. Hal ini tentu tidak boleh terjadi. Tanpa ada cairan yang mencukupi ibu tidak mampu menopang kehidupan janin dan janin pun tidak mampu untuk bertahan hidup dalam kandungan.

  1. Terjadi Kontraksi Kandungan

Stress karena gigi berlubang setelah ditambal tetap sakit diketahui dapat meningkatkan produksi Prostaglandin pada tubuh ibu hamil. Produksi prostaglandin ini yang dapat menyebabkan kontraksi terjadi karena tekanan stress tadi. Tentu kontraksi yang terlalu sering terjadi tidak sehat untuk ibu dan janin jika belum waktunya untuk melahirkan.

Sponsors Link

  1. Kesehatan Janin Mengalami Gangguan

Terakhir, efek samping tambal gigi yang dilakukan pada ibu hamil dengan tidak tepat diketahui dapat menyebabkan kesehatan janin menjadi terganggu. Khususnya jika anda melakukan pemberian obat atau rontgen sebelum melakukan tambal gigi dan tambalan gigi lepas saat hamil. Efeknya pertumbuhan janin akan dipengaruhi olehnya.

Anda sudah mengetahui apa saja efek dari tambal gigi yang tidak tepat dilakukan oleh ibu hamil. Akan tetapi anda juga mengetahui apa saja efek samping gigi berlubang pada ibu hamil. Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui apa saja yang dapat anda lakukan untuk tetap menambal gigi dan mencegah efek sampingnya. Jadi anda tetap dapat melakukan tambal gigi saat hamil, tanpa khawatir dengan resiko yang disebutkan sebelumnya. Berbagai cara mencegah ini dapat anda ketahui dengan menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

  • Perhatikan Usia Kehamilan

Tambal gigi bagi ibu hamil paling aman dilakukan di usia kehamilan trimester kedua mendekati trimester ketiga. Hindari melakukan tambal gigi di usia kehamilan trimester pertama dan ketiga. Pasalnya usia kehamilan masih belum toleran dengan zat tambal gigi yang diberikan.

Sponsors Link

  • Perhatikan Jenis Tambalan Gigi

Selanjutnya, anda juga dapat mencegah efek tambal gigi bagi ibu hamil dengan memperhatikan jenis tambal gigi yang digunakan. Ibu hamil disarankan menggunakan penambal gigi putih (white fillings) atau penambal gigi yang bahan bakunya paling aman untuk ibu dan janin dan dapat mengatasi pengaruh sakit gigi pada ibu hamil dengan segera.

  • Pehatikan untuk Tidak Menggunakan Sinar X

Ketentuan terakhir dalam menambal gigi bagi ibu hamil juga disarankan untuk tidak menggunakan sinar X dalam tahapan apapun selama perawatan gigi. Sinar X dapat mengganggu pertumbuhan janin, khususnya pada bagian jantungnya.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai apa saja efek tambal gigi bagi ibu hamil dan cara mencegahnya. Seluruh informasi di atas diharapkan dapat membantu anda untuk tetap menjaga kesehatan gigi anda saat sedang hamil. Jadi walau gigi anda berlubang dan memilih untuk melakukan tambal gigi, maka anda tetap dapat melakukannya khawatir tanpa resiko efek samping seperti yang sebelumnya dijelaskan. Oleh sebab itu, cobalah anda selalu jaga kesehatan gigi anda dan melakukan perawatan tambal gigi sesuai ketentuan.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi